Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2016

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2016

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Vaccine Still Don't Cause Autism

Voice for Vaccines

——————————————————————————————————————–

 

  1. Pertanyaan Bagaimana Memilih Vaksin Penta Valent Kombinasi (Pediacel dan Pentabio) ? Apa Kandungan Vaksin Polio Oral (OPV), Karena Setelah Diberi Vaksin Polio Oral Ini, Anak Menjadi Panas  ?  

 

  • Dok, saya mau tanya… anak saya umur 5 bln,, kmren pas umur 2 bln anak saya vaksin combo pediacel yg ke 1,,, karna dokter langganan saya vaksin nya mahal, dan claim asuransi keluarnya lama? jd saya memutuskan untuk vaksin combo yg ke 2 di RS aja biar gratis.. ternyata saya salah blg ke dokter,, sya blg combo 2 sudah, jd kmren dia beri vaksin HIB dan polio 3.. Nah kebetulan vaksin pediacel di RS tersebut lg kosong, jd vasin pecah… kmren hib (hiberix) dan polio nya tetes, polio gk tau merk apa, sepertinya sdh bekas, anak saya di tetes 2x dan setelah itu obat nya di simpan lg di lemari es oleh dokter tsb… warna obat tetes polio nya merah maroon dok.. kebetulan pas vaksin anak saya lg batuk pilek, tp no demam… setelah pagi di vaksin, sore jam 5 anak saya mulai panas sampai malem tambah tinggi panasnya… apa karna polio tetes yg mengandung virus hidup ya dok, jd anak saya lemah dan layu… itu masalah gk dok sama antibody anak saya? Trus untuk DPT 3 nya udab kmren… jd apakah saya tetap harus memberikan vaksin combo 2 ke anak saya,,,? Tolong di balas ya dok, teruma kasih…

 

Jawab: 

Vaksin kombinasi itu ada 2 jenis, saya tidak jelas jenis mana yang anda pakaikan untuk  bayi anda, jenis yang pertama adalah bermerek Pediacel, vaksin import dengan harga yang lumayan mahal, isinya vaksin DTaP – Hib – Polio Injeksi.

Jenis yang lain Pentabio, bikinan PT. Bio Farma, ini disubsidi oleh pemerintah, bisa kita dapatkan gratis di PuskesMas, Bidan praktek dan Rumah Sakit atau klinik pemerintah. Isinya juga DTP – Hib – Hepatitis B.
Jadwal imunisasi untuk vaksin Pediacel adalahh pada waktu bayi berumur 2 bulan dosis pertama, 4 bulan dapat dosis ke2 dan usia 6 bulan dapat dosis ke 3.
Sedangkan Pentabio, dosis pertama pada usia bayi minimal sudah 6 minggu, lalu interval waktu antara dosis ke 2 dan ke3 adalah minimal 4 minggu jaraknya
Detail jadwal imunisasi bisa anda baca dan simak di website ini  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Kalau melihat usia bayi anda yang baru 5 bulan, berarti kalau anda memamaki Pediacel, bayi anda baru akan mendapatkan dosis yang ke2, tapi tidak jadi diberikan.
Saran saya, jika anda ingin yang murah, bahkan gratis, tapi baik, pakai saja vakssin Pentabio, boleh mulai dengan dosis pertama, lalu dengan interval 4 minggu, untuk memberikan dosis ke 2dan yang ke 3.
Vaksin Polio tetes itu terdiri dari vaksin hidup yang telah dilemahkan, karena cara pemberiannya melalui tetesan ke mulut, sebenarnya hampir tidak pernah menyebabkan efek samping panas, seperti yang anda ceritakan.. Mungkin saja, secara kebetulan pada hari imunisasi, bayi anda memang sedang kurang sehat, jadi bukan karena efek samping vaksin polio ini.
Kalau panas ini berlangsung lama dan tinggi, lebih dari 48 jam, hubungi saja dokter pemberi vaksin tersebut atau rumah sakit, untuk pemeriksaan lebiih lanjut.
Demikian keterangan saya, semoga membantu anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvasin.com
2. Pertanyaan Apa Itu Vaksin Hexaxim ? Apakah Sama Dengan Vaksin Penta Valent Yang Ada Saat Ini ?  
  • Selamat malam dokter..
    Saya ibu dari anak saya umur 10,5 bulan
    saya mau tanya,apa itu imunisasi hexaxim? Apakah sama dengan tripacel plus hib? Atau pediacol?
    Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih banyak..
Jawab:  
Hexaxim adalah vaksin kombinasi hexavalent, yang berisi antigen untuk 6 jenis penyakit2 seperti DTP- Hib – Hep B – Polio, jadi tidak sama dengan Tripacel atau Pediacel.
Demikian jawaban unntuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

3. Pertanyaan Apakah Vaksin Rotavirus Diwajibkan Untuk Bayi Kita ?  

 

  • selamat malam dok
    tangga16 juli ini usia bayi sy genap 3 bln, tgl 25 nya di jadwalkan utk vaksin rotavirus, pertanyaan sy vaksin rotavirus ini wajib atau tambahan yah dok? jika tambahan tdk apa tdk di berikan? krn anak sy yg no 1 & 2 tdk ada di berikan vaksin tsb oleh dra nya smg dokter berkenan membalas, terima kasih

Jawab: 

Imunisasi bayi dengan vaksin Rotavirus adalah vaksinasi anjuran bukan imunisassi dasar yang diwajibkan dalam program imunisasi dasar  DepKes Indonesia.
Vaksin jenis ini tidak disubsidi oleh pemerintah dan harganya lumayan mahal.
Sehingga oleh Ikatan Dokter Ahli Anak Indonesia (IDAI), maka imunisasi  dengan vaksin Rotavirus ini juga hanya dianjurkan bagi yang memandang perlu dan mampu membayarnya.
Detail tentang hubungan infeksi virus Rota pada bayi bisa anda baca dan simak di website   http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rotavirus-jenis-vaksin-rotavirus-dan-jadwal-imunisasi/
Setelah membaca artikel diwebsite ini, anda tentu sudah mengerti masalah ini dan pilihan ada ditangan anda.
Demikian jawaban saya, semoga cukup jelas untuk anda..
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
4. Pertanyaan Bahaya Atau Efek Jelek Apa Yang Akan Terjadi Bila Vaksin Yang Sama Diberikan Tanpa Mengindahkan Jedah Waktu Antar Dosis Yaang Dianjurkan Pakar Imunisasi ? 
  • dok saya mau tanya,arkana (2,5bln) tgl 12 imunisasi penta,trus tgl 14 dsuntik lagi ipv+penta lg jd pentanya double,bgaimana ya,bahaya ngk sperti itu?
Jawab: 
Memang sayang sekali karena keteledoran, sehingga vaksin yang sama diberikan dalam kurun waktu yang berdekatan sekali.
Interval waktu antara dosis vaksin yang satu dengan dosis berikutnya untuk vaksin yang sama, telah ada waktu jedah yang ditentukan oleh pabrik pembuat vaksin tersebut berdasarkan hasil penelitian klinik.
Tujuan waktu jedah ini adalah untuk membderi waktu atau kesempatan bagi sistim imunologi tubuh, untuk bereaksi optimal terhadap rangsangan antigen yang terdapat dalam vaksin.
Jika waktu interval ini dilanggar, maka efek yang terjadi adalah reaksi imunologi tubuh tidak menjadi maksimal, tidak berarti kalau kita lebihkan dosisnya, maka tubuh akan respons lebih bagus lagi.
Jadi  ini hanya mubasirkan uang dan tidak menambah daya proteksi vaksin tersebut.
Tapi tidak ada bahaya apapun dengan kelebihan dosis vaksin ini, kecuali bila ada kemungjinan terjadi efek samping vaksin, atau yang disebut KIPI vaksin.
Karena semakin kerap kita berikan suatu vaksin yang bisa menimbulkan efek samping KIPI, maka kemungkinan ini akan semakin besar dengan pemberian dosis berikutnya yang berdekatan waktu pemberiannya.
Detail tentang over dosis vaksin dan efeknya bisa anda baca dan simak di bagian tanya jawab vaksin didalam website ini  http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-june-2016/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
5. Pertanyaan Dalam Satu Rumah (Ibu Ayah dan Anak), Kenapa Jumlah Imunisasi Vaksin Hepatitis B Bisa Berbeda ? Berapa Lama Masa Proteksi Vaksin Hepatitis B ? Apakah Boleh Dimajukan Jadwal Imunisasi Vaksin Hepatitis B ?    
  • Slmt siang dok.. mo nanya.Tgl 16 juli kemarin kami (sy umur 38 thn,suami umur 44 thn  & anak umur 12 thn)ke salah satu klinik yg ada dikota kami (Makassar) u mendptkan vaksinasi hepatitis b dewasa.sblm vaksinasi kami melakukan pemeriksaan HBsAG (hasil u kami ber3 alhamdulillah Non Reaktif) & pemeriksaan  Anti-HBs (hasilnya;sy Non Reaktif,suami Reaktif:kons 38,88  anak sy Reaktif:kons 19,45).Dokter diklinik tsb menyarankan vaksinasi hepatitis b,3 kali u sy (0-1-6 bln) krn anti body tdk ada.sdgkan suami & anak sy cukup 1 kali  saja katanya.Perlu dokter ketahui ipar sy ada yg menderita hepatitis b walaupun tdk serumah dgn kami.Anak kami akan msk sekolah berasrama,sewkt msh bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap (kami jg menyampaikan ke dokter klinik tsb).Yang ingin kami tanyakan;
    1.Kenapa vaksinasi kami dibedakan jumlah pemberiannya?sdgkan yg kami ketahui vaksinasi hepatitis b dewasa harus 3 Kali pemberian (0-1-6 bln).Brp jumlah seharusnya Anti-HBs tiap org untuk melawan virus hepatitis b?

          2.Masa perlindungan setelah vaksinasi brp lama dok?
3.Apakah bisa vaksinasi ke 2 sebelum 4 minggu dari vaksinasi                1 dok?kalau tdk bisa,paling lambat kapan saya hrs vaksinasi                yg ke 2 dok?soalnya saya akan keluar kota 1 minggu sebelum              jadwal yg ke 2 dlm jangka wkt yg cukup lama.
4.Walaupun kami sdh vaksinasi,tapi jujur dok,kami sangat                      khawatir dgn maraknya vaksin palsu.
Trima kasih banyak sebelumnya u penjelasannya dok.
Wass..

Jawab:  

Terima kasih untuk email dan pertanyaan anda tentang imunisasi hepatitis B.
Jawabnya untuk pertanyaan anda adalah sebagai berikut :
1. Dari hasil peeriksaan darah sebelum diberikan imunisasi vaksin Hepatitis B, ternyata anda bertiga adalah Antigen HBsAg negatif, yang artinya anda semua tidak sedang terinfeksi dengan virus Hepatitis B yang berbahaya ini.
Dan pemeriksaan selanjutnya yaitu antibody terhadap virus Hepatitis B atau Anti HBsAg, ternyata untuk anda negatif, sedangkan untuk suami dan ank anda mereka berdua positif, yang artinya mereka ini pernah terpapar dengan virus Hepattis B ini sebelumnya atau mereka pernah mendapatkan imunisasi dengan vaksin Hepatitis B, seperti yang anda sebutkan bahwa anak anda telah mendapatkan imunisasi lengkap semasa kecil, yang pasti juga sudah tercakup dengan pemberian imunisasi vaksin Hepatitis B.
Sedangkan anda sama sekali tidak pernah terpapar dengan virus Hepatitis B dan juga tidak pernah diberikan imunisasi vaksin Hepatitis B sebelumnya dimasa anak atau masa remaja.
Jadi berdarakan temuan laboratorium ini, dibuatlah skema imunisasi untuk anda bertiga seperti ini :
-Untuk anda, wajib diberikan imunisasi lengkap 3 dosis vaksin Hepatitis B, dengan jadwal 0, 1 dan 6 bulan berturut2.
– Untuk suami dan anak, karena mereka telah kebal karena didalam darah mereka telah ditemukan adanya antibody dengan titer + 38.88 untuk suami dan +19.45 untuk anak, maka untuk mereka sebenernya sudah tidak perlu diberikan imunisasi vaksin Hepatitis B ini.
Namun mungkin dokternya ingin yang aman saja, maka suami dan anak anda tetap diberikan 1 kali suntikan vaksin Hepatitis B, yang berfungsi sebagai imunisasi penguat atau dosis booster.
Juga cara demikian akan menghemat biaya untuk anda 🙂
2. Masa proteksi imunisasi dengan vaksin Hepatitis B adalah seumur hidup anda bertiga. Sehingga setelah ini, anda bertiga sudah tidak perlu lagi disuntik ulang vaksin Hepatitis B seumur hidup anda bertiga kebal terhadap virus Hepatitis B ini.
Namun tetap jaga pola hidup yang sehat dan bertanggung jawab supaya anda bertiga benar2 terlindung oleh vaksin dan pola hidup sehat juga.
3. Jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B itu adalah 0, 1 dan 6 bulan.
Lebih baik terlambat beberapa minggu daripada pemberian imunisasi yang dipercepat beberapa minggu.
Respon imunologi tubuh terhadap jadwal imunisasi yang terlambat (jangan terlambat sampai berbulan2 ya) akan lebih maksimal daripada jadwal yang dimajukan lebih cepat dari yang semestinya
Jadi silahkan saja annda bepergian dulu, kembali baru diberikan imunisasi vaksin Hepatitis B nya.
4. Soal vaksin palsu dan asli, lebih baik anda imunisasi ke rumah sakit, jangan ke klinik atau yang sumber asal vaksinnya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.
Kalau perlu, anda minta dokter vaksinator perlihatkan kardus vaksinnya, lihat dan catat nomor batch vaksin, tanggal pembuatan vaksin dan tanggal expirasi vaksin tersebut.
Anda bisa cross check data2 vaksin ini ke website pabrik pembuat vaksin yang anda pakai, untuk memastikan bahwa ini adalah vaksin yang asli.
Detail tentang semua ini bisa anda baca dan simak di  http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/
Demikian jawaban untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
 

Vaccine Saves Lives !

tags: ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2016