Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2017

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2017

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Dr. Albert Sabin,

Dr. Albert Sabin
Source: sciencephoto.com

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

——————————————————————————————————————–

  1. Pertanyaan: Vaksin Dasar Apa Yang Sesuai (secara  ekonomis juga) Untuk Bayi Saya ?
  • dok saya mau tanya. anak saya lahir tgl 31 oktober, di rumah sakit belum diberi imunisasi. saya imunisasi hepatitis B1 dan polio 0 setelah usia 18 hari tgl 18 november. untuk imunisasi selanjutnya kapan ya dok? 1 bulan dari tgl lahir anak atau 1 bln dari imunisasi pertama?
    dan di dekat rumah ada posyandu rutin dok, ada utk imunisasi anak jg, rencananya saya mau disini aja nanti, rutin, jika memungkinkan. jadwal posyandu akhir bulan hari jumat minggu ketiga setiap bulannya.
    apakah saya ikut yg posyandu saja, jd tidak berpatokan dgn tgl lahir anak ataupun dgn tgl imunisasi pertama td?
    mohon dijawab ya dok, jika memang sebaiknya brdasarkan usia anak ataupun tgl imunisasi pertama, maka saya akan bawa anak utk imunisasi di rs tdk usah tunggu posyandu. terima kasih banyak dok

 

Jawab: 

Menjawab pertanyaan anda tentang jenis vaksin yang akan anda berikan untuk bayi anda ini.
Saya sarankan anda menggunakan vaksin Pentabio buatan PT Bio Farma Bandung.
Vaksin Pentabio terdiri dari kombinasi vaksin DTP, Hepatitis B dan Hib B, sehingga anda tidak repot2 untuk memberikan vaksin2 tersebut secara sendiri2 dan pasti akan lebih mahal.
Vaksin Pentabio  ini disubsidi oleh pemerintah, jadi anda bisa mendapatkan vaksin ini di Puskes atau ke  ibu2 Bidan.
Jadwal imunisasi vaksin Pentabio ini adalah pada saat usia bayi minimal sudah 6 minggu untuk diberikan dosis pertama, selanjutnya dosis ke 2 dan dosis ke3 diberikan dengan interval  waktu 4 minggu dari masing2 dosis sebelumnya.
Vaksin Pentabio yang lengkap adalah terdiri 3 dosis.
Untungnya dalam vaksin Pentabio juga sudah terkandung vaksin untuk mecegah penyakit difteri yang sedang dihebohkan karena mewabah.
Hanya saja karena vaksin Pentabio ini tidak ada vaksin Polio, jadi anda harus mendapatkan vaksin Polio yang OPV juga di Puskes atau ibu2 Bidan.
Jadwal lengkap imunisasi untuk bayi hingga remaja usia 18 tahun dan juga tentang vaksin Pentabio ini bisa anda baca dan simak di website ini http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

 

2. Pertanyaan: Interval Imunisasi Antara Vaksin PCV (Pneumonia Conjugate Vaccine) Dengan Vaksin Campak 

 

  • Selamat malam dokter. Saya ingin berkonsultasi tentang pemberian vaksin. Hari ini tgl 21 nov 2017 anak saya diberikan suntik vaksin IPD (prevenar 13) yg ketiga saat usia 8 bulan dan telah dijadwalkan utk imunisasi selanjutnya yaitu imunisasi campak pada tanggal 7 des 2017. PERTANYAAN saya adalah Apa boleh jarak imunisasi IPD ke campak hanya berselang 2 minggu? Terimakasih dok mohon bantuannya untuk menjawab.
Jawab: 
Yang anda maksud itu vaksin PCV (Pulmonary Conyugate Vaccine)?
Ketahuilah bahwa dalam 1 kali kunjungan I’m munisasi kita bisa berikan 1 vaksin hidup campak dan 1 vaksin mati PCV.  Jarak 2 minggu yang anda berikan sudah lebih dari cukup.
Detail bisa anda baca dan simak di website
Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
Sent from Samsung tablet.
3. Pertanyaan ; Interval Waktu Pemberian Imunisasi Dengan Pemberian Obat Steroid 
  • Siang dok..maaf saya mau bertanya..saya tahun 2011 di diagnosa RA, saya konsumsi kortikosteroid n metothrexat selama 1tahun lebih..di tahun 2013 sampai dengan saat ni saya tidak pernah konsumsi obat lagi..
    Di bulan ni saya mau ada vaksin tetanus diphteria..apa boleh saya vaksin dok?
    Makasi dok
Jawab;
Kalau saya tidak salah pemberian obat2an steroid ini telah terjadi pada tahun 2011 dan sejak 2013 sudah tidak pernah konsumsi obat steroid lagi.
Anda bisa diberikan vaksin  tanpa halangan apapun.
Pengaruh obat steroid dengan imunisasi bisa anda baca dan simak di website  tanya jawab vaksin http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-april-2014/
Semoga ini menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

4. Pertanyaan: Jadwal Anjuran Untuk Pemberian Berbagai Jenis Vaksin Secara Serentak 

 

  • Selamat malam, dr.  Bayi saya tanggal 8 Desember lalu usianya 2 bulan dan diimunisasi Hexamin. Rencana awal saya, diimunisasi simultan dengan BCG, namun vaksin BCG nya kosong. Apakah boleh pada tanggal 21 Desember nanti bayi saya imunisasi simultan BCG, PCV, dan Rotavirus? Bagaimana dengan lokasi pemberian suntikannya?  Terimakasih banyak, dr. Saya harapkan penjelasannya.
Jawab: 
Sebelum kita lanjutkan pembahasan rencana imunisasi bayi anda, saya ingin membuat koreksi, yaitu vaksin yang anda berikan bayi anda saat berusia 2 bulan itu adalah HEXAXIM bukan hexamin. Coba anda periksa lagi dibuku imunisasi bayi anda, apa nama yang benar dari vaksin tersebut.
Nanti 21 Desember anda rencana akan memberikan imunisasi sekaligus vaksin PCV, BCG dan Rotavirus.
Seperti yang anda ketahui, dalam 1 kali kunjungan imunisasi kita bisa dan boleh memberikan 2 jenis vaksin bersamaan, detail bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Saran saya dalam  satu kunjungan berikan vaksin BCG dan Rotavirus lebih dahulu, karena kedua vaksin ini adalah jenis vaksin virus hidup yang telah dilemahkan, jadi bisa diberikan bersamaan dalam 1 kali kunjungan imunisasi.
Pada kunjungan minggu berikutnya baru diberikan imunisasi vaksin PCV.
Demikian saran saya. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

5. Pertanyaan: Jadwa Imunisasi Beberapa Jenis Vaksin Secara Simultan  

  • Dokter anak saya tgl 28 okt vaksin pcv pertama, 25 November vaksin influenza nah tgl 23 Desember ini dia akan vaksin pcv yg ke 2 pdhl bsok tgl 16 Desember akan d vaksin difteri d posyandu krna program pemerintah.. pertanyaan : apakah boleh dvaksin 2x dengan vaksin yang berbeda dalam waktu 1 Minggu?
Jawab: 
Menjawab pertanyaan anda, bahwa tidak ada masalah dalam jarak 1 minggu bayi anda akan mendapatkan vaksin DTP dan minggu berikutnya rencana akan diberikan vaksin PCV2.
Seperti anda ketahui, dalam 1 kali kunjungan imunisasi, kita boleh dan bisa memberikan suntikan simultan 2 jenis vaksin berbeda bersamaan, asal saja tempat suntikan yang berbeda dan kedua jenis vaksin itu tidak dicampur menjadi satu, kecuali itu memang vaksin kombinasi yang dipersiapkan oleh pembuat vaksin kombinasi tersebut.
Detail jadwal dan interval antara jenis imunisasi bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Demikian penjelasan untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan: Imunisasi TIdak MEngikuti Jadwal Anjuran, Apakah Berhasil Imunisasi Tersebut ?  
  • Mau nanya dok1. Desember 2015 lalu saya melakukan vaksin yg pertama dan kedua dengan jarak satu bulan tapi vaksin yg ketiga jaraknya 2 tahun, apakah saya perlu ulang vaksin lg, apakah hasilnya jika dengan jadwal diatas ?2. Setelah vaksin yg ketiga kapan kita bisa cek anti HBs nya,atau harus menunggu berapa lama kita cek anti HBs nya, apakah satu minggu kita sudah bisa cek

    Terima kasih dokter

Jawab: 
Jadwal yang direkomendasikan untuk vaksin Hepatitis B, (anda tidak sebut jenis vaksinnya, tapi dari pertanyaan anda saya asumsi ini vaksin Hepatitis B), adalah seperti yang tercantum dalam website ini  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Dan untuk mendapatkan hasil proteksi vaksin yang optimum, sebaiknya kita harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan.
Dalam kasus anda yang telah mendapatkan 2 dosis vaksin Hepatitis B, namun dosis ke3 yang telah anda “lupakan” hingga 2 tahun lamanya. Saat ini anda boleh berikan dosis ke3 tanpa harus mengulang seluruh proses imunisasi darii awal lagi.
Biasanya titer antibody bisa kita ukur minimal  1 atau 2 minggu setelah imunisasi.
Demikian penjelasan saya untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

 

7. Pertanyaan: Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin Yang Diberikan (Spacing) 

  • Selamat malam Dokter saya ingin bertanya karena saya sangat khawatir sampai sampai saya tidak bisa tidur.
    Yang ingin saya tanyakan adalah apakah boleh vaksin pcv prevenar 13 disuntikan dipaha kiri, vaksin cacar air sebelah kanan disuntik, lalu diberikan polio tetes oral (ini polio mengejar ketinggalan 1xpolio sebelum nya)Apakah tidak apa apa tiga vaksin sekaligus? Apa efek sampingnya
    Terimakasih banyak dokter semoga dibalas.

 

Jawab: 

Saya berasumsi yang mnenerima vaksin ini adalah bayi anda yang masih berusia dibawah 3 tahun (batita), umumnya untuk bayi berusia demikian kita memberikan vaksin dilokasi paha ketimbang diotot lengan atas seperti pada remaja dan orang dewasa. Detail bisa anda baca dan simak di website http://selukbelukvaksin.com/vaksinasi-di-lengan-atau-paha-mana-yang-lebih-baik/
Kemudian masalah jadwal pemberian ragam jenis vaksin dalam 1 kali kunjungan imunisasi, untuk vaksin yang mati (killed vaccine) dan vaksin yang hidup yang telah dilemahkan (live attenuated vaccine), kita bisa berikan bersamaan 2 jenis vaksin sekaligus dari jenis vaksin yang sama, dalam 1 kali kunjungan. Demikian juga kita bisa berikan 2 jenis vaksin dari jenis yang berbeda dalam 1 kali kunjungan imunisasi.
Detail bisa anda baca dan simak  di website http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/, di caption ini :
Catatan tambahan Tentang Waktu Imunisasi (Timing) dan Urutan Jenis Vaksin (Spacing)  yang diberikan  :
Jadi Vaksin PCV 13 adalah jenis vaksin mati, yang vaksin hidup tapi dilemahkan adalah vaksin Varicela dan vaksin Polio Oral saja. Tidak menjadi masalah karena vaksin2 ini anda berikan bersamaan dalam 1 kali kunjungan, bukan anda berikan terpisah.
Karena bila anda berikan vaksin hidup tapi dengan jadwal terpisah, maka vaksin hidup berikutnya baru boleh anda berikan setelah selang waktu interval 4 minggu. Dengan pengecualian untuk vaksin hidup yang diberikan secara oral seperti OPV Polio yang anda berikan.
Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

 

8. Pertanyaan: Apa Itu KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Vaksin Difteri ? Apa Yang Harus Kita Lakukan ? 

  • Pagi dok.. Anak saya habis vaksin defteri.. Sudah 3hari ini lemas..dan tidak mau jalan.. Saya takut terjadi hal yg mengerikan.. Bagaimana dok..Mohon pencerahannya.. Terima kasih
Jawab:
Saya mengutip KIPI (Kajadian Ikutan Pasca Imunisasi) vaksin  DTP dari sumber kompeten, yaitu IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

DPT

Reaksi  yang dapat terjadi segera setelah vaksinasi DPT antara lain demam tinggi, rewel, di tempat suntikan  timbul kemerahan, nyeri dan pembengkakan, yang akan hilang dalam 2 hari. Orangtua / pengaruh dianjurkan untuk memberikan minum lebih banyak (ASI atau air buah), jika demam pakailah pakaian yang tipis, bekas suntikan yang nyeri dapat dikompres air dingin, jika demam berikan parasetamol 15 kg/kgbb setiap 3 – 4 jam bila diperlukan, maksimal 6 kali dalam 24 jam, boleh mandi atau cukup diseka dengan air hangat. Jika reaksi-reaksi tersebut berat dan menetap, atau jika orangtua  merasa khawatir, bawalah bayi / anak ke dokter.

Keadaan bayi anak anda tidak disebutkan dalam KIPI DTP yang sering dijumpai, meskipun demikian mungkin saja ini adalah KIPI yang tidak tercatat. 
Seperti yang disarankan dalam kutipan diatas, coba anda perhatikan dan bila setelah sekian hari masih seperti itu, maka segera konsulkan anak  anda kepada dokter yang memberikan imunisasi ini, agar dilakukan tindakan seperlunya. 
 
 
Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat. 
 
Salam, 
Dr. Leo Kurniawan 

Vaccine Saves Lives !

tags: ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2017