Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2015

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2015

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Imunisasi dan Hal Terkait  Google Free Image

Imunisasi dan Hal Terkait
Google Free Image

——————————————————————————————————————–

Pertanyaan Apakah Vaksinasi Anjuran Seperti HPV Dll itu Wajib Diberikan Untuk Bayi Kita ?

  • Selamat siang dokter
    Sy mau tnya. Skarang kan byak mcam.mcam imunisasi selain imunisasi dasar . apkah wajib dilakukan juga pd bayi sprti imunisasi MMR.HIB dll.
    Terimakasih

Jawab:

Yang wajib kita berikan adalah semua jenis vaksin yang ditentukan dalam daftar imunisasi dasar program pemerintah, seperti misalnya vaksin BCG, Polio, DTP, Hepatitis B, Cacar, MMR.

Sedangkan vaksin yang lain yang merupakan anjuran, tergantung pada keputusan keluarga yang bersangkutan, karena mengingat harga vaksin anjuran yang lumayan mahal karena tidak disubsidi oleh pemerintah.

Bila memang sanggup boleh saja kita memberikan proteksi yang lebih untuk bayi dan anak kita.

Vaksinasi atau imunisasi itu bertujuan memberikan proteksi terhadap bahaya infeksi dan sakit, namun juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat, gizi yang cukup dan lingkungan hidup yang sehat. Moga2 dengan hal2 positif demikian, meskipun kita belum memberikan vaksinasi anjuran tadi, maka bayi atau anak kita tetap sehat terlindung dari bahaya infeksi tersebut.

Demikian keterangan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com  

Pertanyaan Vaksin Dewasa Secara Keliru Diberikan Untuk Bayi, Apakah Berbahaya ? Apa Efek Sampingnya ?

  • selamat malam dokter…
    saya ingin bertanya..
    untuk vaksin pada bayi baru lahir biasanya d gunakan euvax b 0,5 ml apa blg tanpa sengaja terjadi kesalahan pemberian euvax b 1ml apa kah berbahaya pada bayi tersebut.. apa efek samping nya.. trima kasih

Jawab:

Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi bila saja tenaga dokter atau bidan yang menjadi vaksinator / pemberi vaksinasi ini membaca dan memperhatikan dengan seksama label vaksin yang tertera dikemasan vaksin tersebut.

Untungnya untuk vaksin ini memang tidak ada ketentuan yang sangat ketat tentang dosis dan usia penerima vaksin seperti kalau pada obat2an.

Efek yang mungkin bisa terjadi adalah kemungkinan terjadi KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi yang merupakan efek samping yang berkaitan dengan vaksin yang diberikan. Semakin banyak antigen (besar dosis) yang diberikan maka semakin besar kemungkinan terjadinya KIPI ini.

Kalau hal lain tentang efektifitas atau efikasi vaksin, telah dilakukan uji klinik yang teliti bahwa dosis vaksin diberikan sesuai usia penerima vaksin tersebut, dengan besarnya dosis tidak akan meningkatkan hasil imunitas tubuh seperti dosis yang dianjurkan. Jadi dalam hal ini, telah terjadi pemborosan biaya dengan memberikan vaksin dosis dewasa yang sudah pasti lebih mahal untuk anak bayi yang sebetulnya hanya memerlukan vaksin dosis bayi yang lebih murah.

Demikian keterangan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com  

Pertanyaan Vaksinasi Monyet Yang Tergigit Anjing, Bagaimana Menanganinya ? 

  • Malam dok, saya mau tanya. Tadi pagi pukul 07.27 wib monyet saya umur 2,5 bln digigit anjing tetangga saya. Luka 3 lubang berdarah dok, niat saya mau dibawa ke klinik hewan tpi saya ga ada biaya jdi saya akali pakai rivanol sama betadine saja dok.. Saya takut dia terkena rabies dok.. Apakah itu saja cukuo dok? Sekarang monyet saya lemas kaki pincang lukanya saya sudah balut pakai kasa steril dan betadine.
    Tolong balas yah dok. Terimakasih

Jawab:

Apakah anda tahu bahwa anjing tetangga itu anjing yang sehat atau anjing liar dan sakit ?

Kalau seandainya itu anjing piaraan tetangga dan sehat, maka kemungkinan bahaya sakit rabies sangat kecil.

Yang ditakutkan adalah infeksi bekas gigitan dan bahaya tetanus saja, tapi bukan rabies.

Lain jika anjingnya sakit (rabies ?) dan liar, maka kita kuatirkan korban gigitannya akan tertular dan juga sakit rabies.

Mungkin luka monyetnya yang harus dibersihkan dan dirawat benar supaya terhindar infeksi dan tetanus.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda ya.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com 

 

 

  • Sepertinya anjing tetangga saya juga tidak pernah divaksin dok tapi tidak menunjukan prilaku anjing yg rabies dok, dia takut sama manusia tapi sama hewan lain agresif dok.. Apakah dri pandangan prilaku anjing bsa dilihat dia rabies/tidak?
    Saya khawatir penanganan monyet peliharaan saya terlambat dok..
    Dan jika monyet saya ingin di vaksin rabies apakah efeknya tidak langsung dok? Mohon balasannya ya dokter.. Terimakasih

 

Jawab:

Saya bukan dokter hewan, tapi akan saya coba bantu menjawab menurut logika kedokteran yang berlaku.

– Dari perilaku hewan atau anjing, kita bisa tahu apakah ini anjing yang sehat atau anjing yang sakit.  Terutama bila sakit rabies, maka anjing akan bertingkah agresif ingin menyerang, berliur hingga menetes, mata merah, gelisah dan takut dengan air. Bila dibiarakan terus, maka anjing akan mati dalam beberapa hari hingga minggu.

– Untuk monyet kesayangan anda, sebaiknya bawa saja ke dokter hewan untuk perawatan lukanya.

– Semua jenis vaksinasi, juga untuk manusia dan hewan, maka efek proteksi atau perlindungannya adalah tidak langsung, karena tubuh memerlukan beberapa waktu untuk membuat zat antibody melawan penyakit tersebut.

Minimal kita perlu waktu 10 hari hingga 2 minggu setelah imunisasi baru akan menjadi kebal.

Jadi monyet anda sama juga untuk hal ini.

Kecuali ini adalah vaksinasi ulangan, artinya dulu pernah mendapatkan vaksinasi dan sekarang diulang lagi dengan jenis vaksin yang sama, maka antibody akan segera dibentuk oleh tubuh, dan efek perlindungannya adalah segera atau langsung menurut istilah anda tadi.

Semoga cukup jelas ya Dyant.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Tentang Vaksin Paru Yang Mana Untuk Orang Tua ?
  • Siang, aku mau tanya u/ vaksin pneumonia, yang mau dvaksin adalah pa2 saya yang mnderita gagal jantung, vaksin yang mana yang lbh direkomendasi? Tlg informasinya, terima kasih
Jawab: Pakai saja vaksin Pneumo23 yang memang diindikasikan untuk anak > 2 tahun hingga orang dewasa dan usia lanjut.
Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin Pentabio dan Pediacel Dan Vaksin Interchange / Pertukaran Merek Vaksin Yang Dipergunakan   
  • Selamat pagi dokter leo. Sy membaca tanya jawab dokter mengenai imunisasi. Ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan juga dok. Mungkin dokter leo berkenan utk menjawabnya sehingga sy mendapat pencerahan yg lbh jelas.

Anak ke 3 sy perempuan lahir 3 januari 2015,lahir normal bb 3430 gr pj 50cm. Imunisasi yg sdh diberikan:
Lahir : – hepatitis B1 (engerix-b) 3 jan’15
– Polio 0 (oral poloomyelitis
vaccine) 8 jan’15
1 bln : – hepatitis B2 (engerix b) 9 jan,’15
2 bln : – BCG(vaksin bcg kering)18/3/15
– DPT/DPaT 1, polio 1, Hib 1
(Pediacel) 18/3/15
– Rotavirus 1( rota teq) 18/3/15
6 bln : – DPT/DPaT 2, polio 2, hib 2, hep 3
(Pentabio) 9/7/15

Dr lahir sampai 2 bulan imunisasi di rumah sakit. Dikarenakan masalah biaya yg dikeluarkan cukup mahal utk imunisasi di rmh sakit dan tidak di-cover oleh perusahaan suami sy bekerja,ahirnya kami memutuskan utk pindah ke puskesmas terdekat. Pada saat hendak memberikan vaksin Dpt combo yg ke 2,dokter di puskemas menanyakan bisa ga pindah dr pediacel ke pentabio krn di pentabio kandungannya selain DPT,hib sdh ada vaksin hepatitisnya dan akan berlebih nantinya vaksin hepatitis b nya.

Yg saya tanyakan utk vaksin DPT combo yg ke 3 (pentabio) sebaiknya diberikan pd saat umur brp bulan dok? Jadi anak sy akan berlebih vaksin hepatitis b nya. Dan apakah boleh/apa efek sampingnya krn di pentabio sdh termasuk hepatitis b jg,sedangkan anak sy sdh lengkap sampai hep b 3 di kunjungan imunisasi DPT yg ke 2 (pentabio)? Apakah benar dapat menyebabkan autisme?

Mohon utk penjelasannya pak dokter. Terimakasih.

Jawab:

Menurut jadwal imunisasi untuk vaksin Pentabio dari PT. Bio Farma adalah pada usia 6 minggu minimal atau lebih, dosis Pentabio yang pertama, lalu dosis ke 2 dan dosis ke 3 selang waktu 4 minggu.

Kalau menurut data imunisasi yang ibu berikan, maka bayi anda telah mendapatkan vaksin Pediacel yang berisi DTaP Polio dan Hib pada usia 2 bulan, lalu usia 4 bulan kosong yang seharusnya diberikan Pediacel dosis ke2, dan baru diberikan lagi pada usia 6 bulan, tetapi dengan vaksin Pentabio yang isi kandungannya DTaP HB dan Hib.

Menurut jadwal Pentabio, maka dosis berikutnya adalah selang waktu 4 minggu dari dosis Pentabio sebelumnya.

Jadi akan terjadi kelebihan vaksin Hepatitis B untuk bayi anda.

Apakah hal ini berbahaya ? Jawabnya tidak, hanya soal efektifitas (karena vaksin yang diberikan sudah berbeda pembuat vaksinnya) dan mubazir untuk biaya saja.

Autisme bukan karena hal tersebut diiatas.

Detail bisa anda baca di www.selukbelukvaksin.com yang banyak membahas overdosis vaksin, penyebab autisme dan lain hal yang bersangkutan.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda dan menghilangkan keraguan anda tentang vaksin ini.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

 

Vaccine Saves Lives !

tags: ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – July 2015