Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – January 2018

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – January 2018

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Pneumococcal Polysacharide Vaccine 23 Google Free Image

Pneumococcal Polysacharide Vaccine 23
Google Free Image

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

——————————————————————————————————————–

  1. Pertanyaan: Tentang Waktu Imunisasi (Timing) Dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  Yang Diberikan   
  • Ytk Dokter,  Dok, anak sy X 13th, tgl 26 des 2017 mestinya booster vaksin Hpv yg ke2, tapi karna KLB maka tgl 27 Des 2017 divaksin difteri di puskesmas. Berapa jarak interval untuk vaksin booster hpv ke2 dan vaksin difteri ke2? Smoga segera mendapatkan jawaban. Trimakasih.
Jawab: 
Semestinya pemberian vaksin HPV 2 dan vaksin DTP atau Dt itu bisa anda lakukan bersamaan dalam satu kali kunjungan imunisasi.
Karena kedua jenis vaksin adalah vaksin mati (killed vaccine), maka tidak diperlukan interval waktu pemberian antara vaksin HPV dengan vaksin DTP  atau Dt itu.
Detail tentang urutan imunisasi dan interval waktu yang harus diperhatikan oleh kita Catatan tambahan Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan,  bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
2. Pertanyaan: Tentang Ketersediaan Vaksin MMR, Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing) Dan KIPI Vaksin 
  • Met malam dok. Mohon infonya,
    1. Apakah vaksin MMR sdh beredar?
    2. Brp lama hrs di beri jarak antara booster PCV dan vaksin MMR?
    3. Apakah biasanya demam pasca imunisasi MMR?
    Terimakasih.
Jawab: 
Untuk menjawab pertanyaan anda :
1. Vaksin MMR rasanya hingga saat ini masih belum beredar, belum tahu akan kosong hingga kapan.
Silahkan anda tanyakan kepada dokter anak yang menjadi dokter vaksinator untuk bayi anda tentang keadaan stok vaksin MMR ini.
Solusi sementara adalah kita berikan vaksin MR seperti yang sedang dicanagkan DepKes Pemerintah sejak pertengahan tahun lalu hingga kini. Vaksin MR ini bisa anda peroleh di PusKes sekitar lingkungan rumah anda secara gratis.
2. Waktu interval antara vaksin PCV dan MR itu tidak ada.
Anda bisa berikan bersamaan vaksin MR dan PCV dalam 1 kali kunjungan imunisasi, karena vaksin PCV adalah vaksin mati (killed vaccine) jadi bisa diberikan bersamaan dengan pemberian vaksin MR atau MMR.
Detail tentang urut2an vaksin dan interval waktu imunisasi, bisa anda baca dan simak di website :
Catatan tambahan Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan  :
3. Tidak selalu terjadi demam setelah imunisasi.
Tentang KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dan apa yang bisa kita lakukan menghadapi KIPI,  bisa anda baca dan simak di website   http://selukbelukvaksin.com/kipi-vaksin-apa-yang-harus-anda-lakukan/
Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda tersebut. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

3. Pertanyaan: Apa Boleh Menukar Jenis Vaksin Karena Ketersediaan Vaksin Tersebut 

  • Dok saya mau tanya, sebelumnya usia 2 bulan bayi saya diberi vaksin infarix hexa, lalu karena stok infarix hexa kosong yg ada hanya hexaxim, bolehkah diganti dgn hexaxim?utk vaksin selanjutnya baiknya hexaxim atau kembali lagi ke infarix hexa?  Thanks
Jawab: 
Memang dianjurkan dalam imunisasi kita tetap memakai jenis vaksin yang sama dalam seluruh proses imunisasi yang berserie  seperti imunisasi DTP dan juga vaksin Kombinasi DTP seperti jenis2 vaksin yng anda sebutkan.
Namun sering ketersediaan jenis vaksin yang kita pakai tidak ada, dan belum tahu kapan akan ada lagi, maka sering dalam keadaan “terpaksa” ini kita mengganti dengan jenis vaksin yang kandungan antigennya mirip atau mendekati yang kita pakai sebelumnya, meskipun dari pabrik pembuat vaksin yang lain.
Dalam nyatanya, memang kita bisa dan boleh melakukan pertukaran vaksin seperti ini, dan sering ada data2 ilmiah yang juga mendukung dengan hasil imunisasi yang tidak berbeda.
Dengan prinsip tetap berpegang imunisasi dengan jenis dan pabrik pembuat vaksin yang sama, saya lebih suka bila saat ini anda mengganti dengan Hexaxim, maka dosis berikutnya nanti anda tetap memakai jenis Hexaxim ini, jangan ditukar terus bolak balik seperti ini.
Hal ini untuk menjamin kita mendapatkan daya proteksi vaksin yang optimal.
Detail tentang manfaat vaksin bagi semua usia, bisa anda baca dan simaak di website :
Demikian jawaban saya, semoga memuaskan.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

4. Pertanyaan: Bagaimana Jadwal Imunisasi Vaksin PCV Yang Tertinggal Tidak Sesuai Jadwal Imunisasi Anjuran ? 

  •  Selamat Pagi.   Maaf saya punya anak.jdwal dari dokter anak usia 3 bln vaksi PCV. namun dalam hal ini anak saya mengalami batuk dn demam. oleh krn itu vaksin tertunda. 1 minggu yg lalu anak saya vaksin PCV dalam usia 4 bulan. namun ketika.saya membaca buku periksa. kok dari dokter saya tertulis PCV dosis 2. apakah ada efek samping? padahal PCV dosis 1 belum pernah dilakukan. trimaksih.  Mohon info.
Jawab: 
Jadwal imunisasi vaksin PCV adalah pada usia bayi berumur 2 bulan diberikan dosis 1, lalu waktu usia 4 bulan diberikan dosis yang ke2 dan dosis terakhir atau dosis ke3, adalah saat bayi telah berusia 6 bulan.
Namun bila karena suatu hal terjadi kelambatan, maka ada ketentuan sebagai berikut dari para pakar imunisasi juga dari pabrik pembuat vaksin, yaitu :
Bila bayi telah berusia antara 7 – 12 bulan, maka vaksin PCV cukup diberikan 2 dosis, dengan interval antara dosis adalah 2 bulan.
Sedangkan kalau usia bayi telah mencapai 1 tahun, maka vaksin PCV cukup hanya  diberikan 1 dosis saja.
Dengan catatan adalah : Untuk bayi yang telah berusia antara 7 – 12 bulan, juga yang telah berusia 1 tahun, maka perlu diberikan dosis booster tambahan 1x vaksin PCV ini pada waktu usia sudah > 12 bulan, atau diberikan dengan interval waktu 2 bulan dari dosis vaksin PCV yang terakhir.
Detail tentang jadwal dan jumlah dosis vaksin PCV yang bisa diberikan untuk bayi2 berusia seperti yang tersebut diatas, bisa anda baca dan simak di website :  http://selukbelukvaksin.com/wp-content/uploads/2013/08/Jadwal-Imunisasi-IDAI-Tahun-2014.jpg
Dalam kasus anda, kalau saya tidak salah, bayi anda belum mencapai usia 7 bulan, jadi anda bisa segera berikan vaksin PCV sesuai dengan dosis 3 x dan jadwal sesuai anjuran para pakar dan pabrik pembuat vaksin tesebut, yaitu interval 2 bulan dari masing2 dosis sebelumnya.
Semoga ini  menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr.. Leo Kurniawan

 

5. Pertanyaan: Vaksin ApaSaja Untuk Anak Berusia 5 Tahun Atau Lebih / Usia Toddle

  • Pagi Dok mau tanya vaksin untuk anak lima tahun apa saja yang wajib
    Selaama ini menggunakan pediacel namun usia lima tahun apakah pediacel saja atau DTP polio saja? Saya harus suntik yang mana ? Saya baca anak lima tahun hanya DTP polio saja
    Makasih banyaj

 

Jawab:

Vaksin untuk bayi dan anak berusia 0 hingga 18 tahun bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/wp-content/uploads/2013/08/Jadwal-Imunisasi-IDAI-Tahun-2014.jpg.
Bisa anda pakai vaksin kombinasi DTP dan ditambahkan polio OPV sebagai booster dose, yang pasti akan lebih murah namun juga efektif.
Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

 

6. Pertanyaan: Dulu Pernah Mendapat Imunisasi Rabies (Vaksin Anjing Gila), Apa Perlu Diberikan Lagi Bila Tergigit Anjing ? 

  • Pertama di gigit anjing sdh mendapatkan vaksin trs kira” lg setahun lg digigit anjing apakah blh di vaksin lg?

 

Jawab:

Jawaban untuk anda adalah anda cukup diberikan lagi vaksin anti rabies cukup 1 atau 2 dosis saja, tanpa perlu diberikan RIG atau Rabies Immuno Globuline.
Detail bisa anda baca dan simak di website tentang vaksin Rabies ini di  chapter Dosis Vaksin Anti Rabies untuk Post Exposure Prophylaxis Untuk Orang Yang Pernah Mendapat Vaksinasi Rabies atau Kebal 
 
 
Demikian keeterangan saya untuk pertanyaan anda. 
 
Salam, 
Dr. Leo  Kurniawan 
7. Pertanyaan: Setelah Imunisasi Vaksin Hepatitis B, Kapan Waktu Tepat Untuk Menguji Titer Antibody Hasil Imunisasi Vaksin Ini ? 
  • kemaren setelah seminggu setelah vaksin saya tes  titter body tapi hasilnya masih negatif, apa yang harus saya lakukan dok terima kasih
Jawab: 
Seperti yang saya katakan sebelumnya, test titer antibody vaksin bisa kita lakukan setelah 1 atau 2 minggu setelah pemberian vaksin tersebut, untuk orang yang pertama kali mendapatkan vaksin ini.
Tentang hasil imunisasi vaksin Hepatitis B bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/
Anda bisa mngulang test titer ini setelah 2 minggu atau lebih.
Titer antibody minimal adalah 10 mIU/mL, bila mencapai angka ini atau lebih, berarti anda telah kebal terhadap infeksi virus Hepatitis B ini.
Bila nanti pada pemeriksaan titer ke2 masih negatif atau dibawah angka ini, maka anda bisa mengulang imunisasi vaksin ini.
Catatan untuk anda, ada orang yang termasuk low responder atau non responder
Jika anda termasuk salah satu golongan ini, maka hasil test titer ini akan tetap dibawah normal atau bernilai negatif.
Detail tentang ini juga bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

8. Pertanyaan: Kapan Waktu Tepat Dan Syarat Untuk Memulai  Imunisasi

  • Mlm dok , nm sy yunika umr 20thn sy mau tanya dok tentang vaksin defteri gini dok sya kan lagi batuk dan sedang minum antibiotik jika saya melakukan suntik defteri apa ada efek nya atau tidak ya dok sya minum antibiotik bru 2 hri ini . Atau bagai mana dok mohon di jelaskan trimakasih

 

Jawab:

Sebenarnya syarat untuk imunisasi adalah pada saat kita sedang dalam keadaan sehat dan fit, tidak  sedang menderita suatu penyakit, terutama penyakit yang serius atau yang akut.
Dan juga ada beberapa jenis obat yang harus dihindari sewaktu kita diberikan imunisasi vasin dengan tujuan agar supaya respons sistim imunologi tubuh kita bisa maksimal, obat2 yang harus  kita hindari adalah seperti golongan steroid.
Saran saya, anda tunda dahulu imunisasi vaksin difteri ini hingga anda telah sembuh atau bila anda ingin juga silahkan konsultasi dengan dokter pemberi vaksinasi ini terlebih dahulu.
Tentang bagaimana dan tip imunisasi bisa anda baca dan simak di website  http://selukbelukvaksin.com/tips-vaksinasi-untuk-bayi-anak-dewasa-dan-orang-tua/
Demikian keterangan saya untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

 

9. Pertanyaan: Jenis dan Jadwal Vaksin Untuk Wanita Hamil 

  • Selamat malam Dok. Saya memiliki pertanyaan berkaitan dengan Vaksin TT/TD. Saya usia 25 tahun. Sekarang sedang mengandung. Usia kandungan saya 5 bulan 2 minggu. Sebelum menikah saya belum melakukan vaksin TT. Bahkan sebelum hamil pun saya jg tdk melakukan vaksin TT. Mengingat saya belum pernah melakukan vaksin TT apakah saya perlu melakukan vaksin TT pada saat hamil sperti sekrang ini? Dan jika diperlukan diusia kandungan berpa bulan saya dpt melakukan vaksin TT ini? Dan jika diperlukan vaksin, vaksin apakah yg lebih baik untuk saya vaksin TT atau TD?  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas bantuannya.
Jawab: 
Kita menganjurkan wanita hamil sudah diberikan imunisasi booster beberapa jenis vaksin yang pernah dia terima semasa bayi dan balita, seperti vaksin DTP.
Tapi untuk kasus anda yang memang belum pernah diberikan vaksin TT atau TD, maka sangat dianjurkan untuk mendapatkan imunisasi jenis ini untuk melindungi anda dan bayi anda sewaktu dalam proses kelahiran.
Detail tentang vaksin apa dan kapan waktu imunisasi yang tepat yang dianjurkan untuk  para wanita hamil bisa anda baca dan simak di website :http://selukbelukvaksin.com/vaksin-untuk-wanita-hamil-vaccines-for-pregnant-woman/
Silahkan anda baca dan pelajari. Bila ada yang ingin anda tanyakan, bisa hubungi saya kembali.
Semoga iini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – January 2018