Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – June 2014

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – June 2014

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas.

——————————————————————————————————————————————————

Pertanyaan Vaksin Kombinasi

  • Siang bunda dan admin, mw nanya ne Rabu kmrn anak saya yg berumur 2 bulan imun, disuntik kan pediacel kata nya uda meliputi polio, dtp dan hib, benar ga? Terus, pnemokokus nya uda masuk ga ya? Soalnya kmrn pas dijelaskan kurang ngeh. Makasi

Jawab:

Pediacel adalah nama dagang vaksin kombinasi 5 in one yang mengandung 5 jenis vaksin dalam satu kali suntik. Vaksin yang terkandung dalam Pediacel ini adalah vaksin DTaP (3 jenis vaksin), kemudian masih ada vaksin Hib (haemophilus influenzae type B) dan vaksin Polio yang telah dimatikan virus antigen polio nya. Jadwal pemberian vaksin Pediacel ini adalah saat bayi berusia 2 bulan (dosis 1), usia 4 bulan (dosis ke2) dan usia 6 bulan (dosis ke3). Dan dosis ke4 saat telah berusia 15 – 18 bulan.

Vaksin pneumonia seperti PCV tidak termasuk dalam jenis vaksin kombinasi Pediacel ini. Harus diberikan terpisah

Pertanyaan Tentang Vaksin Tdap

Yth Dr Leo,

 

Selamat malam, doc.  Saya mendapatkan nama dokter dari laman vaksin di google.

 

Mohon informasi dari dokter untuk vaksin TDAP untuk dewasa bisa dilakukan dimana ya?  saya sudah menghubungi dua rumah sakit, yaitu Carolus dan Bethsaida tetapi mereka tidak tahu mengenai vaksin TDAP untuk dewasa.  menurut mereka ini hanya untuk anak2.

 

Info dari dokter saya tunggu, untuk itu sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

salam,

 

Melanie Widjaja

Jawab:

Yth. mbak Melanie,

Maaf saya tidak menghubungi Anda segera setelah membaca pertanyaan Anda.
Karena saya mencoba mencari keterangan tentang status pendaftaran vaksin Tdap yang dipergunakan untuk orang dewasa.

Setahu saya vaksin ini pernah didaftarkan oleh perusahaan Perancis Sanofi Aventis, yaitu oleh Sanofi Pasteur Divisi Vaksin, ke Badan POM RI pada tahun 2010 atau sekitar tahun itu, namun saya juga tidak tahu hasil akhirnya bagaimana dengan nasib vaksin tersebut. Apakah sudah lolos uji evaluasi dan boleh beredar di pasaran vaksin Indonesia.

Vaksin Tdap memang ada dan khusus di indikasikan untuk orang dewasa dan orang tua.

Saya akan mencoba mencari tahu informasi tentang vaksin Tdap ini dan akan menghubungi Anda kembali bila telah ada beitanya.

Sekian dan salam,

  • Dear dokter Leo: Terima kasih untuk email-nya.  Saya bulan depan akan ke Melbourne untuk mendampingi anak saya yang akan melahirkan anak pertama.  Oleh anak saya, saya diminta vaksin rubella (sudah saya lakukan minggu yang lalu); vaksin influenza (akan saya lakukan minggu depan); dan vaksin pertusis.  Saya sudah tanya di dua RS besar yaitu Carolus dan Bethsaida (RS baru di Gading Serpong) tetapi dua2nya tidak tahu mengenai TDAP.  Menurut dokter di sana, yang ada DPT untuk anak2.Mudah2an dari dokter Leo ada informasi tentang TDAP ini. terima kasih dan salam,

 

Jawab:

Saya sudah mendapat jawaban dan kabar dari sumber yang bisa dipercaya, bahwa vaksin Tdap yang didaftarkan oleh perusahaan Prancis di Indonesia, memang tidak jadi di import ke Indonesia, sehingga memang tidak akan ada vaksin ini di market vaksin Indonesia.

Banyak dokter anak apalagi rumah sakit yang tidak jelas atau tidak mengetahui tentang vaksin Tdap untuk orang dewasa dan usia lanjut, sehingga hanya bisa jawab bahwa vaksin DTaP adalah untuk anak dan bayi saja.

Kalau mbak Melanie akan ke Australia, dengan gampang mbak akan mendapatkan vaksin Tdap ini disana, karena diluar negeri, termasuk Australia, vaksinasi pertusis untuk orang dewasa dan orang tua memang menjadi salah satu program vaksinasi untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit pertusis ke bayi atau infant yang belum tiba saatnya untuk diberikan vaksin DTP (DTaP atau DTwP) untuk mencegah dan melawan penyakit Pertusis.

Bayi baru mendapatkan vaksinasi DTP (DTaP atau DTwP) sejak berusia 2 bulan dan seterusnya.
Dengan membuat orang tua dan mereka yang ada dilingkungan sekitar infant menjadi kebal, maka diharapkan bayi atau infant ini bisa mendapatkan proteksi terhadap penyakit ini (terbentuknya keadaan herd immunity dan ini yang disebut program Cocoon Strategy)

Silahkan mbak Melanie baca di website ini tentang vaksin Tdap untuk orang dewasa dan orang tua dilingkungan keluarga dengan bayi atau infant yang belum tiba waktunya untuk vaksinasi DTP, namun rentan tertular pertusis… http://selukbelukvaksin.com/vaksin-dtp-vaksinasi-pertusis-bagi-orang-dewasa/

Salam dan semoga sehat selalu !

Vaccine Saves Lives !

tags: , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – June 2014