Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – October 2016

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – October 2016

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Imunisasi Bayi (foto Face Book)

Imunisasi Bayi (foto Face Book)

——————————————————————————————————————–

  1. Pertanyaan : Apa Perbedaan Antara Vaksin Kombinasi Pediacel Dengan Vaksin Kombinasi Hexaxim ?  
  • Selamat pagi dok… Dok saya mau nanya… Anak saya kan usia 2 bulan, besok tanggal 8 oktober  jadwal imunisasi DPT. saya berencana mau imunisasi DPT Combo pediacel, biar anak saya gak panas. Tetapi kebetulan saya tlp di dokter yang mengimunisasi klo merk pediacel pas gk ada.. tapi ada merk lain yg sama pediacel tapi harga di atas pediacel.  merknya Heksaxim. yang saya mau tanyakan bedanya pediacel sama Heksaxim itu apa dok? apakah heksaxim itu juga gak panas setelah imunisasi? terus harga heksaxim itu berapa ya dok normalnya? terimakasih
Jawab: 
Pertanyaan anda tentang apa perbedaan antara vaksin kombinasi Pediacel dan Hexaxim, bisa anda baca jawaban untuk pertanyaan no. 7 yang terdapat di bagian Tanya Jaawab Vaksin dan Vaksinasi di website http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-september-2016/ .
Terus terang soal harga vaksin Hexaxim ini saya tidak tahu persis, jadi tidak bisa menjawab. Tapi yang pasti harganya akan lebih mahal dari vaksin Pediacel, karena ini adalah vaksin baru dan mengandung kombinasi 6 jenis antigen penyakit infeksi.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
2. Pertanyaan : SekaliLagi Pertanyaan Mirip Dengan Pertanyaan No. 1 Sebelumnya Apa Beda Vaksin Kombinasi Pentabio dan Hexaxim ? 
  • Siang dok , pada saat usia anak sy 4bln bru imun DPT 1 di bidan( telat krna pada saat imun anak saya bab terus).. Trus hari ini usia anak saya 5 1/2 bln dan td imun utk DPT 2 nya .tp ama dokter di kasih yg hexaxim krna sy minta yg TDK panas .. Pertanyaan saya apa boleh yg pertama imun DPT yg biasa tapi  yg ke 2 imun hexaxim (combo) tidak berbahaya lah ? Terima kasih
Jawab: 
Saya tidak tahu jenis vaksin kombinasi DTP1 yang bayi anda peroleh dari ibu Bidan, tapi  asumsi saya itu adalah vaksin kombinasi Pentabio, produksi dari PT. Bio Farma, Bandung, yang isi antigennya adalah DTP, Hib Hepatitis B.
Sedangkan vaksin Hexaxim yang sekarang bayi anda dapatkan, mengandung antigen penyakit yang hampir mirip dengan vaksin Penatbio, hanya Hexaxim lebih lengkap karena mengandung antigen DTaP Hib Hepatitis B juga IPV Polio.
Tidak akan terjadi apa2 dengan penggantian jenis vaksin ini (memang seandainya dapat, kita dianjurkan tetap memakai jenis vksin yang sama dari dosis pertama, supaya hasil imunisasinya konsisten), hanya sebaiknya nanti dosis selanjutnya tetap memakai vaksin kombinasi Hexaxim, jangan ditukar2 lagi dengan jenis vaksin kombinasi lain, meskipun isi antigennya mirip2 satu dengan yang lain.
Detail perbedaan vaksin Pentabio atau Pediacel dengan vaksin kombinasi Hexaxim, bisa anda baca detailnya di Pertanyaan anda tentang apa perbedaan antara vaksin kombinasi Pediacel dan Hexaxim, bisa anda baca jawaban untuk pertanyaan no. 7 yang terdapat di bagian Tanya Jaawab Vaksin dan Vaksinasi di website http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-september-2016/ .
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3. Pertanyaan Skema Imunisasi Untuk Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) 
  • Slamat pagi….
    Dokter saya mau tanya,, anak saya lahir BBLR dan sekarang umurnya sudah 2 bulan anak saya belum di imunisasi, itu bagaimana dengan jadwal imunisasinya dokter?
Jawab: 
Kita membagi bayi premature berdasarkan 2 hal, yaitu bila masa kehamilan < dari 37 minggu, atau bila Berat Badan Lahir Rendah, yaitu < 2500 gram.
Saya tidak tahu berapa berat badan bayi anda yang digolongkan dalam kategori bayi BBLR.
Sebelumnya ada ketentuan untuk imunisasi bayi premature, yaitu kita menunggu berat badannya telah mencapai > 2000 gram.
Namun dengan research terbaru, ternyata sudah kita dapat berikan imunisasi pada berat badan bayi < 1500 gram atau masa kehamilan yang < 27 minggu. Jadi tidak usah menunggu lagi.
Bila bayi anda termasuk dalam kategori ini, maka sudah bisa diberikan imunisasi seperti bayi yang lahir aterm  bukan premature.
Detail tentang imunisasi untuk bayi premature bisa anda baca di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-dan-jenis-vaksin-untuk-bayi-premature/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
4. Pertanyaan: Apa Efek Buruk Kalau Kelebihan Vaksin Hepatitis B ? Semakin Banyak Vaksin Yang Diberikan Adalah Semakin Baik ?   
  • Malem dok,,, saya mau tanya…. Kmren kan anak saya pas umur 6 bln sdh imun Hepatitis B3,,, nah umur 8 bln nya saya imun combo, saya sdh blg ke dokter nya via telpon, saya minta vaksin DPT, POLIO, HIB,, merk pediacel… dia blg ada,, sesampainya dsna dan setelah selesai suntik, saya liat kotak vaksin nya merk Hexaxim, dan saya tanya ini kok merk nya bukan pediacel, dia blg sama isinya cm ada Hepatitis nya… Loh dok, anak saya sdh klo vaksin Hepatitis, kok ini ada Hepatitis nya lg,,? Dokter jwb ya gpp, kan vaksin semakin sering semakin bagus… Jd sebenernya Hexaxim sama tidak dengan pediacel isi nya, dan apakah pengaruhnya klo vaksin Hepatitis nya double? Terima kasih dok…
Jawab:  
Vaksin kombinasi Pediacel dan vaksin Hexaxim adalah vaksin yang berbeda, tetapi berasal dari 1 pabrik pembuat yang sama, yaitu dari Sanofi Pasteur, Prancis.
Perbedaan kedua jenis vaksi kombinasi ini bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-october-2016/
Untuk vaksin Hepatitiis B yang kelebihan, memang dalam imunisasi tidak ada yang disebut over dosis, sehingga kelebihan imunisasi salah satu jenis vaksin tidak menjadi masalah, yang mungkin dikuatirkan adalah kemungkinan terjadinya KIPI atau efek samping pasca imunisasi saja.
Tapi juga tidak benar bahwa semakin banyak diimunisasi akan semakin baik.
Setiap jenis vaksin mempunyai jumlah dosis yang harus diberikan supaya lengkap seluruh prosedure imunisasi, dan ini juga dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pabrik pembuat vaksin dan disepakati para ahlinya.
Jadi tidak benar kita bisa memberikan dosis vaksin dan jadwal imunisasi yang semaunya kita.
Jadwal imunisasi, jenis vaksin dan dosis imunisasi yang dianjurkan bisa anda baca dan simak di website
Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
5. Pertanyaan: Rentang Waktu (Timing) Dan Urut2an Pemberian Vaksin Hidup Yang Dilemahkan (life attenuated vaccine) Dan Vaksin Yang Dimatikan (killed vaccine)  
  • Dok. Anak saya umur 2 bulan tanggal 19 agustus imunisasi pediacel (dpt 1 + polio 1 + hib 1) + pcv 1. Lewat 3 minggu tanggal 8 september di imunisasi rotavirus rotarix 1. Lalu tanggal 11 oktober imunisasi rotavirus rotarix ke 2.  Dan saya ingin imunisasi anak saya pediacel ke 2 (Dpt 2 + polio 2 + hib 2) + pcv 2 pada tanggal 1 november nanti.
    Dok boleh tidak imunisasi dari pediacel DPT 1 +hib 1 + polio 1 + pcv 1 jarak 3 minggu ke rotavirus rotarix 1. Dan setelah itu juga imunisasi rotavirus rotarik 2 jarak 3 minggu ke pediacel Dpt 2 + polio 2 + hib 2 + pcv. Boleh tidak dokter. Ada efek samping nya gak jarak nya 3 minggu. Terima kasih.
Jawab:  
Jadwal imunisasi vaksin kombinasi DTaP Hib Polio, dan vaksin PCV juga vaksin Rotavirus adalah pada saat bayi telah berusia 2 bulan (DTaP Hib Polio, PCV1 dan Rotavirus1), 4 bulan (DTaP Hib Polio, PCV2, Rotavirus2)  dan 6 bulan (DTaP Hib Polio, PCV3 dan Rotavirus3)
Kalau anda memakai jenis vaksin Rotarix hanya diperlukan 2 dosis imunisasi.
Detail jadwal dan jenis vaksin yang diberikan pada bayi bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Detail tentang vaksin Rotavirus bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rotavirus-jenis-vaksin-rotavirus-dan-jadwal-imunisasi/
Dan dalam 1 kali kunjungan, kita boleh memberikan maksimum 2 jenis vaksin hidup yang dilemahkan (live attenuated vaccine) atau 2 jenis vaksin yang telah dimatikan (killed vaccine).
Jadwal imunisasi yang anda sebutkan diatas itu sudah benar,
Kita baru perlu tunggu interval waktu minimal 4 minggu bila kita memberikan 2 jenis vaksin hidup yang dilemahkan itu secara terpisah, tidak diberikan bersamaan dalam 1 kali kunjungan.
Sedangkan untuk vaksin Rotavirus yang diminumkan, meskipun itu adalah vaksin dengan virus hidup yang dilemahkan, maka waktu interval minimal ini tidak diperlukan.
Detail tentang Timing (rentang waktu) dan Spacing (urut2an pemberian vaksin) pemberian imunisasi ini juga bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan: Bolehkan Mengganti Jenis Vaksin Dalam Proses Imunisasi Yang Sedang Berlangsung ?  
  • Selamat siang dok,
    Saya masi mau menanyakan masalah imunisasi opv dan ipv. Kalau berdasarkan artikel yang dokter berikan. Secara garis besar dianjurkan untuk pemakaian 2x ipv dan 2x opv. Dan saya juga lihat di keterangan tabel imunisasi IDAI, anak dianjurkan setidaknya menerima 1x ipv.  Sebelumnya anak saya sudah mengambil opv saja bersamaan dengan imunisasi pentabio.  Untuk imunisasi dpt-hib-hepB yang ketiga dan polio ke4, jika saya mengambil ipv, apakah boleh beralih dari pentabio ke hexaxim?  Karena kandungan yang ada di hexaxim ( dpt-hib-hepB-polio) sudah lengkap,jadi anak saya cuma perlu mendapat 1x suntikan saja. Dibandingkan dengan pentabio + ipv menjadi 2x suntikan ( 1 suntik pentabio, 1suntik ipv). Mohon sarannya dok, dan terima kasih.

Jawab:   

Cara imunisasi yang baik adalah dari awal hingga selesai kita mempergunakan jenis dan merek vaksin yang sama, tidak mengganti jenis vaksin ditengah proses imunisasi yang sedang berlagsung.
Meskipun kandungan antigen yang sama atau hampir sama, tapi cara dan proses pembuatan vaksin itu pasti berbeda antara pabrik yang satu dengan pabrik yang lain, sehingga dipercaya akan meberikan respons dan reaksi imunologi yang berbeda.
Kita baru menukar jenis vaksin dengan jenis yang berbeda hanya dalam keadaan yang terpaksa, misalnya bila ketersediaan vaksin yang sedang kita pakai ini tidak tersedia dan belum tahu kapan baru akan ada, sedangkan jadwal imunisasi telah tiba. Inipun kita masih menunggu beberapa bulan hingga jenis vaksin yang kita pakai telah tersedia.
Dalam kasus anda, kalau saya tidak salah tanggap, ini adalah dosis vaksin kombinasi DTP Hib Hep B yang ke3, yang ingin anda ganti dengan Hexaxim, sehingga tidak perlu diberikan injeksi vaksin polio lagi.
Mengingat ini adalah dosis yang ketiga, maka penggantian Pentabio ke Hexaxim masih bisa kita terima.  karena tubuh telah terima 2 dosis vaksin Pentabio sebelumnya. Sehingga diharapkan dengan Hexaxim yang antigennya mirip, maka sistim imunologi tubuh akan memberikan respons yang mirip.
Ingat penggantian jenis vaksin hanya kita lakukan dalam keadaan yang mendesak, bukan hanya karena soal  kepraktisannya saja.
Semoga penjelasan ini berguna bagi anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
7. Pertanyaan : Apakah Bayi Yang Diimunisasi Akan Lebih Mudah Sakit Dimasa Mendatang ?  
  • dok.. saya mau nanya apa vaksin pediacel itu besok kalo udah besar efeknya anak akan mudah sakit-sakitan? kemaren jumat saya ke dokter spesialis anak.. dokternya bilang seperti itu? apa itu benar dok??
Jawab:  
Saya tidak tahu referensi apa yang dipergunakan oleh beliau sebagai acuan untuk memberikan keterangan seperti ini.
Yang benar adalah imunisasi, dengan jenis vaksin apapun, juga dengan vaksin kombinasi seperti Pediacel atau Pentabio, maka setelah imunisasi, kita harapkan (dan memang ternyata) bayi kita tetap sehat tidak gampang tertular penyakit2 infeksi yang dicegah didalam imunisasi.
Setelah bayi meningkat dewasa, maka sistim imunologi tubuhnya juga semakin sempurna, belum ditambah lagi dengan pemberian imunisasi masa bayi, akan selalu terbentuk dalam tubuhnya zat antibody untuk melawan penyakit2 infeksi yang dicegah, sehingga anak akan mnjadi tetap sehat sepnjang waktu. Jadi rasanya bukan seperti yang dikatakan oleh dokter anak tersebut.
Kalau seandainya seperti itu, buat apa kita bersusah2 memberikan imunisasi untuk bayi dan anak kita ?
Saya sarankan coba anda kembali ke dokter tersebut dan minta penjelasan yang rinci tentang tujuan dan manfaat imunisasi bagi bayi hingga dewasa.
Semoga ini menjawab dan menghilangkan keraguan anda tentang manfaat dan tujuan imunisasi bagi bayi dan semua usia.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
8. Pertanyaan : Apakah Bahaya Bila Imunisasi Terlambat Dari Jadwal Yang Ditentukan Pakar ? 
  • Dok mau tanya, saya aprilianti dari cirebon, saat ini saya sedang suntik vaksi penjegahan virus hepatitis , kata dokter saya yg bernama dr henny dilakukan vaksi selama 3 bulan dan katanya tidak boleh kurang tgl atau lebih di bulan berikutnya? Bulan pertama tgl 19 agustus , ternyata bulan kedua telat datang vaksinnya sehingga tgl 21 september padahal sudah diminta uang langsung untung 3 bulan dengan alasan harus beli langsung 3 vaksi sekaligus tp kenapa datengnya pisah pisah, dan itu bahaya atau tidak jika tglnya tidak sama? Terimakasih dok di tunggu blsan emailnya
Jawab: 
Untuk anda ketahui, bahwa imunisasi dengan vaksin Hepatitis B itu lengkapnya terdiri dari 3 dosis suntikan. Jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B ini  adalah pada bulan 0 untuk  dosis yang pertama, Dosis ke dua kita berikan dengan selang waktu 1 bulan setelah dosis pertama tadi. Dan dosis ke tiga yang terakhir baru kita berikan setelah selang waktu 6 bulan dari waktu suntikan dosis yang pertama.
Detail bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Soal ketepatan waktu imunisasi bukan hal yang sangat penting, memang kita usahakan setiap kali imunisasi jatuh pada waktu atau hari yang sama dengan tujuan untuk memudahkan mengingat jadwalnya, tetapi bukan berarti kalau terlambat 1 atau 2 minggu, lalu semua imunisasi yang telah kita lakukan sebelumnya menjadi batal atau sia2 tidak ada gunanya.
Bahkan ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa lebih baik hasil imunisasinya bila dilakukan sedikit terlambat dari jadwal yang telah ditentukan.
Misalnya untuk imunisasi vaksin Hepatitis B ini, jadwalnya adalah 0 bulan (hep B 1), 1 bulan (hep B2) dan 6 bulan (hep B3). memang diusahakan setiap kali imunisasi dilakukan pada tanggal yang sama, untuk memudahkan kita mengingatnya. Tetapi bila karena suatu hal, misalnya vaksin tersebut sedang kosong atau terlambat datang, maka ini bukan hal yang gawat atau serius, asal saja begitu vaksin sudah tersedia, maka segera kita menyusulkan vaksinasi yang tertinggal tadi.
Soal bahaya karena vaksinasi terlambat ? Itu tidak menjadi masalah apa2.
Demikian keterangan saya untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
9. Pertanyaan : Apa Beda Vaksin  Campak Di Bidan Dengan Yang Dirumah Sakit / Dokter ? Berbahayakah Terlambat Imunisasi Dari Jadwal ? 
  • Mau tanya lagi nih dok, tgl 24 bln 9 kmren anak saya baru vaksin combo, telat sih dok… Nah tgl 20 bln ini anak saya umur 9 bln, mau nanya vaksin campak yg di bidan/puskes dengan yg di RS sama tidak dok?
    Dan klo abis vaksin campak, 2 mggu kemudian vaksin influensa boleh gk dok, saya influensa ke 1 telat nih dok… Dokter, klo vaksin terlambat ada kah efeknya pada anak..? Terima kasih sebelum nya….

Jawab:  

Vaksin campak atau measle itu ada 2 jenis, yaitu vaksin measle yang dikombinasi dengan vaksin lain seperti mumps dan rubella menjadi vaksin MMR. Tapi jenis vaksin kombinasi ini yang banyak dipakai dirumah sakit dan dokter praktek swasta dan lebih mahal. Tapi jenis vaksin MMR kombinasi ini tampaknya sekarang sedang kosong.
Yang ada di Puskes dan Bidan praktek, umumnya adalah vaksin campak yang tunggal monovalent buatan PT. Bio Farma, Bandung Indonesia.
Jadwal imunisasi adalah mulai bayi telah berusia  9 bulan keatas.
Detail jadwal imunisasi IDAI bisa disimak di website  http://selukbelukvaksin.com/wp-content/uploads/2013/08/Jadwal-Imunisasi-IDAI-Tahun-2014.jpg
Anda bisa memberikan vaksin campak bersamaan dengan vaksin influenza sekaligus, tetapi tempat suntiknya yang harus berbeda, tidak perlu menunggu 2 minggu, karena vaksin influenza adalah jenis vaksin mati (killed vaccine).
Masalah urutan pemberian vaksin dan interval waktu pemberian vaksin bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Terlambat pemberian vaksin dari jadwal, tidak berbahaya, hanya saja kita harus segera memberikan vaksin tersebut begitu vaksin sudah tersedia, atau keadaan sudah memungkinkan.
Demikian keterangan saya untuk anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
 
10. Pertanyaan: Apakah Perlu Imunisasi Ulangan  Setelah Imunisasi Vaksin Hepatitis B Sejak Tahun  2014 Yang Lalu ?
  • Selamat pagi dok,
    Saya ingin bertanya tentang vaksin hbs, pada tahun 2014 yg lalu saya ada vaksin hbs dan sudah 3 x pemberian, namun kemrin saat saya cek titer hbs hasilnya hanya 15 sedangkan yg saya tau hasil titer hbs yg bagus jika >500, bagaimana pendapat dokter jika saya ingin vaksin lagi? Apakah tidak apa jika vaksin lagi? Dan bagaimana tentang rentang waktu dri pemberian vaksin yg pertama.
    Terima kasih
Catatan: Maksudnya vaksin Hepatitis B
Jawab:  
Imunisasi vaksin Hepatitis B anda sejak tahun 2014, jadi sudah beberapa tahun yang lalu, sehingga titer antibodynya waktu diukur sudah tinggal 15 (unitnya apa ? )
Imunisasi vaksin Hepatitis B yang lengkap adalah 3 kali dengan jadwal sesuai anjuran para pakar imunisasi dan pabrik pembuat vaksin tersebut.
Seperti jadwal yang bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Titer antibody yang memadai dan menjamin kekebalan kita terhadap infeksi virus hepatitis B adalah > 10mIU / ml serum, bisa lebih tinggi dari angka ini.
Namun dengan berjalannya waktu, maka konsentrasi titer antibody ini akan menurun hingga mencapai titik nol, tidak terdeteksi lagi dalam darah kita.
Namun ini tidak berarti kita menjadi tidak kebal lagi karena titer antibodynya menjadi nol, karena begitu kita terpapar lagi dengan virus hepatitis B, maka sistim imunologi tubuh kita akan langsung memproduksi zat antibody untuk menangkal virus hepatitis B tersebut, sehingga konsentrasi antibody kita akan meningkat dengan cepat sekali..
Ini persis yang terjadi dengan keadaan anda sekarang.
Soal vaksinasi ulangan. Jawabannya anda tidak perlu revaksinasi hepatitis B lagi, karena  dalam sistim imunologi tubuh kita ada sel  memory yang merekam jejak virus hepatitis B, yang dipergunakan untuk membuat antibody bila diperlukan lagi suatu saat.
Demikian jawaban untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – October 2016