Vaksin Influenza Baru – Quadrivalent Influnenza Vaccine

Vaksin Influenza Baru – Quadrivalent Influenza Vaccine (Bagian 1)

 

Seperti yang kita ketahui bahwa semua vaksin influenza suntikan yang kita kenal dan kita pergunakan adalah vaksin influenza tri-valent, yaitu vaksin influenza yang terdiri dari 2 serotipe antigen A dan 1 serotipe antigen B (Trivalent Influenza Vaccine/TIV).

Dan ke-ampuhan atau efektifitas vaksin influenza untuk mencegah dan menangkal infeksi virus influenza yang beredar adalah tergantung dari kecocokan serotipe antigen yang terkandung dalam vaksin influenza yang kita pergunakan dengan virus influenza yang sedang beredar disekeliling lingkungan kita, ini yang disebut matching.

Dalam penelitian sebelumnya, memperlihatkan bahwa pada tahun yang bersangkutan, apabila virus dalam vaksin adalah sama dengan virus influenza yang sedang beredar pada tahun tersebut, atau well matched, maka daya proteksi vaksin ini akan mencapai 70 – 90%  pada orag dewasa dan sehat.

Vaksin ini ber-kemungkinan agak berkurang efektifitasnya pada orang berusia lanjut atau anak-anak kecil, tetapi efek vaksinasi ini tetap bisa mencegah komplikasi serius dari penyakit influenza pada orang golongan usia tadi.

Pada orang dewasa sehat berusia < 65 tahun, flu vaksin juga bisa mencegah kehilangan hari kerja karena sakit influeza, mengurangi jumlah kunjungan ke dokter dan jumlah pemakaian antibiotik yang akan dipergunakan untuk mengobatinya, bila telah terjadi komplikasi akibat penyakit influenza.

Apa yang akan terjadi bila serotipe virus yang terdapat dalam vaksin tidak cocok / mismatched, dengan virus influenza yang sedang beredar pada tahun tersebut ?

Yang akan terjadi adalah efektifitas vaksin influenza tersebut akan menurun hingga antara 48% – 60% untuk golongan berusia lanjut dan anak-anak, juga untuk orang dewasa sehat, meskipun vaksin tersebut tetap dapat mencegah komplikasi serius yang terjadi akibat penyakit influenza.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa uji kinik yang pernah dilakukan selama ini. Dalam hal ini dikenal adanya efek proteksi silang atau “cross protection”  atau “cross immunity“, antara antigen vaksin terhadap virus influenza yang sedang beredar, meskipun serotipe tidak cocok 100%.

Sekilas cara pemilihan virus influenza untuk digunakan dalam vaksin influenza

Pemillihan serotipe virus influenza berdasarkan konsensus negara-negara tergabung dalam Badan Kesehatan Dunia yang  juga menjadi negara peserta virus influenza surveillance network, yang setiap tahun selalu mengumpulkan jenis serotipe virus influenza yang beredar dimasing-masing negara, yang kemudian dinilai oleh pusat penelitian influenza WHO yang tersebar di 5 kota di dunia, untuk menentukan jenis antigen virus  influenza yang akan dipergunakan dalam vaksin influenza tahun berikutnya.

Dari situ, dipilihlah virus influenza serotipe tertentu yang paling dominat beredar pada saat itu. Biasanya dipilh antigen virus 2 serotipe A dan 1 antigen virus serotipe B, untuk membuat vaksin influenza tahun depan–>  annual trivalent inactivated influenza vaccine (TIV) (Lihat www.selukbelukvaksin.com –> vaksin influenza)

Namun juga disadari bahwa vaksin TIV yang ada ini tidak cocok 100% atau well matched dengan virus influenza yang sedang beredar pada tahun bersangkutan, sehingga efektifitas vaksin tidak pernah bisa optimal,  seperti yang telah di jelaskan dalam uraian diatas.

Karena telah diketahui bahwa selain virus serotipe B yang telah dicakup dalam vaksin infuenza,  ternyata masih ada 1 virus serotipe B yang tidak ada dalam vaksin influenza, dan virus serotipe B ini juga beredar dilingkungan hidup kita, banyak kasus penyakit influenza yang ternyata disebabkan oleh virus serotipe B yang tidak tercakup dalam komposisi vaksin influenza ini.

Sehingga untuk meningkatkan kemungkinan well matched antara vaksin influenza tahun tertentu dengan virus influenza yang akan beredar, diputuskan untuk menambah 1 virus serotipe B lagi kedalam komposisi vaksin influenza yang baru diwaktu yang akan datang.

Vaksin influenza yang baru nanti akan terdiri dari : 2 virus serotipe A dan 2 virus serotipe B, ini yang dikenalnanti sebagai Quadrivalent Influenza Vaccine (QIV)

Diharapkan dengan penambahan virus serotipe B yang lain, vaksin influenza yang digunakan akan cocok atau well matched dengan virus influenza yang beredar, dan akan meningkatkan daya proteksi vaksin influenza yang kita pergunakan, yang pada gilirannya akan menurunkan angka kesakitan secara umum, mengurangi catatan rawat nginap karena komplikasi penyakit influenza dan mengurangi jumlah pemakaian antibiotika dan menurunkan juga angka tidak hadir disekoah dan ditemppat kerja.

Uji KLinik Quadrivalent Influenza Vaccine (QIV):

Untuk membuktikan bahwa vaksin baru influenza ini  yang disebut Quadrivalent Influenza Vaccine pada bayi anak-anak, orang dewasa dan orang berusia lanjut, maka telah diselenggarakan suatu program uji klinik yang meliputi 4300 anak-anak mulai  dari uisa 6 bulan hingga 8 tahun keatas

Objektif uji klinik skala besar ini adalah untuk membuktikan bahwa komponen vaksin baru Quadrivalent ini adalah sama atau bahkan lebih baik reaksinya terhadap sistim imunologi tubuh kita bila dibandingkan dengan vaksin influenza Trivalent yang telah kita pakai selama ini.

Objektif lain juga ingin membuktikan bahwa influenza vaksin Quadrivalent ini adalah cukup aman atau sama amannya dengan vaksin influenza trivalent yang telah kita pakai.

Singkatnya, hasil uji kinik yang telah dirancang dengan baik sesuai dengan kode ethik kedokteran tentang cara uji klinik yang baku dan dilakukan oleh para ahli yang kompeten dalam bidangnya yang bersangkutan, dan diawasi dengan sangat ketat oleh Badan FDA Amerika.

Hasilnya membuktikan bahhwa efektifitas vaksin influenza Quadrivalent ini adalah sama atau lebih efektif dibandingkan dengan vaksin influenza trivalent. Demikian juga soal keamanan vaksin quadrivalent ini adalah sama aman dengan vaksin trivalent yang telah kita kenal  selama ini.

Dengan demikian dimasa akan datang, vaksin Quadrivalent influenza akan menggantikan posisi vaksin influenza trivalent dalam pemakaian untuk mencegah infeksi virus influenza.

Dengan meningkatkan kandungan antigen virus influenza dari 3 serotipe sebelumnya menjadi 4 serotipe, diharapkan efektifitas vaksin influenza Quadrivalent ini akan lebih baik daripada vaksin influenza trivalent yang sampai saat ini kita pergunakan. Namun dengan efek samping yang sama kecilnya dengan vaksin yang telah kita ketahui.

Vaksin influenza Quadrivalent ini mungkin sudah bisa kita pergunakan pada musim suntikan vaksin influenza tahun depan ini, semoga …

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , , , , , , ,

Related For Vaksin Influenza Baru – Quadrivalent Influnenza Vaccine