Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2016

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2016

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

child-giving-teddybear-shot (google free image)

child-giving-teddybear-shot
(google free image)

——————————————————————————————————————–

1. Pertanyaan Terlambat Dari Jadwal Imunisasi, dan Berapa Lama Jarak Interval  Antara 2 Jenis Vaksin Berbeda,  Apa Efek Jeleknya ? 

  • selamat pagi dokter.

Saya mau tanya tentang imunisasi anak saya.Jadwal anak saya imunisasi pentabio seharusnya 30 Nopember 2015,karena lupa baru dilaksanakan 29 Febuari 2016 yang mau saya tanyakan ada efek samping tidak dengan kerlambatan imunisasi tersebut.Satu lagi yang mau saya tanyakan ada efek samping tidak jika anak saya juga ikut PIN Polio yang dilaksanakan bulan Maret ini  karena jarak imunisasi belum ada 1 bulan .Terimakasih atas perhatiannya.

Jawab: 

Sayang tidak anda sebutkan ini imunisasi vaksin Pentabio dosis yang keberapa, tetapi ini tidak menghalangi saya untuk memberi penjelasan untuk pertanyaan anda.
.

Jadwal lengkap imunisasi vaksin Pentabio (PT. Bio Farma, Indonesia), adalah 3 dosis, dengan jadwal imunisasi dosis ke 1 pada saat bayi berusia minimal sudah 6 minggu, kemudian dosis ke 2 dan ke 3 itu masing2 iinterval 4 minggu dari dosis sebelumnya.

Dalam kasus bayi anda seharusnya diberikan Pentabio 30 Nov 2015, namun karena lupa baru 29 Feb 2016 diberikan Pentabio ini.

Dalam hal ini tidak menjadi masalah, juga tidak ada efek samping yang anda risaukan. Karena interval antara dosis vaksin Pentabio ini memang adalah minimal 4 minggu, sehingga bila lebih dari itu tentu bukan hal yang mengkhawatirkan.

Kandungan antigen dalam vaksin Pentabio adalah DTaP Hep B dan Hib, tidak mengandung vaksin Polio, jadi kalau bayi anda mau diikutkan dalam PIN Polio di bulan Maret 2016, ini memang tindakan yang tepat.

Sebenarnya, anda bisa memberikan vaksin Pentabio bersamaan dengan vaksin Polio juga, tidak diperlukan jedah waktu antara pemberian kedua jenis vaksin ini.

Tidak ada efek samping yang perlu anda risaukan.

Detail imunisasi dan jedah waktu / interval waktu antara 2 jenis vaksin yang berbeda, bisa anda baca di:

http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/

Demikian keterangan dan penjelasan untuk pertanyaan anda. Semoga membantu.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com 

2. Pertanyaan Apakah Boleh Mengganti Merek Vaksin Selama Proses Imunisasi Berlangsung ?

  • Selamat siang dokter leo,saya mau tanya,apakah boleh beralih vaksin dari pediacel ke pentabio? Anak saya sudah di vaksin pediacel 1 dan 2,nah skrg pediacel lg kosong nasional… apa tidak apa2 diberikan pentabio yg brarti polio nya dr injeksi beralih ke oral? Apakah ada pengaruhnya?
    Terima kasih dok…
Jawab: 
Memang ini salah satu masalah yang sering kita hadapi yaitu kelangsungan dari imunisasi dengan satu brand vaksin yang terpaksa kita ganti dengan brand vaksin yang lain.

Karena masing2 pembuat vaksin ini berbeda dalam proses pembuatan juga berbeda komposisi dan zat pelengkapnya, sehingga seringkali memberikan reaksi yang berbeda dari sistim imunologi tubuh kita, dan akan mempengaruhi jumlah antibody yang dihasilkan, dan mempengaruhi tingkat efektifitas vaksin terhadap daya proteksi melawan penyakit yang ingin kita dicegah.

Atas dasar ini kita selalu menganjurkan tetap memakai brand vaksin yang sama hingga selesai program imunisasi untuk suatu jenis vaksin, misalnya vaksin DTaP ini.

Tetapi bila memang keadaan sangat terpaksa, misalnya jenis vaksin yang kita pakai sedang vakum dan tidak tahu berapa lama keadaan vakum ini akan berlangsung, sedangkan kita kuatir kemungkinan bayi kita akan terinfeksi dengan penyakit yang sedang beredar saat ini, maka untuk keadaan demikian kita bisa membenarkan penggantian brand vaksin ke brand vaksin yang tersedia saat ini.

Untuk jenis vaksin yang tak tersedia dalam brand vaksin kombo yang kita gantikan, maka kita boleh suntikkan vaksin itu secara terpisah, bisa diberikan bersamaan dengan pemberian vaksin kombo yang telah kita gantikan itu.

Dalam kasus bayi anda, penggantian jenis brand vaksin kombo ini pada dosis yang ke3, berarti tidak akan ada pengaruh buruk terhadap reaksi respon tubuh terhadap penggantian brand vaksin yang berbeda dari brand vaksin sebelumnya. Tinggal  anda tambahkan vaksin polio yang tidak terdapat dalam vaksin kombo Pentabio ini saja.

Pertanyaan yang mirip bisa dibaca di http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-january-2016/
Demikian keterangan dan semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

 

 

3. Pertanyaan Berapa Usia Tepat Buat Imunisasi Vaksin Rotavirus Untuk Mengatasi Masalah Diare Bayi ? 

 

  • Assalamu alaikum,mau nanya apa masih bisa anak saya yg umur 8 bln lebih mendapatkan imunisasi rotareq….sedang dia 3 bulan trakhir ini diare setiap blnnya dan pernah dirawat dirmah sakit….makasih sebelumx

 

 

Jawab:  

 

Ini saya kutipkan jadwal imunisasi vaksin Rotavirus, baik itu vaksin jenis Rotarix juga jenis vaksin RotaTeq, sebagai berikut ini :

 

Jadwal Vaksinasi Untuk RotaRiq dan Rotatex :

Usia minimal bayi untuk dosis pertama adalah waktu berusia 6 minggu (RotaTeq dan Rotarix)

Usia maksimal untuk dosis pertama adalah waktu berusia 14 minggu + 6 hari (RotaTeq dan Rotarix)

Usia untuk dosis ke 2 adalah sebelum berusia > 24 minggu (RotaTeq dan Rotarix)

Usia maksimal untuk dosis terakhir adalah waktu berusia 8 bulan + 0 hari. (RotaTeq)

Minimal interval antara dosis vaksin adalah 4 minggu
(lihat di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rotavirus-jenis-vaksin-rotavirus-dan-jadwal-imunisasi/ )
Jadi untuk bayi anda yang telah melewati usia 8 bulan plus sekian hari ini, sudah tidak masuk dalam cakupan usia maksimum yang dianjurkan untuk vaksin RotaTeq ini.
Mungkin salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi masalah diare bayi anda adalah dengan memperhatikan kebersihan bahan makanan minuman bayi juga kebersihan alat makan minum bayi.
Juga perhatikan kebersihan lingkungan hidup anda, seperti adanya lalat atau kacoa, dll serangga, juga makanan dan minuman yang selalu tertutup dan disajikan dengan panas.
Semoga ini akan membantu untuk mengatasi masalah diare bayi anda ini.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
4. Pertanyaan Mengajukan Jadwal Imunisasi, Apakah Ada Efek Buruk ?  
  • Dok. Sy mau tanya ada gak efek sampingnya jika jarak pemberian vaksin polio 4 dengan OPV lebih cepat 2 minggu? Contoh kasus anak sy : umur 11 bulan. Polio 4 (22/2/2016) sedangkan PiN polio Opv (10/3/2016) jd jaraknya hanya 2 minggu sedangkan saran yg dianjurkan minimal 4 minggu. Terima kasih sebelumnya dan mohon penjelasannya
Jawab:   

Kalau menurut jadwal imunisasi rekomendasi dari IDAI, jadwal imunisasi polio adalah interval 2 bulan atau 8 minggu, interval waktu ini adalah hasil uji klinik yang dilakukan para ahlinya dan pabrik pembuat vaksin polio ini untuk memperoleh hasil yang optimal. (lihat di http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/ )

Tapi kalau waktunya dipercepat seperti yang anda alami ini, hal ini tidak berpengaruh buruk juga, hanya hasilnya mungkin ada beda dengan kalau kita lakukan mengikuti jadwal yang dianjurkan.

Kadang2 percepatan jadwal imunisasi ini kita majukan untuk mengejar waktu, misalnya karena segera harus berangkat kesuatu daerah atau karena hal yang lain. Tidak ada hal negatif yang dikuatirkan kalau jadwal diajukan lebih cepat.

Demikian keterangan untuk pertanyaan anda diatas. Semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniaawan

www.selukbelukvaksin.com

5. Pertanyaan Karena Kekosongan Vaksin Merek Tertentu, Apakah Boleh Diganti Vaksin Sejenis Dari Merek (Juga Pabrik Pembuat Vaksin) Yang Lain ?
  • dok sya mau tanya tntang imnssi anak sy,  pertma imnssi d.Spa umr 1bln imnssi HpBII tgl 10-11-15 , umur 2bln BCG tgl 28-11-15 , umur 3bln DPT polio 1 tgl 23-12-15,  umur 4bulan Hib I tgl 20-1-16 , nah shrus ny tgl 23-02-16 DPT ttpi saat k.tmpat d.Spa kta dokter ny obat ny lg kosong kmngkinan 1mnggu lbih baru ad , singkat cerita akhir ny k.puskesmas untk m.dptkn imnssi DPT yg shrus ny tgl 23-02-16.. Stlah sy smpai d.psksmas bidan pun mnanyakan,  krn tulisan dkter sulit d.bca oleh bidan akhir ny sy d.suruh nmuin dokter Spa yg imnssi ank sy sblm ny mnanyakan imnssi ap yg shrus ny d.berikan, krn kta bidan imnssi Dpt d psksmas jdi satu sama HIB (pentabio) sdgkn d.Spa misah2,  akhir ny sy kmbli lg ke psksmas stlh mnanyakan k.Spa yg lg prktek d.RSU , dn kta ny ga papa d.kasih aja , d.suntik lah anak sy dgn catatan d.buku imnssi ank sy Pentabio 1 polio 2. Sy bngung apakah imnssi anak sy nnti ny klbihan krna mngingat pentabio masih ad 2 lagi yg hrs d.suntik kn stlah it baru Campak
Jawab: 
Memang kalau bisa, sangat dianjurkan dalam imunisasi itu, kita tetap mempergunakan jenis vaksin yang sama, sejak awal hingga selesai program imunisasinya.
Ini adalah berdasarkan banyak pertimbangan ilmiah mengapa kita dianjurkan untuk tetap memakai jenis vaksin yang sama (merek dan dari pabrik pembuat vaksin yang sama)
Hal ini sudah sering kita bahas dalam tanya jaawab tentang masalah vaksin dan imunisasi di http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-march-2016/
Solusi bagi masalah anda adalah: untuk membuat masalah menjadi gampang dan juga tidak menyalahi ajuran para pakar untuk mendapatkan efek proteksi vaksin yang optimal, adalah ikuti saja jadwal imunisasi vaksin Pentabio ini yang sudah anda pakai saat ini.
Hanya diingat bahwa kandungan dalam vaksin kombinasi Pentabio itu tidak mengandung vaksin Polio, dalam vaksin Pentabio ini hanya ada DTaP Hep B Hib saja, sehingga anda perlu mengusahakan vaksin polio tersendiri bagi bayi anda, sesuai jadwal imunisasi vaksin polio yang dianjurkan para ahlinya.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan Interval Waktu Antara 2 Jenis Vaksin Hidup Yang Dilemahkan (Live Attenuated Virus Vaccines) Yang Tidak Diberikan Bersamaan Dalam Satu Kali  Kunjungan  
  • Selamat sore pak dokter, saya mau tanya pak,soalnya saya bingung,tgl 10maret anak sy ikut pin polio tetes,trus tgl 28maret jadwal imunisasi campak,boleh ndag imunisasi campak di tgl 28maret,atau hrus menunggu 4minggu,mohon penjelasannya pak dokter
Jawab: 
Menjawab pertanyaan anda tentang vaksin MMR.
Vaksin MMR adalah vaksin virus hidup yang telah dilemahkan atau sering kita sebut Live Attenuated Virus Vaccine.
Dalam sekali kunjungan imunisasi, kita boleh memberikan 2 jenis vaksin hidup sekaligus, misalnya vaksin MMR dan vaksin Rotavirus atau vaksin Polio OPV dan sejenisnya.
Detail interval waktu bisa anda baca dan simak Catatan tambahan Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan
Namun interval waktu 4 minggu ini tidak berlaku bila yang kita berikan adalah vaksin hidup yang diberikan secara oral, misalnya OPV yang oral dengan vaksin MMR yang injeksi.
Tentang Vaksin Campak.
Ada jenis vaksin campak (measles) tunggal, tetapi juga ada yang vaksin campak kombinasi yang telah digabungkan dengan vaksin gondongan dan campak Jerman yang kita sebut vaksin MMR.
Ini adalah vaksin virus hidup yang telah dilemahkan atau Live Attenuated Virus Vaccine.
Semoga ini sudah menjawab pertanyaan anda ya.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
7. Pertanyaan Obat Apa Saja Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Imunisasi Vaksin Meningitis ? Vaksin Apa Saja Wajib Untuk Wanita Hamil ?  
  • Selamat pagi dok
    Saya mau menanyakan jenis2x golongan obat apa saja yang tidak boleh di konsumsi setelah disuntik vaksin  meningitis ? Dan untuk berapa lama…
    Oh Iya Ada yg bilang wanita hamil boleh disuntik vaksin meningitis , tetapi klo wanita usia subur harus melakukan test pack, Dan klo positif tidak boleh disuntik meningitis…
    Jadi yang boleh untuk trimester berapa ya dok….
    Terimakasih banyak….
Jawab: 
Banyak vaksin yang kita anjurkan bagi wanita hamil.
Ada yang harus sudah diberikan sebelum wanita itu menjadi hamil, misalnya vaksin MMR, yang harus diberikan minimal 1 bulan sebelum ia menjadi hamil, dan tidak kita berikan lagi setelah positif hamil.
Juga vaksin Varicela, Hepatitis B, HPV dan lainnya
Ada juga vaksin yang boleh kita berikan sepanjang kehamilan berlangsung atau setelah kehamilan telah selesai
Sepengetaahuan saya, tidak ada obat2 yang dilarang setelah kita memberikan imunisasi meningitis.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
8. Pertanyaan Vaksin Apa Yang Diperlukan Untuk Bayi Yang Akan Ikut Umroh ? 
  • dokter,, saya ingin bertanya, sebulan lagi saya akan mengajak anak saya 20 bulan, untuk umroh, saya sudah mendapatkan vaksin menveo acyw-35, namun untuk anak saya 20 bulan, tidak diberikan vaksinasi karena kurang dari 2 tahun..
    sebelumnya anak saya sudah divaksinsi pentavalent pada januari lalu, dokter menuliskan pada buku kuning sudah diimunisasi HiB, lalu dokter, apakah masih ada vaksinasi yang perlu saya tambahkan untuk anak saya? misalnya pcv13? terimakasih banyak dokter,,,
Jawab: 
Vaksin meningitis baru kita berikan pada anak remaja usia 11 tahun keatas. http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-bayi-hingga-anak-remaja-usia-18-tahun-versi-us-cdc/
PCV13 sudah kita berikan saat bayi berusia 2 bulan dengan jadwal 2, 4 dan 6 bulan. dan terrakhiir saat berusia 12 hingga 15 bulan.
Sedangkan untuk bayi anda yang sudah berusia 20 bulan, karena tidak ada riwayat vaksinasinya, maka sesuai rekomendasi IDAI, cukup berikan 1 dosis dulu dan dosis booster diberikan pada waktu interval 2 bulan dari dosis yang pertama tadi.
Demikian keterangan untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
9. Pertanyaan Bagaimana Mengatur Pemberian Vaksin Campak Monovalent dan Vaksin Campak Kombinasi MMR, Karena Usia Minimal Kedua Jenis Vaksin Ini Berbeda ?
  • Terimakasih ya pak dokter atas penjelasannya,berarti boleh ya pak tetep ditanggal 28maret,soalnya tgl 14maret anak sy sudah 9bln,kalau yg vaksin campak yg buat 9bln ini termasuk yg tungggal it ya pak
Jawab:  
Vaksin campak tunggal jadwal pemberiannya pada saat bayi berusia 9 bulan, kita perlu mengulang dosis ke 2 pada saat bayi berusia 24 bulan dan dosis terakhir pada usia 6 tahun.

Vaksin campak kombinasi MMR sudah bisa kita berikan saat bayi telah berusia 12 – 15 bulan, dan dosis ke 2 MMR saat anak berusia 4 – 6 tahun.
Catatan :
Bila kita berikan dosis ke 1 MMR pada bayi saat berusia 12 – 15 bulan, maka dosis ke 2 vaksin campak tunggal yang seharusnya kita berikan pada waktu bayi berusia 24 bulan, sudah tidak perlu kita berikan lagi.
Demikian keterangan untuk pemakaian vaksin campak tunggal dan vaksin kombinasi MMR (measles mumps rubella).
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
10. Pertanyaan Karena Kekosongan Vaksin, Apakah Boleh Beralih Ke Vaksin Pabrik Lain ?
  • Saya ingin menanyakan mengenai vaksin pediacel yg sdg kosong nasional. Bayi saya sudah vaksin pediacel 1. Nah bulan april rencana nya vaksin pediacel yang ke 2. Tp pediacel sedang kosong dok. Ada dsa yg mengajurkan beralih ke pentabio. Tp bukan kah pentabio mengandung vaksin hepatitis. Apakah nanti bayi sy akan kelebihan vaksin hepatitis dok? Seandainya saya beralih ke pentabio, untuk dosis ke 3 nya berarti interval 1bulan kemudian ya? Ada jg dsa yg menyarankan menggunakan vaksin DPt tunggal (tripacel) , HiB tunggal (hiberix) dan polio tetes (biofarma). Namun vaksin hib tunggal jg sedang kosong. Sy bingung sebaiknya bagaimana ya dok.  Sy jg belum vaksin rotarix 2 dan belum vaksin IPD. Mohon saran dari dokter. Terima kasih dok.
Jawab: 
Kayaknya banyak vaksin yang sedang mengalami kekosongan nih.
Hal ini sering membuat kita menjadi kuatir bahwa jadwal imunisasi bayi kita yang akan menjadi kacau.
Sementara kalau kita beralih ke vaksin sejenis tapi dari pabrik yang lain, ada kemungkinan masalah kompatibility dan respons sistim imunologi tubuh kita terhadap jenis vaksin yang berbeda pabrik pembuatnya.
Saran saya, bila yakin bahwa kekosongan ini tidak akan lebih lama dari 2 bulan, mungkin ada baiknya ditunggu saja, apalagi kalau bayi kita sudah pernah diberikan 2 dosis dengan brand yang sama, jadi tinggal 1 dosis lagi yang kita tunggu.
Tapi seandainya tidak ketahui kepastiannya, lebih baik kita beralih saja ke vaksin yang mirip2 meskipun dari pabrik pembuat vaksin yang lain.
Lebih baik anda tetap memakai vaksin jenis kombinasi, misalnya anda beralih ke jenis Pentabio daripada DTP dan kemudian harus tambah suntikan jenis vaksin Hib, polio, hepatitis B dll. Ini menjadi ribet dan menambah biaya dan waktu, juga kemungkinan terjadinya KIPI pada bayi kita.
Kalau anda beralih ke Pentabio, akan ada kelebihan vaksin Hepatitis B untuk bayi anda, kelebihan vaksin ini bukan masalah dalam imunisasi, bukan seperti over dosis obat farmasi yang kita ketahui.
Hal ini sudah sering kita bahas dalam tanya jawab vaksin dan imunisasi, anda bisa membaca dan menyimaknya  di http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-march-2016/
Kalau anda beralih ke Pentabio, maka jadwal untuk dosis berikut adalah minimal 4 minggu kemudian dari dosis Pentabio yang terakhir.
Demikian saran saya untuk anda, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
11. Pertanyaan Apakah Vaksin HIB Sama Dengan Vaksin PCV ? 
Bagaimana Jadwal Vaksin PCV Bila Terlambat Tidak Sesuai Jadwal Anjuran Imunisasi ?  
  • Selamat Siang Dok,
    Saya mau bertanya, anak saya sekarang usianya 7 bulan 1 minggu (lahir 14 agt 2015).  Dari awal imunisasi pcv, anak saya memang sudah terlambat dari jadwal IDAI, pcv 1 ketika dia usia 3,5 bulan, pcv 2 usia 5,5 bulan. Pertanyaan saya adalah apakah tidak apa-apa apabila saya tidak melanjutkan pcv  anak saya (pcv 3 dan 4 nya) karena selalu terlambat dari jadwal, sehingga saya khawatir tidak efektif lagi. Selain itu dari yang saya baca ternyata fungsi vaksin pcv ini hampir sama dengan hib, oleh karenanya saya jadi ragu untuk melanjutkan. Mohon saran dan pencerahannya Dok. Terima kasih

Jawab: 

Pertama yang ingin saya koreksi adalah bahwa vaksin Hib TIDAK SAMA dengan vaksin PVC, karena kedua jenis vaksin ini adalah untuk menangkal kuman penyebab penyakit pneumonia yang berbeda.
Vaksin Hib untuk  menangkal  penyakit pneuminia karena kuman Haemophilus Influenza Type B, sedangkan vaksin PCV adalah untuk menangkal kuman Pneumococcus yang juga dapat menyebabkan penyakit pneumonia.
Jadi jangan salah kaprah bahwa kegunaan vaksin Hib adalah sama dengan vaksin PCV.
Penyakit pneumonianya yang mungkin sama, tetapi penyebabnya yang BERBEDA. Sehingga kita memerlukan jenis vaksin yang juga berbeda.
Jadwal Imunisasi vaksin PCV:
Seperti yang kita ketahui bahwa jadwal imunisasi PCV adalah pada usia 2 bulan, 4 dan 6 bulan dan dosis ke 4 pada usia 12 – 15 bulan. (http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/)
Dalam kasus bayi anda yang “selalu terlambat” 1.5 bulan dari jadwal yang direkomendasikan, saya anjurkan tetap diberikan dosis yang ke3 pada saat ini, karena terlambat 1.5 bulan dari jadwal itu bukan masalah apa2, tidak akan mempengaruhi efektifitas daya proteksi vaksin PCV ini.
Ada ketentuan begini :
  • Bila saja anda memberikan vaksin PCV ini saat bayi anda berusia antara 7 – 12 bulan, maka anda cukup berikan 2 dosis saja, dengan interval waktu 2 bulan antara kedua dosis vaksin.
  • Bila sudah berusia > 1 tahun, berikan vaksin PCV cukup 1 x saja. Namun perlu dosis booster pada waktu usia > 1 tahun atau beri interval waktu 2 bulan dari dosis PCV yang terakhir
  •  Atau bila usia > 2 tahun, maka bayi anda ini cukup diberikan 1 x vaksinasi PCV saja tanpa booster lagi
Detail bisa anda baca di  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian saran saya untuk anda tentang kelanjutan vaksin PCV ini, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

Vaccine  Saves  Lives !

tags: , , , , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2016