Vaksin Baru Influenza – Quadrivalent Influenza Vaccine (Bagian 2 – Selesai)

 

Vaksin Baru Influenza – Jenis Quadrivalent Influenza Vaccines (Bagian 2 – Selesai) 

 

Get Your Flu Shots Source: Google free image

Get Your Flu Shots
Source: Google free image

 

Vaksin Influenza Empat Valensi atau Quadrivalent Influenza Vaccine adalah vaksin baru influensa yang berisi 4 jenis antigen virus influenza, yaitu terdiri dari : 

– 2 strain virus influenza serotype A 

– 2 strain virus influenza serotype B 

Sehingga total dalam satu suntikan vaksin influenza Quadrivalent ini mengandung 4 jenis antigen virus influenza. (http://selukbelukvaksin.com/vaksin-influenza-baru-quadrivalent-influnenza-vaccine/)

 

Berbeda dengan vaksin influenza tri-valent atau ber-valensi tiga yang telah lama kita kenal dan pergunakan selama ini, yaitu terdiri dari :

– 2 strain virus influenza serotype A 

– 1 strain virus influenza serotype B saja. 

 

Pertanyaannya adalah mengapa vaksin influenza yang baru ini mengandung 4 strain virus influenza, sedangkan yang lama hanya mengandung 3 strain saja ? 

 

Apakah 3 jenis virus saja mempunyai cakupan yang rendah, sehingga daya proteksi vaksin influenza lama ini kurang ? Sehingga dianggap perlu untuk menambah lagi satu strain virus influenza untuk menutupi celah yang ada ini ? 

 

 

Apa manfaat vaksin influenza Quadivalent ini ? 

Vaksin influenza musiman yang saat ini beredar adalah jenis vaksin influenza trivalent (tiga valensi), yang terdiri 2 strain virus influenza A dan satu strain virus influenza B. 

Sedangkan dari pengalaman dan pengamatan virus influenza surveillance network, kita ketahui ada 2 jenis strain virus influenza B yang beredar pada musim yang sama. 

 

Hanya karena potensi dan kemungkinan menyebabkan penyakit influenza yang lebih kecil, sehingga strain virus influenza B yang satu ini tidak dimasukkan dalam kandungan vaksin influenza trivalent ini.  

 

Namun dari pengalaman juga hasil pengamatan dan evaluasi data epidemiology dan virulensi (keganasan) virus influenza B yang lain ini, ternyata mempunyai potensi yang cukup tinggi untuk menyebabkan orang yang terpapar dengan jenis virus ini menjadi sakit dengan segala konsekuensinya. 

 

Sehingga akhirnya para ilmuwan bersepakat untuk menambahkan jenis strain virus influenza B, kedalam kandungan vaksin influenza trivalent menjadi vaksin influenza quadrivalent, dengan demikian akan menambah cakupan dan memperluas daya proteksi vaksin quadrivalent terhadap semua jenis serotype virus influenza yang beredar pada setiap musim penyakit influenza, baik dibelahan bumi sebelah utara (northern hemisphere) juga dibelahan bumi selatan (southern hemisphere).   

 

Seperti halnya virus influenza strain A yang terbagi 2 jenis serotype, dan masing masing serotype mempunyai jenis antigen yang berbeda, konsekuensinya diperlukan 2 jenis antibody yang berbeda untuk menetralisir antigen yang berbeda ini. 

 

Demikian juga halnya dengan virus influenza strain B. Mereka terdiri dari strain B/Yamagata dan strain B/Victoria. Kedua jenis strain B ini berbeda satu dengan yang lain, sehingga diperlukan zat antibody yang berbeda untuk menetralisir mereka. Dan kedua jenis straini virus B ini juga beredar diseluruh bumi secara bersamaan pada waktu yang sama. 

 

Dan mereka mempunyai potensi untuk menimbulkan penyakit dan mengakibatkan terjadinya epidemi seperti strain virus serotype A. 

(lihat cara memberi nama strain virus influenza di  http://selukbelukvaksin.com/vaksin-influenza-dan-seluk-beluknya/)


Sampai tahun 2014, vaksin influenza musiman hanya mengandung 1 strain virus influenza serotype B saja. Namun dengan adanya vaksin influenza quadrivalent, maka sekarang cakupan antigen menjadi 2 strain serotype A dan 2 strain serotype B. Sehingga dengan demikian cakupan vaksin ini menjadi luas dan daya proteksinya menjadi lebih baik lagi daripada vaksin influenza tri-valent yang kita kenal saat ini. 

 

Jenis vaksin influenza quadrivalent ini baru mulai di-izinkan beredar oleh US FDA pada awal tahun 2014 ini, sedangkan untuk negara lain seperti Indonesia, masih diperlukan waktu beberapa lama lagi sebelum memperoleh persetujuan dan izin beredar dari Badan POM RI kita. 

Nanti posisi vaksin influenza tri-valent akan diambil alih oleh vaksin influenza quadrivalent yang mempunyai cakupan luas dan efikasi yang lebih baik. 

 

Vaksin influenza di Indonesia telah disediakan oleh beberapa perusahaan pembuat vaksin dunia, termasuk juga PT Bio Farma Indonesia, yang mempunyai kapasitas memproduksi vaksin influenza untuk keperluan masyarakat Indonesia dan untuk export.   

 

  

Komposisi Vaksin Influenza 2014-2015 

Antigen virus yang direkomendasi oleh WHO untuk tahun 2014 – 2015 untuk musim influenza Northern Hemispher adalah sama dengan antigen virus untuk musim influenza Northern Hemisphere tahun 2013 – 2014 dan musim influenza Southern Hemisphere tahun 2014. 

 

(http://selukbelukvaksin.com/komposisi-vaksin-influenza-northern-hemisphere-untuk-vaksinasi-influenza-tahun-2013-2014/)

 

Pertemuan Komposisi Vaksin WHO untuk musim influenza dimulai pada 17 – 19 February 2014, di markas besar WHO di Geneva. Switzerland. Dari pertemuan ini dikeluarkan rekomendasi kompisisi vaksin trivalent yang dipakai untuk membuat vaksin musim influenza Northern Hemisphere 2014-2015 sebagai berikut:      

  • an A/California/7/2009 (H1N1)pdm09-like virus;
  • an A/Texas/50/2012 (H3N2)-like virus;
  • a B/Massachusetts/2/2012-like virus.

(lihat cara menentukan antigent virus influenza untuk membuat vaksin influenza di  http://selukbelukvaksin.com/vaksin-influenza-dan-seluk-beluknya/)

 

Source : 

www.selukbelukvaksin.com

http://www.cdc.gov/flu/about/season/vaccine-selection.htm

 

 

 

Vaccine Saves Lives ! 

 

 

 

 


 

 

tags: , , , , , , , ,

Related For Vaksin Baru Influenza – Quadrivalent Influenza Vaccine (Bagian 2 – Selesai)