Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – September 2015

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – September 2015

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Imunisasi dan Hal Terkait  Google Free Image

Imunisasi dan Hal Terkait
Google Free Image

——————————————————————————————————————–

Pertanyaan Apakah Efeknya Bila Terlambat Menyuntikkan Vaksin Hepatitis B ?

  • Met sore dok.mau tanya klu vaksin hepatitis b klu penyuntikan kedua telat apa efeknya.penyuntikan ke 3 dari ke dua jaraknya 5 bulan.mis january jd di suntik mei.terimakasih

Jawab:

Jadwal vaksin Hepatitis B adalah dosis  pertama pada 0 bulan, dosis ke2 dengan jarak 1 bulan dan yang dosis ke3 jaraknya adalah 6 bulan dari dosis pertama.

Kalau lihat paparan anda (meski kurang jelas waktu interval antara dosis), terlambat 1 atau 2 bulan diantara ketiga dosis vaksin hepatitis B ini tidak menjadi masalah, tidak ada efek pengaruh buruk yang akan terjadi.

Detail bisa anda baca dan simak di bagian tanya jawab dari teman2 kita yang telah saya rangkumkan di www.selukbelukvaksin.com

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com   

Pertanyaan Apa Beda Antara Anti HBs dan Anti HBsAg ? Tanda Tanda Menderita Hepatitis B Khronik Apa ? 

  • Sy sdh baca tp gk ngerti dan gk nemu artikelnya…mohon dijelaskan
    Klu titer vaksin mencukupi dilihat dr pemeriksaan apa.
    Apa beda anti HbsAg dan anti Hbs.
    Klu hepatis kronik bisa gk HbsAg nya negatif trus knpa.trus pemeriksaan kita tau itu hepatitis kronos dengan apa(Hbeag) terimakasih.

Jawab:

Menjawab pertanyaan anda sebagai berikut :

1. Hasil imunisasi yang mempunyai daya proteksi adalah bila titer zat antibody yang terdapat dalam darah sudah mencapai minimal 10 mIU/mL. Ini hanya bisa dilihat dari hasil pemeriksaan darah/serum

2. Arti HBsAg bila terdeteksi dalam darah, ini artinya orang tersebut telah mendapatkan infeksi virus hepatitis B, apakah ini infeksi yang stadium akut, atau khronik.

Orang sehat seharusnya zat HBsAg ini negatif, karena belum terpapar dengan virus tersebut

3. Anti HBs adalah zat antibody yang dibentuk oleh tubuh untuk melawan infeksi virus hepatitis B yang masuk kedalam tubuh orang tersebut.

Bila dalam pemeriksaan darah terdapat zat Anti HBs, maka artinya orang tersebut adalah kebal atau terlindungi terhadap penyakit hepatitis B ini.

Zat Anti HBs ini akan terbentuk setelah orang mendapatkan vaksinasi hepatitis B, atau telah diberikan kekebalan pasif antibody Hepatitis B, atau baru saja terpapar dengan infeksi virus Hepatitis B dan orang ini tetap sehat.

Konsentrasi minimal zat antibody ini adalah minimal 10 mIU/mL baru kita bisa bilang bahwa orang tersebut kebal atau terlindungi terhadap infeksi virus dan penyakit hepatitis B.

Detail bisa anda baca di http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/ dan di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-hepatitis-b/

4. Tanda terjadi infeksi khronik virus hepatitis B adalah bila ditemukandalam darah, zat HBsAg positif dan zat Anti HBe yang juga positif.

Demikian ketrangan untuk pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Apakah Penyakit Hepatitis B Itu Bisa Disembuhkan ? 

  • Apakah hepatis B bisa sembuh.jd anti HbsAg itu apa ( bkn hbsag).terimakasih

Jawab:

Hepatitis B itu bisa sembuh ? Jawabnya adalah relatif atau tergantung.

Maksudnya bila penyakitnya terdeteksi pada saat yang masih awal, artinya belum terjadi keadaan khronis dengan suddah banyak kerusakan pada jaringan hatinya, maka dengan pengobatan anti virus yang saat ini kita miliki, rasanya penyakit hepatitis B ini bisa kita sembuhkan.

Jadi ini sangat tergantung seberapa awal atau seberapa terlambatnya kita mendeteksi dan mengobati penderitanya.

Anti HBs = Anti HBsAg adalah zat antibody (lihat jawaban sebelumnya)

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Apakah Imunisasi Vaksin Hepatitis B Lengkap Beberapa Tahun Yang Lalu Perlu Diulang ? 

  • sebelumnya terimakasih atas kesediaan dokter dalam tanya jawab ini… yang saya mau tanyakan, saya pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis b ketika tahun 2005 lalu, di tahun 2015 ini ada tawaran dari bpjs untuk vaksinasi hepatits lagi… apa saya perlu vaksin lagi atau tidak dokter ya?… atau saya harus cek HBsab saya dulu? jika saya langsung mendapat vaksin tanpa tes Hbsab bagaimana dokter ya, apa berefek tidak baik, terima kasih dokter mohon penjelasannya….

Jawab:

Seperti yang kita ketahui dan sudah dibuktikan dengan banyak uji klinik tentang berapa lama daya proteksi imunisasi hepatitis B yang dihasilkan dengan memberikan vaksinasi hepatitis B pada seseorang, maka hasilnya adalah daya proteksi vaksinasi hepatitis B adalah seumur hidup.

Dengan kata lain, untuk orang yang telah pernah mendapatkan vaksinasi lengkap vaksin hepatitis B (terdiri 3 dosis lengkap) dan dalam kondisi normal / sehat, maka orang tersebut sudah tidak perlu lagi mengulang vaksinasi hepatitis B dalam perjalanan hidupnya. (http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/)

Jawaban untuk kasus anda adalah seperti itu, jika saja anda yakin sudah pernah mendapatkan imunisasi lengkap dengan vaksin hepatitis B dan anda adalah orang yang sehat dan normal(bukan penderita immunocompromise, tidak mendapatkan pengobatan steroid, dll kondisi medis yang mungkin mempengaruhi  reaksi sistim imunologi tubuh kita).

Detail tentang vaksin Hepatitis B bisa anda simak dan baca di website ini :http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Terima kasih dan salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Apakah Vaksinasi BCG Perlu Diberikan Booster Atau Mengulang Kembali ?

  • Selamat pagi dr Leo, saya dr ….  pernah nanya2 by email ke dr Leo
    Mau tanya , utk vaksin BCG perlu booster?
    Ada anak teman mau kuliah di AS, di sana disuruh vaksin BCG lagi, padahal waktu bayi sdh pernah. Mohon pencerahan ya dok, tq?

Jawab: 

Pagi dokter, sorry baru balas anda karena saya juga coba cari2 referensi ilmiah apakah vaksinasi BCG itu perlu diulang /booster apa tidak
Dari rekomendasi IDAI vaksinasi BCG hanya satu dosis semasa usia bayi belum > 3 bulan. Tidak ada anjuran booster atau mengulang pada usia sekanjutnya.
Saya coba lihat ditempat lain, termasuk Red Book American Academy of Pediatrics, yang edisi 27, dan referensi vaksin BCG oleh US CDC, juga disebut imunisasi BCG tidak umum diberikan disana, hanya untuk bayi dan anak kecil didaerah endemik atau diduga terexposed dengan penderita atau pembawa kuman TB saja.
Ada 1 referensi di Wikipedia, mengatakan dosis vaksin BCG pertama pada saat bayi sehat dilahirkan, dosis ke 2 atau booster pada saat mencapai usia 12 tahun. Ini dulu dilakukan di Malysia, Korea dan Philipine. Tetapi saat ini, telah ditiadakan pemberian dosis ulangan ke 2 ini.

Pertanyaan Apakah Efek Jeleknya Bila Melakukan Imunisasi Yang Tidak Sesuai Jadwal Anjuran 

  • selamt siang dokter leo..
    saya mau bertanya : kalo vaksin HIB, DPT, Polio pertama disuntikan dibulan ke-2 sesuai dengan jadwal dari IDI. nah kalo sesuai jadwal itu, vaksin selanjutnya dari HIB, DPT, Polio dibulan ke-4, tapi jika ternyata di bulan ke3 sudah divaksin, itu gmn ya dok?? apakah tidak masalah atau malah bermasalah?? Info :  vaksin HIB, DPT, POLIO pertama tanggal 8 agustus 2015,  vaksin HIB, DPT, Polio kedua tanggal 14 september 2015 mohon jawabannya dok.. terima kasih..

Jawab:

Terima kasih untuk email dan pertanyaannya.

Jadwal imunisasi vaksin DPT Hib Polio menurut anjuran IDAI juga oleh pabrik pembuat vaksin tersebut adalah 2  bulan untuk dosis pertama,  4 bulan untuk dosis ke2  dan 6 bulan untuk dosis yang ke 3.

Tetapi bila karena suatu dan lain hal, jadwal ini menjadi lebih cepat atau lebih lambat, seperti yang digambarkan diatas, ini tidak akan menimbulkan masalah apa2.

Jadwal ketentuan tadi (2, 4 dan 6 bulan) adalah anjuran yang diberikan sesuai hasil uji klinik tentang efektifitas vaksin tersebut yang paling optimal, namun tidak berarti bila kita sedikit menyimpang dari anjuran jadwal tersebut, lalu hasil vaksinasinya jadi berkurang.

Hanya saja usahakan sedapat mungkin mengikuti jadwal anjuran yang diberikan oleh para pakar dan pabrik pembuat vaksin tersebut, untuk memperoleh hasil imunisasi yang optimal.

Juga dengan mematuhi jadwal yang tetap ini, akan sangat membantu kita untuk mengingat kapan jadwal imunusasi dan jenis vaksin yang harus diberikan untuk bayi dan anak kita.

Demikian keterangan saya untuk pertanyaan anda. Semoga menjawab ya.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Untuk Bayi Yang Baru Lahir, Vaksin Apa Saja dan Kapan Harus Diberikan Vaksin2 Tersebut ?

  • Selamat pagi dok. Vaksin baiknya dilakukan pada saat kapan untuk bayi yg baru lahir, dan vaksin-vaksin apa saja yg baik di berikan kepada bayi yg baru lahir, terimakasih
Jawab:
Untuk pertanyaan anda diatas,  saya menganjurkan anda membaca ditulisan di website www.selukbelukvaksin.com tentang jadwal vaksinasi bayi hingga remaja, yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Disitu diterangkan dengan gamblang kapan bayi harus diberikan imunisasi, vaksin jenis apa saja yang harus diberikan dan pada usia berapa.

Kapan bayi itu harus mengulang semua imunisasinya lagi dan jeniis vaksin apa yang harus diulang.

Bila ada yang kurang dimengerti, anda masih bisa membaca dari bagian Tanya Jawab Vaksin yang disusun pperbulan, tentang semua pertanyaan teman2 kita mengenai imunsasi dan masalah yang berkaitan dengan itu.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

 

Pertanyaan Calon Suami Menderita Penyakit Hepatitis B, Apakah Saya Harus Divaksinasi Juga ? Apa Imunisasi Ini Berpengaruh Terhadap Program Kehamilan Saya ?

 

  • Selamat malam Dokter,
    saya ada pertanyaan, calon suami saya positive hepatitis B, dalam 3 minggu ini kami akan menikah. Ia meminta saya utk vaksinasi HB, apakah itu harus saya lakukan? Dan apakah program kehamilan bisa dijalankan setelah vaksinasi selesai ( 6 bln) Terima kasih atas jawabannya
Jawab:

Selamat bahwa anda akan menikah dalam waktu dekat ini.

Menjawab pertanyaan anda diatas,  adalah bahwa anjuran calon suami anda adalah sangat bijaksana dan bertanggung jawab. Karena penularan virus hepatitis B ini biasanya melalui hubungan darah, juga melalui hubungan kelamin melalui cairan sperma dan cairan vagina. Dan penularan ini sangat mudah terjadinya.

Saya anjurkan anda segera melakukan vaksinasi hepatitis B lengkap (kalau anda memang belum pernah mendapatkan imunisasi hepatitis B). Sementara itu, demi kesehatan anda, setiap kali berhubungan, suami anda masih harus tetap memakai kondom hingga vasinasi anda telah lengkap 3 dosis.

Jadwal imunisasi vaksin hepatitis B adalah 3 dosis lengkap dengan interval waktu 0 bulan untuk dosis pertama, 1 bulan kemudian untuk dosis ke2 dan dosis ke3 diberikan 6 bulan kemudian dari waktu dosis pertama tadi.

Detail lengkap tentang apa itu penyakit hepatitis B bisa anda baca dan simak di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-hepatitis-b/ , sedangkan tentang jenis vaksin dan dosis juga jadwal imunisasi bisa anda simak di http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/

Untuk program kehamilan anda, saya anjurkan anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda terlebih dahulu. Tetapi seharusnya proses imunisasi hepatitis B ini, tidak menjadi penghalang untuk program tersebut.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Vaccine Saves Lives !

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – September 2015