Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2017

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2017

 

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Louis Pasteur, scientis and founder of Rabies Vaccine (Image from FB)

Louis Pasteur, scientis and founder of Rabies Vaccine (Image from FB)

——————————————————————————————————————–

  1. Pertanyaan: Apa Itu Vaksin Kombinasi Hexaxim ? Apakah Boleh Ditukar Dengan Vaksin Kombo Lain Karena Masalah Harga ?  

 

  • Di rs dpt hepatitis 0 myngkin hepatitis pertama saya ga tau apa dr rs roemani lalu imunisasi bcg di bidan yg yg saru obat buat 10 anak lalau saya periksakan anak saya karna grok grok di rs anak ternama sekalian imunisasi hexaxim umur bayi saya 2 bln 10 hari lalu yg saya tanyakan untuk bulan berikutnya apa harus saya pakai vaksin yg sama atau bs ganti vaksin yg biasa karna harganya mahal pengaruh tidak saya ganti vaksin . Saya boleh tau tahapan imunisasi pada bayi
Jawab: 
Vaksin Hexaxim adalah jenis vaksin kombinasi yang berisi 6 jenis antigen penyakit untuk mencegah penyakit DTaP, Hib, Hepatitis B dan Polio IPV, dengan jadwal pemberian pada usia bayi mulai 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan.
Karena dalam satu suntikan mengandung 6 jenis antigen, juga karena ini memerlukan tehnologi yang canggih, jadi tidak heran harga vaksin ini akan lebih mahal daripada jenis vaksin kombinasi yang lain, seperti Pentabio (DTP, Hep B dan Hib) buatan PT. Bio Farma, Bandung Indonesia.
Sebenarnya prinsip penggunaan vaksin adalah kita dianjurkan untuk memakai jenis vaksin yang sama  dari awal imunisasi hingga selesai lengkap, tujuannya adalah :
– Untuk mendapatkan efek proteksi yang optimal dari vaksin tersebut
– Karena kandungan antigen akan berbeda antara jenis vaksin yang satu dengan jenis vaksin yang sama tapi dari pabrik pembuat yang berbeda, sehingga dikuatirkan akan memberikan efek proteksi yang berbeda.
Tapi dalam keadaan terpaksa, misalnya stok vaksin yang kosong, kita dibenarkan untuk mengganti vaksin dengan jenis vaksin yang mirip dan tersedia pada saat kita perlukan.
Biasanya di Bidan, akan tersedia jenis vaksin kombinasi Pentabio buatan PT. Bio Farma. Kandungannya adalah 5 antigen DPT Hib dan Hepatitis B.
Sehingga anda harus tambahkan vaksin Polio untuk melengkapi imunisasi bayi anda.
Vaksin polio di bidan (jenis vaksin OPV tetes), juga sangat murah atau bahkan gratis disediakan oleh pemerintah RI.
Jadwal Imunisasi dan jenis vaksin yang diperlukan bayi bisa anda baca dan simak di website   http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian keterangan saya untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
2. Pertanyaan: Apakah Cukup Bayi Hanya Diberikan Imunisasi Dasar Saja ? Apa Resiko Bila Tidak Kita Berikan Jenis Imunisasi Anjuran ?  
  • Selamat Siang Dok, Saya memiliki bayi prematur awal lahir berat 1,9 Kg, sekarang sudah mau umur 6 bulan pada 15 Februari 2017, terakhir di timbang berat 6,6 Kg. saya mau tanya, untuk vaksin wajib sudah diberikan kepada anak saya tetapi vaksin tambahan tidak saya berikan, (PCV, rotavirus, dll), apakah tidak diberikan vaksin tambahan itu tidak masalah asalkan vaksin wajibnya diberikan atau tidak diberikannya vaksin tambahan, akan berpengaruh kedepannya? Mohon pencerahannya, Terima kasih sebelumnya,
Jawab: 
Sebenarnya  yang penting dan utama adalah pemberian vaksinasi dasar untuk bayi dan balita kita.
Selebihnya seperti yang anda sebutkan vaksin jenis PCV dan Rotavirus, juga jenis vaksin yang lain, yang sekarang ini banyak beredar dan dianjurkan para ahli, itu adalah vaksinasi yang dianjurkan, bukan vaksinasi dasar yang diwajibkan.
Karena harganya yang cukup mahal dan tidak dicakup dalam program vaksinasi dasar pemerintah, maka pemberian imunisasi anjuran ini sepenuhnya terserah kepada orang tua masing2 bayi dan balita.
Secara teoritis, memang ada manfaat dan gunanya bila saja anak2 kita diberikan juga imunisasi anjuran para ahli ini, tetapi bila tidak kita berikan, memang ada resiko akan terkena penyakit2 tersebut.
Dan akhirnya, karena tubuh menjadi sakit atau tidak juga tergantung dari banyak faktor, antara lain pola hidup bersih dan sehat, lingkungan tempat tinggal, jangan bawa anak bermain atau berkunjung ke rumah sakit atau berdekatan dengan bayi yang sedang sakit, gizi yang baik, dll hal yng poaitif, sehingga banyak juga penyakit infeksi itu bisa kita hindarkan.
Daftar vaksin wajib dan anjuran bisa anda baca dan simak di website ini http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Jadi pilihan ada ditangan anda yang harus dipertimbangkan resiko dan manfaatnya.
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3. Pertanyaan: Apakah Vaksin Rotavirus Dan Vaksin PCV Bisa Diberikan Bersamaan Dengan Vaksin Dasar (DTP Hib Hep B Polio) ?   
  • Selamat pagi dr.. Mohon penjelasannya.. Usia baby saya 1bulan 28 hari Apa vaksin rotavirus bisa diberikan berbarengan dengan polio,DPT,hib,hepatitis B.. Dan Vaksin PCV itu apa??
    Terimakasih
Jawab: 
Jadwal imunisasi bayi yang detail dan jenis vaksinnya bisa anda baca dan simak di website kami di http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Untuk jenis vaksin yang anda sebutkan itu, saat ini telah tersedia jenis vaksin kombinasi yang dalam satu kali suntikan imunisasi, sudah mencakup penyakit2 infeksi seperti Difter, Tetanus, Pertusis, juga mencakup penyakit Hib, Polio dan Hepatitis B. (DTP-Hep B-Hib-Polio)
Jadwal untuk vaksin kombinasi ini adalah pada usia bayi 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan. (lihat jadwal diatas)
Selebihnya adalah jenis vaksin anjuran seperti PCV yang anda sebutkan, vaksin ini adalah untuk mencegah infeksi penyakit pneumonia diparu2 (bukan untuk penyakit TBC), juga ada vaksin Rotavirus untuk cegah diare pada bayi.
Anda bisa baca dan simak jadwal dan jenis vaksin anjuran diwebsite http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Vaksin PCV dan Rotavirus bisa diberikan berbarengan dengan vaksin kombinasi tadi.
Demikian keterangan semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
4. Pertanyaan : Anak Digigit Monyet, Apakah Diperlukan Pemberian Vaksin Anti Rabies ? Bagaimana Dosis Dan Cara Pemberian Vaksin Ini ?  
  • Dear dokter. Saya mau tanya, seorang anak yang sudah digigit monyet 3 hari yang lalu, apakah masih bisa diberi vaksin rabies? Bagaimana jadwalnya? Karena sudah lewat hari ke 0 paparan digigit monyet. Setelah digigit anak demam, tidak mau makan, nyeri bekas gigitan. Terimakasih dokter.
Jawab:
Apakah monyet ini adalah monyet piaraan anda atau monyet liar ?
Mengapa anda duga monyet ini menderita rabies ? Apakah tingkah lakunya agresif yang sebelumnya tidak seperti itu sifatnya ?
Ini ada website tentang Rabies dan vaksin  rabies, juga tentang serum anti rabies (RIG = Rabies ImmunoGlobulim) yang perlu anda ketahui: http://selukbelukvaksin.com/category/vaksin-dan-kesehatan-preventiif/vaksin-rabies-vaksin-dan-kesehatan-preventiif/
Bila monyet itu piaraan anda dan anda perkirakan tidak sakit, maka mungkin cukup anak kita berikan vaksin anti rabies saja.
Jadwalnya seperti ini :
  1. Diberikan suntikan vaksin anti rabies sebanyak 5 dosis pada hari 0 waktu kejadian, hari ke 3, hari ke 7, hari ke 14 dan hari ke 21. ( http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rabies-jenis-dan-dosis-vaksin-rabies-dan-rabies-immuno-globulin-rig/ )
Tetapi bila anda curiga monyet ini menderita rabies maka anak ini harus segera kita berikan imunoglobulin dan vaksin anti rabies dengan jadwal : 
 
 
  1. Pemberian RIG (Rabies Immuno Globulin) yang disuntikan secara infiltrasi sekitar atau mengelilingi luka gigitan, usahakan semua luka gigitan mendapatkan suntikan inflitrasi RIG ini (http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rabies-jenis-dan-dosis-vaksin-rabies-dan-rabies-immuno-globulin-rig/ )
  2. Diberikan suntikan vaksin anti rabies sebanyak 5 dosis pada hari 0 waktu kejadian, hari ke 3, hari ke 7, hari ke 14 dan hari ke 21. ( http://selukbelukvaksin.com/vaksin-rabies-jenis-dan-dosis-vaksin-rabies-dan-rabies-immuno-globulin-rig/ )

Juga jangan lupa membersihkan dan merawat luka gigitan monyet, untuk mencegah infeksi dan juga Tetanus.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda. 
 
Salam, 
 
Dr. Leo Kurniawan 
5. Pertanyaan: Vaksin Meningitis Dan Umroh 
  • Saya mau tanya dok, bln oktober 2016 saya suntik meningitis, akhir bln februari 2017 saya mau umroh tetapi saya sekarang sdh telat 6 minggu, apakah saya bisa berangkat umroh, dan apakah baik-baik saja krn bln oktober habis suntik meningitis, trimakasih mohon penjelasan nya
Jawab: 
Bulan Oktober 2016 anda sudah di imuniasi vaksin Meningitis, yang merupakan salah satu vaksin wajib untuk masuk kenegara Arab Saudi.
Nanti akhir bulan February 2017 anda akan pergi umroh, rasanya sudah benar sekali jadwal imunisasi anda ini.
Anda sudah bisa berangkat umroh kapan saja.
Maksud anda terlambat 6 minggu, saya pinjam istilah anda ya ” sdh telat 6 minggu”, maksud telat ini apa ? Haid annda terlambat ?
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan: Apakah Imunisasi Vaksin Hepatitis B Ada Pengaruhnya Terhadap Wanita Yang Sedang Menstruasi Atau Datang Bulan ?
  • Dok, saya mau tanya. Apakah ada pengaruhnya suntik Hepatitis B saat menstruasi?
    Terima kasih dok
Jawab:
Syarat umum untuk semua jenis imunisasi adalah sipenerima vaksin ini dalam keadaan sehat, tidak sedang sakit yang serius.
Kalau hanya batuk pilek ringan saja, kita tetap berikan imunisasi.
Dalam hal ini, termasuk wanita yang sedang menstruasi bukan halangan untuk mendapatkan imunisasi.
Hanya ada beberapa jenis vaksin yang pemberiannya untuk wanita yang sedang hamil, perlu mendapatkan perhatian khusus.
Untuk menambah wawasan anda tentang imunisasi, silahkan anda membaca dan menyimak di website ini  http://selukbelukvaksin.com/mitos-mengenai-vaksin-dan-vaksinasi/
Dan website tentang vaksin Hepatitis B yang mungkin juga menarik untuk anda baca dan simak. http://selukbelukvaksin.com/category/vaksin-dan-kesehatan-preventiif/vaksin-hepatitis-b-vaksin-dan-kesehatan-preventiif/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2017