Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2016

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2016

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

child-giving-teddybear-shot (google free image)

child-giving-teddybear-shot
(google free image)

——————————————————————————————————————–

1. Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin TT Dan Vaksin MMR Untuk Pengantin Baru

  • selamat pagi dokter.
    saya seorang wanita berusia 23 tahun yang rencananya akan menikah bulan depan. ada beberapa yang ingin saya tanyakan, diantaranya:
    1. Dengan waktu yang tinggal sebulan lagi menuju hari pernikahan, bisakan saya melakukan dua vaksin secara bersamaan (TT dan MMR)?  2. Calon suami pernah sakit hepatitis 8th yang lalu tapi sekarang sudah sembuh, perlukan saya mendapatkan vaksin hepatitis juga?  terimakasih banyak untuk penjelasannya dok. Salam sejahtera untuk kita semua

Jawab:  

Selamat siang mbak ,

Jawabannya sebagai berikut :
1. Kita bisa dan dapat memberikan bersamaan dalam waktu satu kali kunjungan vaksin TT (atau Tdap) bersamaan dengan vaksin MMR
Alasannya karena vaksin TT (tetanus toksoid) atau Tdap (Tetanus difteri pertusis) adalah jenis vaksin mati atau killed vaccine. Sedangkan vaksin MMR adalah vaksin hidup yang telah dilemahkan atau live attenuated vaccine.
Sehingga tidak ada masalah untuk memberikan jenis vaksin mati dan vaksin hidup secara bersamaan. Syaratnya adalah kedua jenis vaksin ini harus disuntikkan di dua tempat yang berbeda, misalnya satu dilengan kiri dan yang lain dilengan kanan.
Ataupun mau dusuntikkan disatu lengan saja itu juga boleh, asal jarak antara tempat suntikan yang satu dengan yang lain berjarak minimal 2 inci.
Catatan tambahan Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan  :
Detail lihat di :
Hanya untuk vaksin MMR, setelah anda mendapatkan suntikan vaksin MMR ini, anda harus menghindari menjadi hamil dalam interval satu bulan setelah disuntik vaksin MMR.
2. Soal vaksinasi Hepatitis B
Kalau seandainya anda memang belum pernah mendapatkan imunisasi lengkap vaksin Hepatitis B, maka ada baiknya anda segera diberikan vaksinasi lengkap vaksin hepatitis B ini.
Vaksinasi lengkap terdiri 3 dosis, yang diberikan pada bulan 0, kemudian interval 1 bulan kemudian diberikan dosis kedua, dan dosis ketiga kita berikan setelah interval 6 bulan dari dosis yang pertama.
Lengkapnya bisa anda baca di:
 http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Demikian keterangan untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
2. Pertanyaan Karena Tidak Tahu Nama Vaksin Kombinasi DTP Sebelumnya, Apakah Perlu Mengulang Seluruh Proses Imunisasi DTP Dari Awal Lagi ? 
  • Malam dok… Saya mau Bertanya tentang vaksin DPT lagi…
    Yang lalu saya pernah konsultasi dengan dokter tentang vaksin anak saya…
    Barusan saya membawa anak saya rencana Untuk suntik DPT2 ke dokter yg sudah biasa mnangani vaksin (dr.umum) yang waktu itu saya bilang berangkat dok.. Trus dokternya tanya tentang riwayat DPT1 nya, saya jelaskan bahwa waktu itu disuntikkan sy sudah Bertanya di dokternya tp jawabnya kurang jelas tentang isi dari vaksin yang akan diberikan ke anak saya, dan juga tidak ada Kartu atau surat keterangan dari dokter itu…
    Akhirnya dokter yg biasa tangani vaksin ini menyarankan saya untuk melakukan suntik DPT1 ulang..  Jd suntik DPT 1 yg di dokter bulan kemarin gag di anggap begitu dok… Pertanyaan saya, apa boleh dan aman klo bayi usia 3 bln di suntik DPT 1 hingga 2x?? DPT 1 yg suntik pertama kali di dokter umum lain waktu usia 2bln, sedangkan suntik DPT 1 yg diulang di dokter umum yg biasa mnangani vaksin di usia 3 bln?? Dan Diminta  kembali bulan depan Untuk suntik DPT 2…
    Mohon penjelasannya segera dokter.. Terimakasih sebelumnya…
  • Tambahan pertanyaan :  Maaf dok saya Sambung lagi… Jadi ini ibaratnya dobel suntik untuk DPT1… Di waktu usia 2 bulan dan 3 bulan… Sedangkan DPT2 nya mundur di usia 4 bulan :'(  Apa isi dari Vaksin DPT 1 beda dengan isi dari vaksin DPT 2 & 3 dok?
Jawab:
Sayang anda tidak sebutkan nama vaksin DTP dari dokter yang pertama, juga tidak anda sebutkan nama vaksin DTP dari dokter umum kenalan mbak, yang sudah biasa menangani vaksinasi anak anda.
Tapi dari jadwal yang diberikan oleh dokter umum kenalan mbak ini, tiap dosis beda 4 mingguan, saya duga ini vaksin kombinasi DTaP Hib Hep B yang bernama Pentabio.
Dari cerita anda diatas, bayi sudah mendapat vaksin DTP dosis pertama (nama vaksin tidak tahu) waktu berusia 2 bulan.
Sekarang usia 3 bulan mau disuntik ulang vaksin DTP dosis pertama dan seterusnya.
Saran saya, cukup suntik 2 dosis lagi saja dengan dokter umum kenalan mbak itu, tidak perlu mengulang sampai 3 dosis dari awal seperti itu.
Beda kedua vaksin DTP ini terletak di komponen Hepatitis B dan vaksin Polio saja.
Sedangkan DTaP nya persis sama antara kedua jenis vaksin DTP kombinasi itu.
Bayi kan ada buku pemeriksaan kesehatan dan data tentang imunisasinya, minta dokter yang melakukan pemeriksaan dan imunisasi bayi itu tulis lengkap nama vaksin dan tanggal pemberian imunisasi terkait, sehingga mbak mempunyai data yang lengkap tentang pemeriksaan dan perkembangan kesehatan bayi anda.
Demikian keterangan saya untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3. Pertanyaan Kapan Tepatnya Untuk Pemberian Dosis Ke 5 Vaksin DTP Untuk Anak ?
  • malam dok, saya mau tanya imun dpt yg terakhir pada anak di usia 5 tahun, dan skarang anakku sdh 5 thn 3 bln, apa pmberian imun dpt masih bisa?….trimakasi seblumx dok
Jawab:  
Berarti ini vaksin DTP dosis ke 5 yang terakhir.
Dijadwal rekomendasi IDAI memang disebutkan dosis ke 5 itu diberikan sewaktu bayi telah mencapai usia 5 tahun, jadi saat inilah mbak harus memberikan dosis DTP yang ke5 ini pada anak anda.
Belum terlambat sama sekali, jangan kuatir 🙂
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
4. Pertanyaan Waktu Sedang Haid, Apakah Boleh Imunisasi Vaksin MMR ?
  • Dear Dr Leo,
    Saya mau tanya, vaksin mmr saat haid boleh tidak dok?
    Sent from my iPhone
Jawab:  

Syarat imunisasi jenis apapun, adalah si resipien vaksin harus sehat, tidak sedang sakit (berat atau serius).
Kalau saat mens atau haid dan sehat, tidak menjadi penghalang untuk imunisasi.
Silahkan saja.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
5. Pertanyaan Interval / Jedah Waktu Imunisasi Antara Vaksin Hidup (Live Attenuated Vaccine) Dan Vaksin Mati (Killed Vaccine)  
  • Selamat pagi dok,
    Saya mao menanyakan mengenai interval yg ideal untuk pemberian imunisasi pada bayi. Bayi saya lahir pada tgl 2 desember 2015.
    Diberikan vaksin hepatitis B pd keesokan hari nya. Dan polio 0 (umur 10 hari) pd tgl 12 des 2015.
    Hepatitis ke 2 pd umur 1 bulan 5 hari (7 Januari 2016)
    BCG pd umur 1 bulan 3 minggu (27 Januari 2016)
    Nah untuk vaksin DPT1,hib,polio itu idealnya jarak brpa minggu ya dok dari vaksin BCG tsb? Krna dokter anak sy menyarankan seminggu kmudian yAitu hari ini 3 Feb 2016. Tp saya Ragu, karena sy prnh mendengar info katanya minimal jarak 2 minggu.
    Setelah vaksin DPT1, hib, polio jika ingin vaksin rotavirus n pcv bagusnya jarak brapa minggu dok? Terima kasih dok atas jawaban nya.
Jawab:  
Menjawab pertanyaan anda tentang jadwal imunissi bayi anda, adalah sebagai berikut:
Bahwa saat ini bayi anda telah berusia 2 bulan lewat 8 hari. Dan vaksinasi yang telah diterima sampai saat ini adalah Hepatitis B dosis ke1 dan dosis ke 2
Vaksin Polio dosis 0
Vaksin BCG
Kalau anda lihat jadwal imunissi rekomendasi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia)   http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/ , maka saat ini adalah saat yang tepat untuk pemberian vaksin DTP Hib Polio dosis ke 1, juga vaksin PCV dosis ke 1 dan vaksin Rotavirus dosis ke 1
Dalam 1 kali kunjungan ke dokter, maka kita bisa memberikan bersamaan 2 jenis vaksin hidup yang telah dilemahkan (live attenuated vaccine) dan vaksin mati, seperti vaksin Rotavirus bersamaan dengan vaksin DTP Hib Polio atau vaksin PCV, atau 2 jenis vaksin yang telah dimatikan (killed vaccine), seperti vaksin DTP Hib Polio bersamaan dengan vaksin PCV.
Keterangan jedah waktu bisa anda baca di :
Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan ,  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Ada 2 jenis vaksin Rotavirus dengan jadwal imunisasi yang sedikit berbeda, detail bisa anda baca di

Jenis Vaksin Rotavirus Dan Jadwal Pemberian Vaksinasi Rotavirus    ( Perhatikaan Jenis Vaksin Rotavirus Yang Dipergunakan Untuk Bayi Anda, Karena Terdapat 2 Jenis Vaksin Rotavirus Dengan Jadwal Imunisasi Yang BerbedaHttp://Selukbelukvaksin.Com/Vaksin-Rotavirus-Jenis-Vaksin-Rotavirus-Dan-Jadwal-Imunisasi/

Demikian keterangan untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan Program Kejar Imunisasi Untuk Anak Yang Terlambat Jadwal Imunisasinya 
  • Selamat pagi dokter
    Sy ingin bertanya mngenai jadwal imunisasi. Anak ke-4 sy lahir 9 juli 2015, sdh vaksin DPT dan HIB 2x (usia 3 bln dan 5 bln). Rencananya akan vaksin yg ke-3 dgn mnggunakan imunisasi gabungan (DPT-HIB-Hepatitis B). Apkh tdk apa2 mnggunakn vaksin gabungan mengingat telah divaksin hepatitis 4x (2 kali vaksin tunggal, dan 2 kali vaksin gabungan DPT-HIB-Hepatitus B). Jd jika akan vaksin gabungan yg ke-3, vaksin hepatitis jd 5x? Anak ke-2 sy baru imunisasi HIB 1x yaitu pd usia 3thn. Skrg sdh usia 4,5thn. Kpn sebaikny diimunisasi HIB lagi? Anak pertama sy blm diimunisasi polio saat usia 5thn (skrg 9thn), jg blm pernah imunisasi HIB, apkh bisa diimunisasi saat ini? Mohon saran dokter. Terimakasih Salam,

Jawab:  

Kalau menurut cerita anda, maka anak anda ke4 sudah mendapatkan imunisasi dengan vaksin kombinasi yang mengandung antigen vaksin Hepatitis B, dan sebelumnya anda telah memberikan vaksin Hepatitis B tunggal, sehingga kali ini bila anda berikan lagi vaksin kombinasi, maka anak ke 4 ini telah mendapatkan imunisasi untuk Hepatitis B hingga 5 kali.
Sebenarnya imunisasi yang memberikan efek yang optimal itu adalah bukan berapa kali kita berikan imunisasi, tapi yang penting adalah sesuai dengan jadwal anjuran dan konsistensi jenis vaksin yang dipergunakan, jadi jangan selalu mengganti jenis vaksin yang  dipakai dalam satu seri imunisasi.
Sedangkan kelebihan imunisasi tidak ada efek jelek yang merugikan, hanya saja menjadi mubasir dan sia2kan uang, sedangkan efeknya tidak akan lebih baik.
Untuk anak ke2 yang saat ini sudah berusia 4.5 tahun, yang pada usia 3 tahun dapat dosis 1 Hib, saat ini anak tersebut sudah tidak diperlukan lagi imunisasi Hib. Detail bisa anda baca di:
http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-vaksin-tertinggal-vaccines-catch-up-program-versi-us-cdc/
Untuk anak pertama yang sudah berusia 9 tahun, belum pernah dapat imunisasi  Hib, tapi pernah dapat imunisasi polio sekali.
Untuk anak ini jelas vaksin Hib juga sudah tidak diperlukan lagi.
Juga vaksin polio sudah tidak diperlukan lagi pada usia ini.
Saran saya untuk mbak, berikan imunisasi kepada masing2 anak tersebut, sesuai dengan usia mereka saat ini.
Rasanya masih banyak vaksin penting lain yang terlewatkan bagi anak2 mbak ini.
Coba anda baca jenis vaksin yang dianjurkan dan jadwal imunisasi yang dianjurkan oleh para ahllinya, dan berikan vaksinasi sesuai dengan umur dan kebutuhan anak2 anda, seperti misalnya vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B, vaksin Varicella, vaksin PCV dan vaksin HPV, dan lainnya
http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian jawaban untuk pertanyaan mbak, semoga ini menjawab dan bisa membantu.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
7. Pertanyaan Tidak Mengikuti Jadwal Anjuran Imunisasi, Lebih awal Atau Terlambat Dari Jadwal, Efek Apa Yang Akan Terjadi ?   
  • Siang dok, maaf mengganggu. Saya mau tanya dok. Saya hbs imunisasi anak saya. Tdk melihat dlu imunisasi sblm ny tgl brp? Setelah di imunisasi baru sadar kalo tgl 9 feb baru imunisasi dpt/hb 1 sm polio 2. Hr ini dpt/hb 2 dan polio 3. Kan aturan ny hrs 4 minggu stlah yg sblm ny. Ini blm smpai 4 minggu. Lihat di internet kt ny kalau ke dobel titer antibody yg terbentuk tdk bermakna membuat anak tdk kebal. Bgaimana solusi ny dok kalau sdh terlanjur. Trmksh
Jawab:  
Menjawab pertanyaan dan rasa galau anda tentang jadwal pemberian imunisasi yang terlalu cepat daripada anjuran jadwal.
Melihat interval waktu yang anda sebutkan yaitu 4 minggu antara dosis, dan komposisi vaksinnya terdiri dari DTP Hep Hib, maka saya berani ambil  kesimpulan bahwa jenis vaksin kombinasi yang anda berikan pada bayi anda itu adalah jenis vaksin kombinasi Pentabio, hasil produksi dari PT. Bio Farma, Bandung.
Menurut anjuran pembuat vaksin Pentabio ini, jadwal adalah 3 dosis lengkap, dosis pertama minimal bayi telah berusia 6 minggu. Kemudian interval  waktu antara dosis ke 2 dan dosis ke 3 adalah masing2 minimal interval 4 minggu antara dosis yang satu dengan dosis berikutnya.
Sedangkan anda telah memberikan dosis Pentabio yang ke2 dalam rentang waktu yang kurang dari 4 minggu, persisnya 3 minggu saja.
Efek jelek atau efek positif apa yang akan terjadi, bila kita memberikan imunisasi satu serie vaksin tidak mematuhi jadwal interval waktu yang dianjurkan ?
Jawabnya adalah tidak akan terjadi suatu apapun, kalau kita mempercepat jadwal imunisasi seperti kasus bayi anda, maka bayi tersebut tidak akan menjadi lebih kebal terhadap penyakit itu dibandingkan kalau kita memberikan vaksin sesuai dengan jadwalnya.
Sebaliknya juga, pemberian yang lebih cepat dari jadwal, tidak akan menyebabkan bayi tersebut menjadi hilang perlindungan vaksin terhadap penyakit tersebut, seperti yang ibu kuatirkan.
Untuk sisa dosis vaksin Pentabio yang ketiga, sebaiknya diberikan sesuai dengan jadwal pemberian Pentabio ini, yaitu dengan interval waktu 4 minggu minimal, antara dosis yang satu dengan dosis berikutnya.
Sebagai tambahan informasi untuk anda dan orang tua yang lain:
Ada banyak penelitian ilmiah yang membuktikan, bahwa percepatan jadwal imunisasi tidak lebih baik atau unggul hasil imunisasinya daripada dengan menunda jadwal pemberian imunisasi dengan jenis vaksin yang sama.
Atau dengan kata lain yang sederhana, bahwa hasilnya lebih baik jika kita terlambat atau menunda interval pemberian imunisasi daripada mempercepat jadwalnya.
Tetapi yang terbaik adalah berilah imunisasi vaksin, jenis vaksin apapun, sesuai dengan jadwal anjuran pabrik pembuatnya dan anjuran para pakar imunisasi, karena jadwal anjura itu adalah hasil penelitian klinik yang sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga semua hasilnya adalah berdasarkan bukti ilmiah yang akurat dan bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
Anjuran saya untuk anda, lain kali bila ingin memberikan imunisasi lagi, perhatikan jadwal imunisasi sebelumnya untuk jenis vaksin tersebut, perhatikan kapan dosis sebelumnya telah diberikan, sehingga terhindar dari kekeliruan jadwal imunisasi ini.
Jadwal imunisasi untuk vaksin dasar bayi usia 0 hingga remaja 18 tahun, bisa anda simak dan pelajari di website :   http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/ (versi Jadwal anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia), atau :
(versi US – CDC)
Demikian semoga menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
8. Pertanyaan Bayi Sebelumnya Telah Mendapatkan Imunisasi Hepatitis B, Kalau Memakai Vaksin Pentabio, Berarti Akan Terima Vaksin Hepatitis  B Lebih Dan Tidak Sesuai Schedule Jadwal, Apa Yang Boleh Kita Lakukan ? 
  • Selamat sore Dr. Leo,  Saya memiliki pertanyaan mengenai imunisasi anak saya yang sekarang berusia 9 minggu. Akhir minggu ini saya berencana membawa anak saya untuk diimunisasi DPT, HiB yang pertama dan Polio yang kedua. Untuk imunisasi Hepatitis yang ke 2 menggunakan vaksin Euvax B, sudah dilakukan pada usia 6 minggu.  Pertanyaan saya, apabila imunisasi DPT dan Hib ini akan menggunakan vaksin Pentabio yang didalamnya juga terkandung vaksin Hepatitis, apakah boleh dok? mengingat jarak untuk imunisasi hepatitisnya hanya selang 3 minggu. Dari banyak artikel yang saya baca masih ada opsi menggunakan vaksin Pediacel yang tidak mengandung vaksin hepatitis namun dengan biaya yang lebih mahal dan kondisi stok yang langka saat ini.  Mohon saran untuk imunisasi yang bisa saya lakukan dok, apakah bisa menggunakan Pentabio saja atau harus menggunakan vaksin lain yang tidak mengandung vaksin hepatitis. Terima kasih
Jawab:  
Dari kronologis anda, bahwa bayi anda telah diberikan imunisasi vaksin Hepatitis B 2 dosis (dosis pertama saat lahir, dan dosis ke 2 waktu usia 1 bulan).
Sekarang saatnya untuk memberikan imunisasi DTP Hib dosis ke 1 untuk bayi anda. Pilihan bisa Pentabio yang komposisinya adalah DTaP Hib Hepatitis B atau Pediacel yang terdiri dari DTaP Hib Polio, hanya lebih mahal dan sedang langka saat ini.
Jawabnya pilih saja Pentabio, meskipun dalamnya ada kandungan vaksin Hepatitis B, berarti bayi anda akan mendapatkan dosis ke 3 vaksin hepatitis B, yang seharusnya baru dia dapat saat telah berusia 6 bulan.
Untungnya untuk vaksinasi, kita tidak mengenal apa yang disebut over dosis seperti halnya dengan obat2an farmasi, dan tidak terjadi efek negatif pada bayi.
Hanya selanjutnya, usahakan tetap pakai vaksin Pentabio hingga selesai sesuai dengan jadwal imunisasi yang dianjurkan.
Demikian keterangan untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
9. Pertanyaan Untuk Mereka Yang Test HBsAg+, Apakah Bisa Dan Berguna Diberikan Imunisasi Vaaksin Meningitis Untuk Ibadah Umroh ?
  • Selamat sore dok..
    Maaf mau bertanya
    Jika penderita hbsag(+) melakukan vaksin meningitis apakah akan ada dampaknya?sedangkan vaksin meningitis adalah syarat untuk bisa melaksanakan haji dan umroh..
    Terimakasih sebelumnya dok
Jawab:
Pertanyaan anda bahwa penderita atau orang yang mempunyai HBsAg+, bila diberikan imunisasi vaksin Meningitis, apakah bisa dan ada gunanya, begitu maksud anda?
Jawabnya adalah : Ada manfaatnya untuk orang tersebut, diberikan vaksin apapun akan memberikan efek proteksi yang kita inginkan.
Lakukan saja imunisasi sesuai anjuran pemerintah Saudi Arabia dan DepKes RI kita.
Kalau hanya melihat HBsAg+ saja, tanpa data2 laboratorium penyerta lainnya, kita tidak bisa tahu apa yang terjadi dengan orang tersebut.
Tapi untuk mereka yang HBsAg positif bahkan jelas penderita hepatiyis B, kita tetap menganjurkan pemberian imunisasi yang diperlukan untuk melindunginya.
Selamat menunaikan ibadah haji anda. Sukses !
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

10. Pertanyaan Karena Kekosongan Persedia Vaksin Kombinasi DTaP Hib Polio, Apakah Boleh Beralih Ke Vaksin Merek Yang Lain?    
  • Dok, bulan ini anak saya berumur 6 bulan.. Sesuai saran dokter, series imunisasi saya pakai infanrix.
    Saat ini vaksin infanrix hib maupun infanrix hexa sedang kosong dimana-mana.
    Ada yg menawarkan pediacel. Bagaimana jika saya pakai pediacel tsb dok? Terimakasih sebelumnya.. Salam,

Jawab:   

Menurut kabar teman2 kolega, memang vaksin kombinasi DTaP Hib Polio sedang kosong, belum tahu kapan baru akan ada di Indonesia, semoga tidak terlalu lama saja.
Menurut jadwal imunisasi, baik IDAI juga dari US CDC, maka jadwal untuk dosis ke 3 adalah pada saat bayi mencapai usia 6 bulan.
Tapi tentu ada fleksibilitas untuk jadwal imunisasi ini, tidak harus tepat sampai persis 6 bulan, kita boleh molor2 sedikit 1 bulan atau lebih lama sedikit, karena ini adalah DTaP Hib Polio dosis yang ke 3. Antibody yang dibentuk oleh sistim pertahanan tubuh sudah lumayan tinggi untuk menangkal penyakit2 terkandung ini.
Hanya saja, begitu ada vaksinnya tersedia, maka segeralah diberikan imunisasi dosis yang ke3 ini. ( http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-bayi-hingga-anak-remaja-usia-18-tahun-versi-us-cdc/ ).
Saran saya, bila mbak rasa kurang nyaman, tetap mau ikuti jadwal imunisasi DTaP Hib Polio ini, bisa mbak alihkan dengan merek yang tersedia saat ini, seperti Pediacel.
Usahakan kalau bisa tetap memakai dari pabrik pembuat yang sama, tapi jika saja mungkin ya.
Semoga menjawab pertanyaan mbak.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

 

Vaccine Saves Lives !

tags: , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – February 2016