Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – Maret 2017

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – Maret 2017

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Louis Pasteur, scientis and founder of Rabies Vaccine (Image from FB)

Louis Pasteur, scientis and founder of Rabies Vaccine (Image from FB)

——————————————————————————————————————–

  1. Pertanyaan: Jadwal  Imunisasi Vaksin Kombinasi DTaP Untuk Bayi
  • Slamat pagi dokter mau tanya jadwal pemberian vaksin pediacel dan hexaxin

 

Jawab: 

Jadwal imunisasi Pediacel dan Hexaxim adalah saat usia bayi mencapai 2 (dosis 1), 4 (dosis ke2) dan dosis ke3 pada usia 6 bulan.
http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Semoga menjjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
Http://sehatcaraalamiah.blogspot.com
2. Pertanyaan: Pemberian Vaksin Rotavirus Dan Bayi Muntah,  Apakah Perlu Mengulang Pemberian Vaksin Rotavirus Ini ? 
  • Anak saya kemarin vaksin rotavirus dengan rotarix tetes, tpi krn nangis hingga dia muntah banyak sekali, padahal proses vaksin baru saja selesai.
    apakah vaksin tsb tdk terserap ? krn dokter “bilang tdk apa2 , ada yg terserap”. bagaimana proses penyerapan vaksin rotarix tsb? terima kasih
Jawab: 
Saya juga tidak tahu ada berapa banyak vaksin yang bisa tertelan dan tidak dimuntahkan, jadi sedikit atau banyak, pasti ada yang tertelan, sehingga mungkin tidak perlu harus diulang kembali, selain karena harga vaksin Rotavirus ini lumayan mahal.
Mungkin lain kali waktu berkunjung untuk imunisasi vaksin Rotavirus lagi, usahakan pemberian vaksin Rotavirus ini yang pertama sebelum dilakukan pemeriksaan yang lain yang bisa membuat bayi anda menangis.
Juga jangan memasukkan droper vaksin sampai terlalu dalam dirongga mulut, karena ini bisa membuat bayi ingin muntah.
Demikian keterangan saya semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3.Pertanyaan : Seputar Mitos Dan Fakta Vaksin DPT
  • Pagi dok…saya ingin bertanya mengenai imunisasi dpt.
    Kemarin malam bayi saya mendapatkan imunisasi dpt yg ke 2 menggunakan pentabio..namun setelah 6 jam bayi saya tidak demam seperti imunisasi dpt yg ke 1 dulu. Pertanyaannya adalah :
    1. Mengapa demikian ya dok? Bukankah dpt pentabio menyebabkan demam
  • 2. Apakah imunisasi bayi saya tidak berhasil? Karena setelah saya googling bila bayi tidak demam berarti vaksinnya tidak bekerja dgn sempurnya atau bakteri yg ada dalam vaksin lemah jd tidak bekerja dgn sempurna, benarkah demikian dok?
  • 3. Haruskah bayi saya diberikan vaksin dpt 2 lg apa tinggal dpt 3 saja? Mohon penjelasannya ya dok…terimakasih sebelumnya.
Jawab: 
Sekarang ini imunisasi tidak selalu akan menyebabkan demam, karena tehnologi pembuatan vaksin sudah sedemikian majunya, sehingga para ilmuwan sudah mampu membuat vaksin yang murni dan mengurangi kemungkinan terjadinya KIPI pasca imunisasi, seperti demam, bengkak pada tempat suntikan vaksin, dan reaksi  KIPI yang lain.
Yang paling terkenal adalah bahwa suntikan DTP pasti akan menyebabkan demam, karena vaksin DTP generasi lama mengandung seluruh antigen bakteri yang bersifat pirogen (penyebab demam), ini adalah cerita dulu.
Sekarang ilmuwan telah berhasil membuat vaksin DTaP yang murni dan bebas antigen pirogen,  sehingga bayi yang diberikan vaksin DTaP generasi baru ini dapat dipastikan tidak menderita KIPI demam, ataupun kalau masih terjadi, maka demam ini lebih ringan.
Jadi tidak terjadi demam tidak berarti bahwa vaksinnya tidak bekerja.
Anda tidak perlu memberikan ulang imunisasi DTP ini, tetapi lanjutkan saja dosis berikutnya sesuai jadwal yag telah ditentukan para pakar imunisasi dan pabrik pembuat vaksin.
Jadwal imunisasi DTP ini bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda. Semoga membantu.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
4. Pertanyaan: Telah Mendapatkan Imunisasi Vaksin Meningitis Lalu Hamil, Apa Efeknya Vaksin Ini Terhadap Kehamilan ?
  • Iya dok terlambat, maksudnya saya positif hamil, apakah ada dampak yg serius krn saya habis suntik meningitis kemudian hamil
Jawab: 
Untuk vaksin Meningitis, yang adalah jenis vaksin mati (killed vaccine) http://selukbelukvaksin.com/jenis-dan-macam-vaksin/, maka pemberian vaksin ini sebelum hamil, tidak ada efek pada janin.
Berikut ini website tentang vaksin yang boleh dan tidak boleh diberikan untuk wanita hamil, bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/vaksin-untuk-wanita-hamil-vaccines-for-pregnant-woman/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
5. Pertanyaan: Umur Berapa Untuk Dosis Pertama Vaksin Rotavirus ?  
  • Siang dok…
    Saya mau tanya anak saya sudah 18 minggu. imunisasi rotavirus (rotateq) untuk dosis yg pertama max umur 14 minggu+6 hari.apakah anak saya masih bisa di imunisasi ? Klo bisa apakah nanti ada efek sampinya atau tidak dok? Terima kasih…
Jawab: 
Kalau menurut jadwal imunisasi IDAI, maka vaksin Rotavirus itu mulai kita berikan sejak bayi berusia 2 bulan, kemudian usia 4 bulan (vaksin Rotarix dan RotaTeq)) dan usia 6 bulan (vaksin RotaTeq), seperti website ini
Karena waktu untuk pemberian dosis pertama telah dilewati, maka anda bisa berikan dosis yang ke2 saat bayi berusia 4 bulan dan berikan lagi dosis ke3 pada saat usia 6 bulan. Untuk ini anda harus pakai jenis vaksin RotaTeq yang terdiri 3 dosis lengkap.
Meskipun dosis pertama tidak diberikkan, namun dengan pemberian 2 dosis sisanya, diharapkan bayi anda akan mendapatkan daya proteksi yang optimal juga seperti bayi yang mendapat 3 dosis lengkap.
Kemudian ditambah dengan gaya hidup sehat, maka kemungkinan terinfeksi virus Rota ini akan sangat kecil,
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan: Jadwal Imunisasi Vaksin Hexaxim Untuk Bayi 
  • Malam dok. Saya mau tanya jarak pemberian vaksin hexasim brp lama ya? Soalnya anak saya vaksin hexasimnya 1 bulan 1 x.. thx
Jawab:  
Menurut jadwal imunisasi rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan brochure pabrik pembuatan vaksin Hexaxim, maka jadwal imunisasi vaksin jenis ini adalah pada bayi mulai berusia 2 bulan (dosis ke 1), lalu usia 4 bulan (dosis ke 2) dan usia 6 bulan (dosis ke 3).
Jadwal interval waktu ini ditentukan berdasarkan hasil kajian uji klinik vaksin dan reaksi optimal sistim imunologi tubuh bayi, jadi bukan ditentukan semau kita, sehingga kita patut mengikuti jadwal interval yang dianjurkan oleh pihak2 yang kompeten, dengan tujuan mendapatkan hasil  imunisasi yang optimal.
Detail jadwal imunisasi dan perbedaan vaksin Hexaxim bisa anda baca dan simak di website2 dibawah ini :
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
7. Pertanyaan: Dokter Tidak Mengacuhkan Jadwal Imunisasi Vaksin Hexavalent, Dalam Tiga Bulan Telah Memberikan Imunisasi Lengkap (Ngebut), Apakah Ada Efek Samping ? Apa Imuniasi Harus Diulang ?
  • Jadi gmn dok . Anak saya.bln ini sdh 4 bulan uda di vaksin 3 x hexasimny..  ada pengaruh ke baby nya dok? Thx
Jawab: 
Berarti dokter anda telah ngebut memberikan vaksin hexavalent Hexaxim ini 3 dosis penuh hanya dalam jangka waktu 3 bulan saja.
Efek sampingnya mungkin tidak ada, karena hingga saat ini anda tidak menemukan keluhan fisik pada bayi anda.
Yang kita sayangkan adalah hasil imunisasi Hexaxim yang mengandung antigen DTaP Hep. B Hib dan IPV Polio ini, mungkin tidak seoptimal bila jadwal imunisasinya mengikuti anjuran pabrik pembuat vaksin ini, juga sesuai anjuran para ahli pakar imunisasi seperti anjuran IDAI kita, yaitu 2, 4 dan 6 bulan berturut2, bukan setiap bulan seperti yang telah dilakukan.
Karena sudah terlanjur diberikan, yang bisa kita lakukan adalah tidak perlu lagi mengulang pemberian vaksin Hexaxim dengan kandungan 6 jenis antigen penyakit ini, kita harapkan semoga sistim imunologi tubuh bayi anda bisa memberikan reaksi respon yang memadai dan memberikan daya proteksi yang opimal.
Saran saya, lain kali, mbak harus tanya ke dokter bersangkutan bagaimana jadwal interval pemberian suatu vaksin, dan apakah boleh digabung dengan pemberian beberapa jenis vaksin sekaligus dalam satu kali kunjungan.
Detail tentang hal ini bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian penjelasan saya, semoga memuaskan anda.
8. Pertanyaan: Interval Waktu Imunisasi Jenis Vaksin Dalam Satu Kali Kunjungan Ke Dokter. Apakah Vaksin Pentabio Menimbulkan Panas Setelah Imunisasi ? 
  • Sore dok.. Saya mau tanya.. Anak saya sekarang usia 2bln 2minggu.. Tgl 6maret kmrn anak saya imun bcg… Trs di suruh dsa sya tgl 20 maret imun dpt 1… Krn kt dsa sy biar tidak tertinggal jadwal ….yang saya ingin tanyakan
    1. Apakah boleh hanya jedah 2minggu?
    2. Dsa sy menyaran kan pediacel.. Tp krn terbentur budget saya ingin beralih ke pentabio … Tapi sy baca d byk forum… Kl pentabio itu bikin panas ya dok?dan d dlm nya ada kandungan hepatitis b… Sebelum nya anak saya sudah imun hepatitis b pas baru lahir dan usia 1bln… Apakah tidak masalah dok jika saya ganti dengn pentabio…??
    Untuk jawaban nya saya ucapkan trimakasih.
Jawab: 
Dari cerita anda, maka pemberian imunisasi BCG dan DTP dipisahkan oleh dokter vaksinator bayi anda. Dan baru akan diberikan DTP dosis pertamaa pada 20 Maret hari ini.
Sebenarnya, dalam satu kali kunjungan ke dokter, kita bisa dan boleh memberikan 2 jenis vaksin sekaligus, dengan syarat tempat pemberian vaksin itu dilengan atau bagian tubuh yang berlainan.
Kita baru berlakukan interval 2 minggu ini bila kita memisahkan imunisasi 2 jenis vaksin hidup yang dilemahkan.
Detail tentang ini bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Vaksin Pentabio buatan PT Bio Farma Bandung adalah cukup baik, dan tidak semua bayi yang mendapatkan vaksin ini akan mengalami demam.
Untuk mengantisipasinya, anda boleh siapkan obat turun panas dan berikan pada bayi setelah diberikan imunisasi.
Soal dosis vaksin Hepatitis B yang telah diberikan pada saat bayi anda berusia 0 bulan dan satu bulan, dan kandungan vaksin Pentabio juga mengandung vaksin Hepatitis B, sebenarnya ini tidak menjadi masalah, asal nanti dan selanjutnya anda tetap konsisten memakai jenis vaksin Pentabio saja, agar supaya seluruh program imunisasi DTaP Hib Hep B selesai dilaksanakan.
Jangan anda lupa juga berikan vaksin polio untuk bayi anda, karena dalam vaksin Pentabio ini tidak mengandung vaksin Polio. Cukup berikan jenis vaksin OPV yang diminumkan. Jadwal bisa anda baca dan lihat di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – Maret 2017