Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2016

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2016

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

female doctor Google Free Image

female doctor Google Free Image

——————————————————————————————————————–

1. Pertanyaan Jadwal Vaksin Pentabio dari PT. Bio Farma Indonesia  

Dok saya maw tanya mengenai vaksin pentabio. Nah pemberian pentabio kan umur 2, 3, 4bln ya dan bosternya 18 bln. Bila balita umur 18 bulan sudah diberikan boster dan umur 24 bln lagi dpat pentaboster itu ada efek sampingnya g dok?  soalnya ada tetangga saya dia kehilangan kms dan lupa sudah dapt apa belum penta boster saat anaknya umur 18 bln.

Jawab: 

Seperti yg anda sebutkan bahwa jadwal vaksin Pentabio adalah mulai bayi berusia minimal 6 minggu, dan interval waktu 4 minggu untuk dosis2 berikutnya.
Dalam imunisasi dianjurkan kita harus mendapatkan jumlah dosis yang dianjurkan para ahli, agar supaya tubuh mempunyai daya tangkal atau imunitas, terhadap penyakit yg kita tujukan.
Tetapi bila kelebihan dosis karena lupa seperti kasus anda, ini tidak menjadi masalah, hanya saja hal ini tidak diperlukan karena tidak akan membuat kita lebih kebal.
Tapi yang pasti jangan sampai kurang dari dosis anjuran, karena ini berpengaruh negatif terhadap imunitas tubuh kita.
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Hal yang sama sudah pernah dan sering kita bahas dalam forum tanya jawab vaksin dan imunisasi di website www.selukbelukvaksin.com
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
2. Pertanyaan Dokter Ingin Belajaar Tentang Vaksinology Dari Institusi International Resmi
  • Perkenalkan….
Nama sy XX. Saya adalah seorang dokter umum domisili dan praktek di Pxxx, Sulawesi Tengah. Sebagai seorang GP yg saat ini sangat tertarik dengan vaksinasi dan imunisasi (dan semoga seterusnya), Sy ingin ilmu yang sy peroleh dari membaca text book and buku ajar imunisasi (dewasa maupun anak2) bisa menjadi bekal sy, oleh karena sy ingin bergabung dalam rantai kesehatan pencegahan dengan melalui imunisasi dok, shg…sy ingin ilmu yang sy miliki ini tertuang dalam bentuk sertifikat yang menandakan bahwa sy kompeten dan tersertifikasi dlm bidang vaksinasi dan imunisasi.
Mohon bantuan dokter
Apakah sy bisa memperoleh informasi mengenai pelatihan pelatihan vaksinasi dan imunisasi dok?bila iya…dimana tempat yang mengadakan Workshop2 seperti itu??lalu brp kontribusi yang hrs sy bayarkan dok?
Mengenai ilmu marketing vaksinasi dan imunisasi,, apakah dokter juga tau dan punya link tentang workshop pemasaran vaksinasi dan imunisasi??
Sy mohon bantuan dan kerjasamanya dok
Demikian email sy.
Best regards
Jawab: 
Terima kasih untuk email anda tentang Vaksinology Training untuk profesi kedokteran.
Yang saya ketahui adalah suatu institusi di Korea Selatan, dikota Seoul, kalau saya tidak salah ingat, yang memberikan training dan course Vaksinology untuk profesi dokter yang berkecimpung dalam prevensi penyakit dgn imunisasi.
Kita yang mendaftar dan menyertakan CV dan salinan ijazah, juga rekomendasi dari profesi dokter setempat, institusi itu yang akan seleksi eligibilitas kita. Bila diterima maka kita diberitahu dan kita wajib membayar sejumlah fee, yang sdh trmasuk fee asrama selama course berlangsung. Course ini berlangsung beberapa bulan lamanya. Banyak peserta dari manca negara, pengantar bahasa Inggris.
Hanya sayang saya tidak menyimpan alamat atau email institusi tersebut, saran saya coba anda browsing ttg vaccinology course south korea atau coba hubungi dokter atau bagian Pediatrik UnHas, barangkali mereka mempunyai kontak alamat institusi tersebut.
Atau kalau anda mempunyai koneksi dengan bagian Pediatrik FKUI / RSCM, mereka mempunyai alamat dan email kontak institusi korea ini.
Untuk marketing vaksin anda bisa hubungi perusahaan Sanofi Pasteur atau GSK atau pembuat vaksin dunia lain, juga jangan lupa hubungi PT Bio Farma Bandung.
Semoga anda berhasil. Good luck !
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3. Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin Pentabio dan Vaksin Rotavirus 
  • Dok..saya mau tanya..anak saya skrng umur 1 bulan…bulan dpan saat 2 blan saya tnya di bidan imunisasi DPT trnyta yg kombnsi..pke DPT HIB dan HB..saya ingin anak saya dapat rotavirus juga. pertnyaan saya klo misal stlah imunsasi DPT HIB dan HB itu berselang skitar 2 mingguan dan saya ke dokter anak untuk imunisasi rotavirus apakah aman?trimaksh atas bantuann
Jawab:
Vaksin kombinasi yang anda maksud itu adalah vaksin Pentabio produksi PT. Bio Farma, jadwal imunisasi vaksin Pentabio ini adalh dosis pertama pada usia minimal 6 minggu, lalu interval jarak untuk dosis Pentabio yang kedua dan dosis ketiga adalah berjarak 4 minggu untuk masing2 dosis.
Detail jadwal imunisasi rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) bisa anda baca dan simak di :
Sedangkan jadwal imunisasi vaksin Rotavirus adalah saat bayi telah berusia 2 bulan, dosis kedua saat berusia 4 bulan dan dosis terahir usia 6 bulan.
Hanya saja vaksin Rotavirus ini ada 2 jenis, yaitu Rotarix (2 dosis) dan RotaTeq (3 dosis), yang berbeda dalam jumlah suntikan, sehingga anda harus tanya ke dokter vaksinator, jenis vaksin Rootavirus merek apa yang dipergunakan untuk baayi anda.
Detail tentang vaksin Rotavirus, juga jadwal imunisasinyabdan interval waktu antara dosis vaksin, bisa anda baca dan simak di website ini http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rotavirus-jenis-vaksin-rotavirus-dan-jadwal-imunisasi/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
4. Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin Anti Rabies  
  • Malam dok .
    Sya tggal 12 bulan lalu digigit kucing sesaat dan tdk parah hanya satu titik dan luka kecil skali . Saat itu saya langsung ke rmh sakit dan di UGD diberi suntikan VAR di lengan kanan juga lengan kiri. Ditambah suntik vaksin TT dilengan kiri. Sminggu kmudian saya dijadwalkan untuk suntik VAR kedua . Setelah suntik VAR kdua , 5 hari kmudian saya digigit lg oleh kucing saya di tangan kiri. Sama skali tidak brdarah hanya terasa ngenyut sedikit.
    Sbnrnya saya dijadwalkan suntik VAR ktiga tanggal 3 mei kmren tp saya lupa dok.
    Itu berbahaya atau tidak?
    Kalau misalkan saya suntik VAR ketiga bsok masih dibolehkan atau tidak dok?
    Dan untuk informasi tambahan , disini kucing saya sampai saat ini tidak mati . Masih hdup dan lincah .
    Trima kasih
Jawab:
Dari cerita anda, kesan saya kucing anda itu sehat dan juga bukan kucing liar, sehingga kemungkinan beliau sakit rabies (karena menggigit anda :)) adalah kecil.
Tapi tindakan anda untuk langsung memproteksi diri itu sudah betul dan tepat, minimal untuk selanjutnya, bila saja anda tergigit oleh anjing atau binatang lain yang sakit rabies, maka sudah tidak perlu repot2 memberikan anda serum anti rabies (RIG) lagi tapi kita cukup mengulang 1 dosis vaksin anti rabies saja.
Jumlah dosis dan jadwal vaksin anti rabies bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rabies-jenis-dan-dosis-vaksin-rabies-dan-rabies-immuno-globulin-rig/
Untuk dosis ke 3 yang seharusnya diberikan pada hari ke 21, tapi terlewatkan, tidak menjadi masalah kalau anda sekarang juga segera melengkapi dosis ke 3 ini, agar supaya vaksin anti rabies anda ini berefek optimal memproteksi diri anda terhadap infeksi virus rabies.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
5. Pertanyaan Suami Menderia Hepatitis B, Saya Sudah Diberi Imunisasi Vaksin Hepatitis B Dosis Ketiga, Apakah Ini Sudah Cukup Aman ?
  • Selamat pagi,saya ada pertanyaan?jika jarak 1 bulan setelah vaksin ke 3 hepatitis b,apakah sudah aman?suami saya penderita hepatitis b.trims
Jawab: 
Secara teoritis sudah cukup aman. Tapi ada baiknya masih menggunakan kondom hingga bbrp bulan selanjutnya.
Utk tahu pasti anda bisa periksa titer antibody Hepatitis B anda di lab
Detail tentang Hepatitis B dan imunisasinya bisa anda baca di website http://selukbelukvaksin.com/vaksin-hepatitis-b/
Semoga menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
6. Pertanyaan Bagaimana Imunisasi Hepatitis A, Dimana Bisa Mendapatkan Vaksin Ini ? 
  • Selamat pagi dok,
    Di kampus kami ada beberapa orang yang terkena hepatitis A, sehingga saya merasa harus mendapatkan vaksi hepatitis A supaya terlindungi..
    Di rs mana dok yg menyediakan vaksin hepatitis A untuk dewasa, dan apakah sebelum vaksin saya harus cek lab untuk memastikan negatif terjangkit hepatitis A. Mohon jawabannya, terima kasih 🙂
Jawab: 
Penyakit hepatitis A yang cara penularan melalui feco oral (kontaminasi makanan atau minuman dengan virus Hepatitis A), bisa kita cegah dengan pemberian imunisasi vaksin Hepatitis A.
Jadwal dan jumlah dosis vaksin, bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Vaksin ini sangat efektif untuk mencegah terjangkit penyakit ini.
Anda bisa mendapatkan vaksinasi ini  di hampir semua rumah sakit atau langsung ke dokter anak yang juga menyediakan vaksinasi untuk orang tua dan dewasa.
Tidak diperlukan pemeriksaan sebelum mendapatkan imunisasi vaksin ini.
Prinsip imunisasi adalah orang harus dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita sakit yang serius.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
7. Pertanyaan Dalam Satu Kali Kunjungan Ke Dokter Vaksinator, Berapa Jumlah Maksimun Vaksin Yang Bisa Diberikan Bersamaan ?
  • Berarti misal antara jeda pentabio dan imnisasi rotavirus berjeda 2minggu ttp aman..krn sya smpat brpkir bnyak skli vaksin yg msuk dalam jrak yg pendek..trimaksh dok
Jawab: 
Sebenarnya dalam 1 kali kunjungan ke dokter anda bisa diberikan 2 jenis vaksin sekaligus, detailnya bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Jadi silahkan saja anda berikan vaksin Rotavirus sesuai dengan jadwal untuk bayi anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
8. Pertanyaan Jadwal Imunisasi Perlu Ditunda Karena Bayi Sedang Batuk Pilek ??
  • Bulan ini, jadwal anak saya imunisasi campak. Tapi, kondisinya saat ini batuk dan demam..
    Bagaimana sebaiknya ya dok?
    Apa ditunda dulu atau tetap lanjut imunisasi?
    Mohon sarannya dok..
    Terimakasih

Jawab: 

Prinsip imunisasi adalah kita lakukan pada saat sipenerima imunisasi, dalam hal ini bayi anda, dalam kondisi sehat dan fit.

Karena faktanya, ada beberapa jenis vaksin yang memberikan efek pasca imunisasi seperti demam, nyeri ditempat suntikan, dll, meskipun sekarang ini sudah banyak jenis vaksin yang boleh dibilang mempunyai efek KIPI yang sangat minimal dan aman.
Dalam prakteknya, bila bayi hanya batuk pilek ringan, ini bukan menjadi halangan untuk kita tetap berikan imunisasi sesuai jadwal imunisasi bayi tersebut, jadi tidak perlu kita tunda imunisasinya.
Namun bila ibu ingin menunda barang beberapa hari hingga batuk pilek mereda, juga tidak menjadi masalah, yang penting begitu sembuh dari batuk pileknya, segera bayi kita berikan imunisasi yang tertunda sementara itu.
Berikut ini adalah tips untuk imunisasi bayi dan juga bagi orang dewasa, bisa anda simak baca di website http://selukbelukvaksin.com/tips-vaksinasi-untuk-bayi-anak-dewasa-dan-orang-tua/
Demikian saran saya untuk bayi anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
9. Pertanyaan Bayi Sudah Berusia 15 Bulan, Namun Belum Diberikan Imunisasi Dasar, Apa Yang Harus Kita Lakukan Saat Ini ?
  • anak saya satu minggu lagi 15 bulan rencananya mau vaksin hib karena saya lihay jadwalnya 15 bulan pas saya cek waktu 6 bulan pake vaksin pediacel. Saya baca itu vaksin gabungan polio, dtp dan hib sementara jadwal vaksin polio dan dtp 18 bulan. apakah bahaya kalo saya vaksin anak saya pediacel pas 15 bulan karena berarti vaksin polio dan dtpnya lebih awal dari jadwal? atau sebaiknya vaksin pediacelnya pas 18 bulan? saya khawatir kalo vaksin pediacelnya 18 bulan vaksin hibnya terlambat dan jadi tidak berguna. Bagaimana sebaiknya dok?
Jawab: 
Terus terang saya tidak  menangkap sepenuhnya cerita anda. Yang anda maksud adalah dosis booster terakhir vaksin DTP HIb Polio ?
Namun sepintas, setelah saya baca berulang kali, saya mendapatkan gambaran bahwa anak atau bayi anda yang akan berusia 15 bulan, hingga saat ini, waktu anda mengirim email ke saya, bayi tersebut belum pernah diberikan vaksin DTP, Hib Polio juga vaksin Hepatitis B, yang semua itu adalah imunisasi dasar bagi setiap bayi yang baru lahir hingga mencapai usia 6 bulan.
Jadi seandainya bayi anda sudah mau berusia 15 bulan, masih belum pernah diberikan vaksin2 yang saya sebutkan tadi, ini benar2 terlambat dan seharusnya tidak boleh terjadi.
Jadwal  imunisasi dasar seperti DTP, Polio, Hib juga Hepatitis B sudah mulai kita berikan semenjak bayi lahir sebelum dipulangkan ke rumahnya, seperti vaksin Hepatitis B dan Polio.
Nanti setelah mencapai usia 2 bulan, maka bayi akan diberikan imunisasi DTP Hib dan Polio, yang biasanya diberikan dalam bentuk vaksin kombinasi, yaitu dalam satu kali suntikan telah mengandung 5 jenis vaksin untuk mencegah 5 jenis penyakit infeksi pada masa bayi.
Lalu dilanjutkan dosis yang ke 2 hingga ke3 vaksin kombinasi DTP Hib Polio juga vaksin Hepatitiis B.
Detail jadwal dan jenis imunisasi bayi, sejak usia 0 bulan hingga usia 18 tahun bisa anda baca dan simak baik2 di website ini   http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Dalam kasus bayi anda, sebenarnya bayi anda sudah tertinggal untuk jadwal imunisasi yang baku dan dianjurkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) juga oleh badan Imunisasi Dunia. Sebaiknya segera anda menyusulkan jenis imunisassi yang sangat diperlukan oleh bayi anda.
Untuk meringankan biaya, anda bisa ke Pusat Kesehatan Masyarakat atau Rumah Sakit Daerah Pemerintah, untuk mendapatkan imunisasi dasar gratis, yang disubsidi oleh pemerintah.
Demikian saran saya, semoga bermanfaat bagi anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
10. Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin Rotavirus, Bila Terlambat Jadwal, Apa Implikasinya Pada Penerima Vaksin Rotavirus Ini ?  
  • Sore pak dr Leo..mohon bantuan informasi..apakah ada efek samping apabila interval pemberian imunisasi pertama rotavirus dan kedua lebih dari jadwal..  Imunisasi pertama anak kami tgl 9 januari 16 dan imunisasi ke 2 dilakukan 5 mei 2016 ketika berusia 8 bulan 1 hari. Setelah vaksinasi kedua tersebut kebetulan anak kami siklus bab nya lebih sering dari biasanya..dan masih berjalan sd sekarang (sdh sekitar 14 hari). Sempat ke dr dan diberikan antibiotik..tapi belum sembuh. Anak tetap ceria dan tidak dehidrasi. Tapi sangat mengganggu dengan siklus bab nya yg sering dan lebih cair dari biasanya sehingga ruam merah di kulitnya. Mohon informasi apakah ini akibat dari interval imunisasi dan jadwal yang salah dan bagaimana cara mengatasinya. Dan apa efek dari jadwal yg terlambat dari imunisasi rotavirus ke 2. Mohon informasi..terimakasih sebelumnya.
Jawab: 
Sayang anda tidak sebutkan nama brand atau merek vaksin Rotvirus yang anda berikan untuk bayi anda.
Jadwal imunisasi vaksin Rotavirus menurut rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) adalah saat bayi telah berusia 2 bulan ( dosis pertama vaksin Rotavirus), lalu saat usia 4 bulan (dosis kedua) dan saat usia 6 bulan (dosis terakhir vaksin Rotavirus).
Karena vaksin Rotavirus ada 2 jenis, yang punya jadwal agak berbeda satu dengan yang lain, yaitu sebagai berikut :
1. Vaksin Rotarix (terdiri 2 dosis saja)
Dosis pertama diberikan saat bayi berusia 2 bulan atau minimal telah berusia > 6 minggu, atau bila terlambat, masimal adalah berusia 14 minggu + 6 hari
Dosis kedua dengan dosis pertama berinterval waktu minimal 4 minggu
Dosis kedua diberikan waktu berusia 4 bulan
Atau maksimal sebelum berusia 24 minggu (antara 14 minggu hingga 24 minggu)
2. Vaksin RotaTeq (terdiri 3 dosis vaksin) :
Jadwal normal yaitu 2, 4 dan 6 bulan
Untuk dosis pertama, Usia minimal adalah > 6 minggu, dan bila terlambat usia maksimal dosis pertama adalah 14 minggu + 6 hari
Dosis kedua saat berusia 4 bulan
Dosis ketiga saat berusia 6 bulan atau bila terlambat maksimal berusia 8 bulan + 0 hari
Interval waktu antara masing2 dosis adalah minimal 4 hingga 10 minggu
Detail jadwal dan dosis imunisasi vaksin Rotavirus bisa anda simak dan baca di website http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rotavirus-jenis-vaksin-rotavirus-dan-jadwal-imunisasi/
Karena anda tidak sebutkan nama  atau jenis vaksin Rotavirus yang anda pakai, maka saya tidak tahu waktu anda suntikan itu sudah melewati jadwal rekomendasi imunisasi vaksin Rota ini atau belum.
Direkomendasikan time line jadwal imunisasi  ini adalah karena merupakan hasil uji klinik, untuk yang diluar time line itu belum dimiliki data2 keamanan vaksin dan efektifitas vaksin yang memadai.
Tapi dari pengalaman, mestinya ketidak patuhan dengan jadwal imunisasi tidak akan menimbulkan hal2 negatif bagi sipenerima vaksinasi ini.
Saran saya, adalah ibu tetap mengawasi pola BAB bayi anda, selama BAB tidak ada hal yang aneh, seperti berdarah, berlendir,berbau yang menyengat, dan keadaan bayi biasa2 saja, tampk ceriah dan sehat,  maka harusnya tidak ada yang perlu kita terlalu risaukan.
Perubahan pola BAB mungkin juga karena bayi mulai mendapatkan makanan semi padat selain ASI sebelumnya.
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.

Dr. Leo Kurniawan
11. Pertanyaan Imunisasi Vaksin Campak Dan Vaksin MMR, Setelah Dosis Pertama MMR, Apakah Dosis Kedua Vaksin Campak Masih Diperlukan ?  
  • pak dokter,maaf mengganggu,sy mau tanya pak,di usia 10.5bln anak sy di vaksin campak,trus sy ingin nanti dvaksin mmr pak,jarak nya apa harus 6bln pak dari vaksin campak,klo seandai nya sudah dvaksin mmr,apa maseh boleh di usia 2th tetep divaksin campak,mohon penjelasan nya,terimakasih bnyak sebelumnya
Jawab: 
Jadwal imunisasi campak adalah dimulai pada bayi telah berusia 9 bulan, lalu dosis ke2 pada waktu usia 24 bulan dan dosis terakhir campak adalah waktu ia telah berusia 6 tahun.
Sedangkan vaksinasi MMR mulai saat bayi telah berusia 15 bulan, dan dosis kedua saat berusia 5 – 6 tahun.
Catatan adalah bila pada usia 15 bulan, anda sudah memberikan bayi vaksin MMR, maka dosis kedua vaksin campak sudah tidak perlu diberikan lagi pada bayi anda. 
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
 
12. Pertanyaan Apakah Jadwal Imunnisasi Vaksin Varicella Dan Vaksin MMR II Untuk Dewasa Perlu Diulang Tiap 3 Tahun Dan Tiap 5 Tahun ?
  • Selamat siang dokter leo, saya  mau menanyakan tentang kadarluasa vaksin MMR II, yang terakhir saya suntik itu tahun 2011. Terima kasih sebelumya.  Juga tentang Vaksin Varicella apa benar per 3 tahun harus vaksin.  Hormat saya
Jawab: 
Maaf, saya tidak mengerti maksud pertanyaan anda tentang kadaluarsa vaksin MMR II, coba anda terangkan lebih jelas, supaya saya tidak usah betebak2an.
Vaksin varicella untuk orang dewasa cukup 2 dosis saja, tidak usah diulang lagi tiap 3 tahun.
Jadwal vaksin varicella, bisa anda baca di website :
Semoga menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
13. Pertanyaan (lanjutan Pertanyaan 12)
  • Kepada dr. leo,  Begini di perkerjaan saya offshore di haruskan vaksin MMR II, berapa tahun sekali saya harus vaksin. Karena terakhir tahun 2011, seperti yellow fever masanya 10 tahun. nah ini saya mau bertanya soal vaksin MMR II kira2 masanya berapa lama. Apa benar cuman 5 tahun. Terima kasih sebelumnya
Jawab:
Sama dengan vaksin Varicella, maka vaksin MMR itu cukup diberikan 2 dosis saja untuk seumur hidup, dengan interval jedah waktu antara dosis ke 1 dengan dosis ke 2 selama 28 hari atau 4 minggu.
Bisa anda baca dan simak di website Jadwal Imunisasi Untuk Orang Deawas berikuthttp://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Demikian jawaban untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
14. Pertanyaan Bila Jaadwal Imunisasi Vaksin HPV (Human Papiloma Virus) Untuk Mencegah Kanker Leher Rahim Telah Terlewati, Bolehkah Diganti Dengan Vaksin HPV Merek Lain ?  
  • Selamat siang dok…
    Saya ingin bertanya mengenai vaksin hpv,,
    Sebelumnya saya sudah vaksin hvp yang  pertama pada tanggal 23 april 2016 kemaren,,jadwal selanjutnya saya vaksin lagi tanggal 23 mei 2016 ini.
    Ternyata dokter kandungan yang memvaksin saya tidak praktek untuk jangka waktu 1 minggu sedangkan jadwal saya sudah harus vaksin..
    Apakah boleh saya vaksin yang ke dua dengan dokter yang berbeda atau saya tunggu dokter yang sudah memberi vaksin sebelumnya walaupun sudah lewat dari jadwal.
    Dan apakah boleh lewat dari jadwal nya
    Terimakasih
Jawab: 
Untuk anda ketahui, bahwa vaksin HPV (bukan HVP), ada 2 jenis dan keduanya berbeda pabrik pembuatnya dan juga berbeda isi kandungan antigen virus dalam vaksin mereka masing2.
Terlambat sedikit dari jadwal imunisasi adalah tidak menjadi masalah dan bahkan ada lebih baik, sehingga tubuh kita mempunyai waktu yang cukup untuk bereaksi optimal dengan antigen yang terkandung dalam vaksin, untuk memproduksi antobody yang kita perlukan. Hanya saja terlambatnya jangan sampai terlalu lama begitu.
Kalau anda tidak sabar dan ingin pindah ke dokter vaksinator yang lain juga tidak menjadi masalah, asal saja anda tetap diberikan dengan jenis vaksin yang sama seperti awal dosis pertama dan seterusnya.
Jangan mengganti jenis atau merek vaksin HPV nya.
Jadwal antara kedua jenis vaksin HPV ini ada sedikit berbeda, yaitu 0, 1 dan 6 bulan untuk merek Cervarix, atau merek yang lain dengan jadwal 0, 2 dan 6 bulan, untuk merek Gardasil.
Demikian keterangan saya semoga telah menjawab pertanyaan anda
Detail jadwal dan jenis vaksin HPV bisa anda baca dan simak di websitehttp://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Sekian dan terima kasih,
Dr. Leo Kurniawan
15. Pertanyaan Apakah Vaksin Hepatitis B, Bisa Saling Dipertukarkan, Karena Stok Vaksin Hepatitis B Yang Sedang Kosong ?
  • Selamat Pagi,  Dok, saya melakukan vaksin hepatitis B pertama dengan Engerix B, namun ketika sudah memasuki jadwal vaksin yang kedua tetapi stock vaksin di klinik tersebut kosong. saya memutuskan untuk vaksin di klinik lain dan ternyata tidak menggunakan merk vaksin Engerix B. Yang ingin saya tanyakan, saat vaksin ketiga nanti sebaiknya saya menggunakan merk vaksin hepatitis B sama seperti vaksin yang pertama atau kedua?  Mohon pencerahannya. Terima kasih.
Jawab: 
Dalam imunisasi, kita memang usahakan dari awal hingga selesai proses imunisasi selalu memakai vaksin dari jenis dan pabrik pembuat yang sama,
ini untuk menjaga agar respons tubuh terhadap antigen vaksin adalah tetap sama konstan, sehingga kita tidak mudah menukar jenis vaksin yang sedang kita pergunakan dengan jensi vaksin dari pabrik lain.
Namun kebetulan untuk vaksin Hepatiitis B jenis Engerix dan Euvax B yang anda maksud itu, telah pernah dilakukan uji klinik pertukaran vaksin dalam proses imunisasi, dan dinilai respons tubuh terhadap pertukaran vaksin ini, ternyata hasil kliniknya tidak berbeda bermakna hasil testnya.
Dengan kata lain, untuk vaksin Hepatitis B ini bisa kita pertukarkan dalam satu rangkaian proses imunsasi pada seseorang.
Juga jadwal kedua jenis vakisn Hepatitis B ini adalah sama, yaituu bulan 0, 1 dan 6 bulan kemudian.
Jadi lakukan saja proses imunisasinya sesuai dengan jadwal anda.Tidak menjadi masalah nanti apakah akan dipakai jenis Engerix atau jenis Euvax B, terserah yang ada stoknya saat imunisasi saja.
Detail tentang hal ini bisa anda simak dan baca di website http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
16. Pertanyaan Anak Sudah Dapat 3 Dosis Vaksin Hepatitis B, Sekarang mau Beri Vaksin Hepatitis A, Dianjurkan Dokter Beri Vaksin Kombinasi Vaksin Hepatitis A Dan Vaksin Hepatitis B, Apakah Vaksin Hepatitis B Tidak Berlebihan ?  
  • halo dr leo mau nanya, kalo anak sy umur 17 januari lalu sdh vaksin hepatitis B yg ke 3, trus sy br pikir mau tambahkan yg vaksin hepatitis A juga, kata dr umum sini ada yg vajsin hep a &b diulang vaksin aja 2 x,  katanya baksin khusus A agk susah didapat,  apa ada efek ke yang B krn br 5 bln di ksh lagi?
Jawab: 
Memang ada kombinasi vaksin hep a dan hep b saat ini.
Namun karena dari awal sdh anda pakai yg vaksin tunggal hep b saja, jadi lebih baik teruskan hep a saja yg tunggal juga sebanyak 2 dosis kali lengkap, bukan dgn cara tambal sulam yg disebutkan itu.
Semoga menjawab pertanyaan anda
Vaccine Saves Lives !
tags: , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2016