Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2014

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2014

 

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

 

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

 

Salam,

 

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

 

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

 

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas.

_____________________________________________________________________________________

Pertanyaan Tentang Vaksin Varicella dan Herpes Zoster

  • selamat siang pak dok..kalo cacar ular gitu d vaksin nya ketika umur kita udah besar kaya saya ini umur 28th gak apa2 dok atau hrs dr bayi?apakah d puskesmas ada vaksin nya atau harus ke dokter dsa (klo anak)? kebetulan saya ga bisa klik link nya krn keterbatasan tipe hp terimakasih sebelumnya

Jawab: Vaksin untuk herpes zoster dianjurkan untuk mereka yang berusia lanjut, yaitu 60 tahun atau lebih (sesuai anjuran US CDC), sedangkan vaksin varicella mulai diberikan pada bayi berusia >12 bulan.

Sayangnya vaksin untuk herpes zoster itu di Indonesia belum ada (ada sumber yang mengatakan akan tersedia tahun 2014 ini).

Karena kandungan antigennya sama baik vaksin varicella juga vaksin untuk herpes zoster, maka bisa diberikan vaksin varicella untuk mencegah herpes zoster ini. Vaksin varicella tersedia di Puskesmas juga di DSA.

 

Pertanyaan Tentang vaksin yang Over Dosis

  • Selamat pagi dr. Leo kurniawan, Mohon bantuannya dok, bagaimana jika anak sy terlanjur diberi pediacel 4 kali, apa dampaknya? Skrg sy sgt khawatir skali, mengenai efek jangka pnjng dan pendeknya jk mmg ada hal yg tdk baik, mhn pencerahannya dok, terima kasih byk sebelumnya,

Jawab:  Selamat Siang Bu, Sayang kalau vaksin Pediacel diberikan sampai 4 kali dari jadwal seharusnya yang 3 kali (4 kali kalau ditambah booster 1 kali nanti), karena harga vaksinnya yang lumayan mahal ya bu.

Kalau bahaya atau efek samping yang jelek2 sih tidak ada, karena untuk vaksin tidak berlaku cerita over dosis seperti kalau kita memberi obat, tentang hal ini ibu bisa baca di website tentang vaksin, misalnya di www.selukbelukvaksin.com di bagian Tanya jawab vaksin dan vaksinasi. (Maaf saya tidak ingat di bulan apa kita menyinggung masalah ini, silahkan Ibu cari disana) .

Sekian, semoga menjawab pertanyaan dan menghilangkan keragu raguan ibu.

 

Pertanyaan Vaksin MMR dan Autisme Bayi

  • Dokter mohon bantu penjelasannya.

Anak sy sdh berusia 15m 5d. sy ada niat mau imun MMR. Sy yakin tidak ada hubunganny antara MMR dengan autis seperti artikel artikel yg merebak. hanya saja sy ingin tanyakan apakah untuk imun mmr harus sudah bisa bicara minimal 1kata?

jika belum di khawatirkan dia akan mengalami speech delay. emang seperti itu dokter?  anak sy belum bisa bilang 1 kata jelas gt. cm kata ngga aja andalannya dia.  terima kasih atas jawabanny

 

Jawab: Tentang pertanyaan Anda diatas, jawabnya adalah sebagai berikut :

Vaksin MMR dosis pertama kita berikan waktu bayi telah mencapai usia 15 bulan, tetapi bukan menunggu hingga bayi telah bisa berbicara, minimal satu kata, baru diberikan vaksinasi MMR, seperti yang mbak sampaikan.

Karena penundaan pemberian vaksinasi, termasuk vaksin MMR, akan memaparkan bayi dengan bahaya terinfeksi dan menjadi sakit dengan segala akibatnya.

Seperti yang kita ketahui, dan juga dibuktikan dengan banyak penelitian ilmiah, bahwa vaksin MMR tidak ada hubungan sebab akibat dengan kejadian Autisme bayi. (http://selukbelukvaksin.com/kontroversi-vaksin-mmr/)

Untuk semua jenis vaksinasi, syarat pertama dan utama adalah: bayi harus sehat, tidak sedang menderita sakit yang berarti, karena vaksinasi bukan hal yang urgent yang harus segera dilakukan.
Kita boleh menunda vaksinasi dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama dari usia vaksinasi yang dianjurkan, dengan alasan medis yang jelas.

Semoga ini menjawab pertanyaan mbak.

 

Pertanyaan Tentang Vaksin Pneumo Polisacharide atau PCV jenis Conjugate

 

  • Dok,sebelumnya dokter pernah bilang kalo diatas 2 th kl mau vaksin pcv cukup dengan 1 dosis pneumo23..dan ketika saya komentar di status temen,ada seorang DSA yang bilang kl itu buat lansia. Saya jadi bingung,apa saya salah tangkap maksud dokter? Jadi sebaiknya kalo mau vaksin pcv utk anak usia 2,5 tahun pake vaksin apa dok?

Jawab:Vaksin pneumo polysacharide yang dikenal sebagai vaksin Pneumo23 adalah vaksin yang diberikan anak mulai usia > 2 tahun hingga dewasa dan orang usia lanjut.

Sedangkan yang PCV yang jenis conjugate khusus untuk bayi yang usia < 2 tahun.

Jenis yang PCV ini khusus untuk bayi dan anak berusia < 2 tahun. Karena sistim imunologi bayi <2 tahun dianggap belum berkembang sempurna, sehingga respons terhadap imunisasi kurang baik bila diberikan vaksin yang jenis polisacharide seperti Pneumo23.

Kita bisa berikan jenis PCV untuk anak diatas 2 tahun, namun karena harga jenis PCV conjugate ini lebih mahal, sehingga kita bisa memilih jenis yang polisacharide dengan harga yang lebih terjangkau dan hasil yang cukup baik.

 

Pertanyaan Seputar Vaksinasi

  • Malam dok…sy mau tanya untuk desinfeksi saat vaksinasi g boleh pake alkohol krn bisa menghilangkan efek vaksin.benar g dok?makasih

Jawab: Sepengetahuan kami, juga yang selalu saya dan rekan2 dokter kolega saya, semuanya melakukan desinfeksi dengan alkohol swab dengan konsentrasi alkohol yang 70%, dan sejauh ini tidak ada masalah tentang efektifitas  dari vaksin yang kita berikan.

Karena vaksin itu disuntikkan kedalam jaringan otot atau jaringan bawah kulit, tidak ada kontak dengan cairan alkohol yang ada dipemukaan kulit, dimana jarum ditusukkan kedalam, sehingga tidak terjadi efek pengrusakan vaksin oleh alkohol.

Dan jumlah alkohol yang dipakai dalam kapas atau swab juga tidak berlebihan, hanya cukup membasahi untuk membersihkan kulit sekitar tempat suntikan saja, tetapi permukaan kulit tidak sampai basah kuyup.

Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda, semoga memuaskan.

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , , , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – March 2014