Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2014

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2014

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas.

_____________________________________________________________________________________

Pertanyaan Tentang Vaksinasi Hepatitis

Dok aku mau tanya,dulu waktu aku remaja pernah disuntik vaksin hepatitis tp lupa hepatitis apa,apakah antibody terhadap penyakit hepatitis itu msh ada sampe skrng?skrng saya berumur jalan 34 thn,dan apakah hepatitis itu menular bila kita tidur sekamar dgn penderita?
Jawab: Saya tidak tahu vaksin hepatitis B atau hepatitis A yang anda dapatkan sewaktu remaja. Kita asumsikan saja bahwa anda mendapatkan vaksin Hepatitis B, yang lengkapnya harus diberikan 3 dosis dengan jadwal interval bulan 0, bulan ke 1 dan bulan ke 6 untuk dosis 1, dosis ke 2 dan dosis ke 3. Seandainya memang ini yang anda dapatkan dan lengkap seperti disebutkan diatas, maka berarti anda seharusnya sudah kebal terhadap infeksi virus dan penyakit hepatitis B, dan kekebalan ini berlangsung SEUMUR HIDUP.
Jika anda ragu2, apakah saat remaja memang mendapatkan vaksinasi hepatitis B atau bukan, gampangnya kita mengulang saja pemberian vaksinasi ini hingga 3 dosis lengkap. Jangan mengambil resiko terhadap infeksi virus ini.
Hepatitis B bisa menular melalui cairan tubuh seperti cairan vagina dan sperma dan juga darah. Jadi kalau anda tidur sekamar tapi tidak melakukan hubungan kelamin, tidak ada kontak dengan cairan tubuh dan darah sipenderita, maka tidak ada kemungkinan anda akan tertular virus dan penyakit hepatitis B ini.
Namun untuk mereka yang serumah dengan penderita hepatitis B, kepada mereka yang belum kebal, maka selalu dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi hepatitis B saja untuk prevensi. Harga vaksinnya juga tidak mahal, sedangkan daya proteksinya cukup baik.
Prinsip mencegah adalah lebih baik dan bijaksana daripada mengabaikan kemungkinan buruk.
Pertanyaan Tentang Vaksin HPV dan Jadwal Imunisasi HPV
  • Dok, sy mau tanya. Sy sdh vaksin cervarix yg pertama. Tp utk vaksin yg kedua, sehrsnya kan 1 bln stlh vaksin yg pertama. Tp ini sdh mau 2 bln dr vaksin pertama sy belum divaksin lg, krn obatnya blum dikirim dr kota. Sy sedang bertugas di desa. Kalau terlambat vaksin, ada pengaruhnya ga ya nanti buat proteksinya? Trus nanti vaksin yg ketiga, mengikuti keterlambatan dr vaksin kedua kan ya dok? 6bln stlh vaksin kdua dilakukan. Tidak mengikuti jadwal awal lg. Terimakasih sebelumnya.
Jawab: Selamat pagi mbak…

Kalau anda lihat jadwal imunisasi vaksin HPV (Human Papilloma Virus) yg dianjurkan oleh US CDC juga oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam (PAPDI) untuk vaksinasi orang dewasa (baca di www.selukbelukvaksin.com), maka jadwal seharusnya adalah bulan 0 untuk dosis ke 1, lalu bulan ke1 – bulan ke 2 disuntikan dosis kedua, dan dosis ketiga atau terakhir pada bulan ke 6 dihitung dari dosis yg pertama.
Kalau lihat cerita khronologis anda maka jadwal dosis ke 2 adalah pada bulan ke 1 – bulan ke 2, jadi anda belum terlambat untuk suntikan dosis yg ke 2.
Dan seandainya terlambat juga, tetapi hanya terlambat satu atau dua bulan dari jadwal yg seharusnya, ini masih bisa ditoleransi, hanya saja dianjurkan segera vsksinasi begitu ada kesempatan, jangan dibiarkan terlambat terus.
Dosis yg ketiga jadwalnya 6 bulan dihitung dari jadwal vaksinasi dosis yg pertama itu, bukan dari jadwal dodis ke 2 yg terlambat tadi.
Detail ttg jadwal dan jenis vaksin HPV ini bisa anda baca di website
Semoga ini menjawab pertanyaan anda ttg vaksinasi HPV dan masalah jadwalnya.
  • Selamat siang dok. Trimakasih atas balasannya. Kmrn obatnya sdh tiba, sy sdh divaksin yg kedua. Sy pikir sdh terlambat, krn sy vaksin merk cervarix yg jadwalnya 1bln dr vaksin pertama. Sy search di internet , vaksin merk gardasil yg 2bln stlh vaksin pertama. Jd sy ragu. Tp ternyata baik merk cervarix maupun gardasil boleh 1-2bln ya dok? Jangka wkt proteksi vaksin ini brp lama? Haruskah ada pengulangan? Atau cukup 1x?
Jawab: Jangka waktu proteksi kedua jenis vaksin ini mungkin berlangsung seumur hidup, karena adanya efek imunitas selular dan terbentuknya sel memori dalam sistim pertahanan tubuh kita.
Vaksin HPV ini setelah diberikan 3 dosis lengkap, maka tidak ada lagi pengulangan atau booster vaksinasi.
Pertanyaan Tentang Vaksin Hepatitis B
  • Pagi dokter..sya umur 45,5 thn…skitar 20 thn yg lalu sya pernah imunisasi hepatitis B… Kalo skrg sya mau imunisasi lagi sya harus tes apa aja dok? Ckup tes Hbs Ag ato anti Hbs Ag jg? O ya dok 1,5 bln yg lalu sya sdah tes Hbs Ag dan hasilnya negatif… Untuk imunisasi perlu tes lagi gak dok? Trima ksih
Jawab:  Sebenarnya kalau anda bilang telah pernah mendapat imunisasi hepatitis B sekitar 20 tahun yang lalu, dan seandainya vaksin ini telah diberikan secara lengkap 3 dosis, maka secara teoritis anda telah kebal dan tidak perlu lagi untuk diberikan atau mengulang vaksinasi yang sama saat ini. Karena kekebalan yang dihasilkan dengan vaksinasi yang lengkap adalah seumur hidup.
Kita baru memberikan vaksinasi ulang jika saja kita ragu2 apakah masa lalu telah pernah atau belum pernah mendapatkan vaksinasi lengkap vaksin hepatitis B ini.
Untuk pemberian vaksin hepatitis B kita tidak perlu memeriksa sebelumnya kadar HbsAg ataupun anti HbsAg (dahulu ini memang diperiksa, kita tidak berikan vaksinasi bagi yang telah positif mempunyai zat antibody nya, karena vaksinnya mahal).
Anda bisa membaca semua detail tentang vaksin hepatitis B dan jadwal imunisasinya di http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/
Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
Salam,

Vaccine Saves Lives !

tags: , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – May 2014