Vaksin Hepatitis A – Siapa Yang Memerlukan Imunusasi Vaksin Hepatitis A ?

Penyakit Hepatitis A – Siapa Saja Yang Memerlukan Vaksin Hepatitis A ?

 

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya di halaman sebelumnya di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-hepatitis-a/ , bahwa penyakit Hepatitis A itu bisa diobati dan pasti juga bisa dicegah dengan perubahan pola hidup yang sehat, peningkatan sanitasi lingkungan dan juga gaya hidup.

Namun cara pencegahan yang paling efektif dan sederhana adalah dengan pemberian imunisasi pada semua orang yang rentan terkena infeksi virus Hepatitis A dan kemudian menjadi sakit.

Untuk mereka yang telah atau pernah menderita sakit Hepatitis A, maka akan terbentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit Hepatitis A yang seumur hidup, terdapat antibody IgG didalam darahnya yang ampuh untuk melawan infeksi ulang virus Hepatitis A.

Jadi pada golongan orang ini, sudah tidak perlu diberikan vaksin anti penyakit Hepatitis A.

Imunisasi dengan pemberian vaksin Hepatitis A tidak diperlukan oleh semua orang, namun bisa diberikan berdasarkan beberapa kategori ini :

  • Apakah anda pernah terkena sakit atau pernah menderita sakit Hepatitis A sebelumnya?
  • Apakah anda bertempat tinggal didaerah endemik penyakit Hepatitis A ?
  • Apakah dirumah anda ada orang yang sedang menderita sakit Hepatitis A ?
  • Apakah anda akan bepergian kedaerah atau suatu negara yang merupakan daerah endemik penyakit Hepatitis A ?
  • Apakah pekerjaan anda berhubungan erat dengan bahan makanan minuman dan alat2 makan ?
  • Apakah pekerjaan anda adalah pramusaji makanan dan minuman dalam industri perhotelan atau restorant ?

 

Peta Negara Dunia Yang Merupakan Daerah Endemik Penyakit Hepatitis A :

 

Hepatitis A Endemic Area images

Peta Negara Atau Daerah Endemik Penyakit Hepatitis A (Google Free Image)

 

Dari gambaran Peta Area Endemik penyakit Hepatitis A ini, kita bisa simpulkan negara mana yang mutlak atau sangat dianjurkan penduduknya mendapatkan imunisasi dengan vaksin Hepatitis A ini.

Indonesia, termasuk juga anggota negara ASEAN yang lain, dan benua Asia adalah termasuk daerah endemik, sehingga dalam program Imunisasi kita tercantum anjuran imunisasi vaksin Hepatitis A untuk semua golongan usia.

 

Kalau begitu, siapa saja yang harus kita berikan imunisasi dengan vaksin anti Hepatitis A ini ?

  • Untuk mudahnya, bagi kita yang bertempat tinggal di Indonesia, maka imunisasi vaksin anti Hepatitis A sebaiknya diberikan bagi semua usia, terutama diberikan se-awal mungkin. Sehingga dalam Jadwal Imunisasi Anjuran Dokter Anak Indonesia (IDAI), imunisasi vaksin anti Hepatitis A termasuk didalam.  Detailnya bisa kita lihat dan simak di website kita ini http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/

 

Kemudian ada golongan atau kelompok orang yang mempunyai resiko tinggi terinfeksi oleh virus Hepatitis A dan menjadi sakit, sehingga pemberian imunisasi vaksin anti Hepatitis A adalah MUTLAK  diperlukan.

Mereka ini adalah kelompok yang tertera dalam daftar dari US CDC, sebagai berikut :

  • Kelompok wisatawan yang berkunjung ke negara atau daerah yang mempunyai angka tinggi infeksi virus Hepatitis A, atau sederhananya kita sebut daerah endemik. Peta endemik ini bisa anda lihat di http://wwwn.cdc.gov/travel)
  • Pria homo sexual
  • Pasien dengan gangguan faktor pembekuan darah, seprti penderita penyakit hemophilia
  • Para pemakai obat2an ilegal, baik yang bentuk suntikan juga bentuk yang diminumkan
  • Orang pelaku oral sexl anal dengan partner yang penderita penyakit Hepatitis A
  • Mereka yang bekerja dengan binatang primata seperti monyet dan sebangsanya

 

Sebagai penutup untuk bab ini, kami lampirkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh penderita penyakit Hepatitis A ini, juga oleh para keluarga dan kerabat dekat. Antara lain yaitu :

Apakah virus Hepatitis A bisa ditularkan melalui darah ?

Ya, memang virus Hepatitis A bisa ditularkan melalui darah.

Pada kasus yang jarang, namun pernah terjadi, virus Hepatitis A ini  ditularkan melalui prosedure transfusi darah atau produk yang mengandung komponen darah, yang dikumpulkan dari donor yang sedang mengalami fase viremia (yiatu terdapatnya virus dalam daraah donor), pada masa infeksi mereka sebelum menjadi sakit.

 

Apakah virus Hepatitis A juga ditularkan melalui air liur pasien ?

Pada fase percobaan binatang monyet yang terinfeksi virus Hepatitis A, maka virus ini ditemukan dalam air  liur mereka selama fase inkubasi penyakit Hepatitis A ini.

Namun hal ini belum pernah ditemukan dan dilaporkan pada air liur manusia. Jadi tidak bisa menular dengan ciuman dan alat makan minum penderita penyakit Hepatitis A ini

 

Apakah virus Hepatitis A ini stabil dan tahan lama di lingkungan alam diluar tubuh manusia ?  

Hal ini tergantung dari kondisi alamnya dan virus ini bisa bertahan hingga berbulan lamanya. Memanaskan makanan hingga mencapai suhu 85°C atau 185°F selama 1 menit, atau membersihkan dengan cairan desinfektan Na hipochloride yang dipakai dirumah dengan konsentrasi 1:100 akan membunuh virus Hepatitis A ini

 

Apakah penderita penyakit Hepatitis A akan berkembang menjadi penyakit yang menahun khronis seperti penderita penyakit Hepatitis B ?  

Tidak, karena pada penyakit Hepatitis A ini tidak ditemukan adanya infeksi menahun. Sekali anda terkena penyakit Hepatitis A dan telah sembuh, maka anda akan kebal selamanya dan tidak akan sakit lagi meskipun anda terinfeksi ulang.

Maka karena itu, ex penderita penyakit Hepatitis A ini tidak perlu kita berikan imunisasi vaksin anti Hepatitis A

 

 

Vaccine Saves Lives !

 

tags: ,

Related For Vaksin Hepatitis A – Siapa Yang Memerlukan Imunusasi Vaksin Hepatitis A ?