Vaksin Influenza untuk Vaksninasi Tahun 2012 – 2013

Vaksin Influenza Southern Hemisphere dan Northern Hemisphere untuk Vaksninasi Tahun 2012 – 2013

Seperti  yang telah kita bahas sebelumnya (Seluk Beluk Vaksin Influenza dalam website www.selukbelukvaksin.com), tentang kemampuan virus influenza untuk ber-mutasi genetik, yaitu dengan mengubah faktor genetiknya sedemikian rupa. sehingga menjadi virus influenza yang ‘baru’ untuk melawan sistim pertahanan tubuh kita dan menimbulkan penyakit influenza pada kita.

Konsekuensinya adalah setiap tahun kita harus mengulang vaksinasi influenza kita agar supaya kita tetap kebal terhadap infeksi virus influenza ini.

Vaksinasi Influenza Tahunan

Vaksinasi Influenza Tahunan (Source: nsopinion-Google Image)

Untuk tahun 2012 yang sedang berjalan ini, maka pihak Badan Kesehatan Dunia atau WHO, telah mengeluarkan rekomendasi vaksin anti influenza jenis Southern Hemisphere sebagai berikut :

Untuk Vaksin Infuenza Musiman pada tahun 2012 Jenis Southern Hemisphere ini, mengandung antigen virus influenza sebagai berikut :

an A/California/7/2009 (H1N1)pdm09-like virus;
an A/Perth/16/2009 (H3N2)-like virus;
a B/Brisbane/60/2008-like virus.

Vaksin ini telah mulai dipergunakan sejak bulan February atau Maret yang lalu hingga awal tahun depan. Berarti bila kita mendapatkan suntikan vaksin influenza pada bulan-bulan tersebut, maka jenis vaksin yang kita pergunakan adalah  jenis Southern Hemisphere.

Sementara itu, pihak Badan Kesehatan Dunia atau WHO, juga telah mengeluarkan rekomendasi jenis vaksin influenza yang dipandang cocok dengan virus influenza yang sedang beredar di belahan bumi utara, yaitu vaksin influenza jenis Northern Hemisphere, yang akan dipakai pada sekitar bulan Oktober atau November tahun 2012 hingga bulan yang sama pada tahun 2013. Jadi bila kita nanti disuntik pada sekitar bulan Desember dan seterusnya, kemungkinan paling besar kita telah diberikan vaksin influenza jenis yang Northern Hemisphere ini.

Contoh jenis Vaksin Influenza Musiman jenis Northern Hemisphere untuk tahun 2012 – 2013 adalah sebagai berikut :

an A/California/7/2009 (H1N1)pdm09-like virus;
an A/Victoria/361/2011 (H3N2)-like virus;
a B/Wisconsin/1/2010-like virus.

Tentu akan timbu pertanyaan dalam benak kita, saya harus pakai jenis vaksin influenza yang mana ? Apakah pakai jenis Southern Hemisphere atau jenis Northern Hemisphere ?

Karena letak geografis Indonesia  yang unik, yaitu persis digaris kathulistiwa, sehingga buat kita di Indonesia, kita bisa dan bebas memilih mau mempergunakan jenis vaksin influenza yang Southern ataupun yang Northern Hemisphere, itu sama saja efek perlindungannya terhadap virus influenza yang beredar didaerah garis kathulistiwa, karena jenis virus yang beredar di daerah belahan bumi utara dan belahan bumi selatan, juga bisa ditemukan didaerah garis kathulistiwa. Juga secara ilmiah ditemukan adanya perlindungan silang atau cross immunity antara kedua jenis vaksin yang kita pergunakan pada tahun yang sama (lihat Seluk Beluk Vaksin Influenza dalam website www.selukbelukvaksin.com).

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah, usahakan setiap tahun melakukan vaksinasi influenza adalah pada bulan yang sama seperti tahun yang lalu, ini agar supaya kita tetap mendapatkan vaksin dari jenis yang sama untuk perlindungan sepanjang satu tahun berikutnya.

Daya perlindungan vaksin influenza cukup tinggi, dan sangat dipengaruhi oleh kemiripan antara antigen virus influenza dalam vaksin influenza dengan virus influenza yang sedang beredar saat itu. Ada banyak cara untuk menentukan efektifitas vaksin, misalnya ada yang mengukur kandungan antibody dalam darah dan ada yang hanya mengukur gejalah klinik yang kurang spesifik. Namun secara keseluruhan dikatakan bahwa efektifitas vaksin influenza dengan antigen virus influenza yang telah dimatikan, adalah sebesar kira-kira 86%, yang menunjukkan bahwa daya proteksi vaksin influenza tersebut adalah tinggi dan bisa diandalkan untuk vaksinasi anti influenz.

Alergi terhadap telor atau makanan berasal telor bukan menjadi kontra indikasi atau halangan untuk memberikan vaksinasi Influenza pada orang tersebut, pada penelitian terakhir terbukti vaksin influenza tetap aman dan bisadiberikan untuk mereka yang katanya alergi terhadap telor dan produk asal telor.

 

 

 

 

 

Vaccine Saves Lives ! 

tags: , , , , , , , ,

Related For Vaksin Influenza untuk Vaksninasi Tahun 2012 – 2013