Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2015

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2015

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Imunisasi dan Hal Terkait  Google Free Image

Imunisasi dan Hal Terkait
Google Free Image

——————————————————————————————————————–

1. Pertanyaan Vaksin Varicella Untuk Orang Dewasa, Berapa Jumlah Dosis Yang Tepat Dan Jadwal Imunisasinya

  • Dokter saya mau bertanya mengenai vaksin varisella pada dewasa. Saya wanita berusia 33 thn (memiliki 1 anak); Hingga kini belum pernah terkena cacar air. Saya pernah divaksinasi varisella sebanyak 3 kali saat dewasa, yaitu : – lbh kurang antara thn 1997-2000 (lupa brp kali suntik) – lbh kurang antara thn 2007-2008 (lupa brp kali suntik) – lbh kurang antara thn 2013-2014 (hanyà 1 kali suntik)
Yg ingin saya tanyakan :
– apakah berbahaya jika dilakukan vaksinasi berulang?
– apa yg akan terjadi bila vaksinasi yg diberikan tidak sesuai dosis yg dianjurkan? ( yg br saya baca adalah 2 kali dengan jarak 1-2 bulan)
Terimakasih banyak sebelumnya,
Jawab: 
Wah hebat sekali, karena semenjak tahun 1997 sampai saat ini, telah menerima imunisasi vaksin Varicella sebanyak itu.
Sesuai jadwal rekomendasi pabrik pembuat vaksin Varicella dan anjuran para pakar vaksinasi, maka jumlah imunisasi vaksin Varicella adalah sebanyak 2 dosis saja, yaitu dosis pertama, misalnya saat ini, lalu dosis ke 2 yang terakhir adalah dengan interval minimal 4 minggu dari dosis yang pertama tadi.
Seandainya anda telah mendapatkan imunisasi lengkap vaksin Varicella ini, maka anda sudah tidak perlu lagi mengulang imunisasi vaksin varicella seperti yang telah anda lakukan setelah tahun 1997 itu.
Vaksinasi yang berlebihan, dan tidak sesuai anjuran pabrik pembuat vaksin dan juga anjuran para pakar, tidak akan memberikan manfaat tambahan apapun, bahkan kemungkinan bisa menyebabkan efek samping tidak kita inginkan, yang disebabkan oleh karena tindakan penyuntikan dan lain lain hal.
Anda bisa membaca dan menyimak dengan teliti tentang jenis vaksin yang diperlukan oleh orang dewasa dan usia lanjut, juga jumlah dosis dan jadwal pemberian vaksinasi tersebut di website  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Demikian keterangan saya semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
2. Pertanyaan Vaksin Anjing Yang Kadaluarsa, Apakah Ada Efek Atau Pengaruh Buruk Untuk Anjing tersebut ?
  • Selamat malam dokter Leo,
    dokter saya ingin menanyakan tentang vaksin, saya telah membaca artikel dokter diwww.selukbelukvaksin.com yang berjudul “masa kadarluasa vaksin”
    saya melakukan vaksin pada anjing saya, dan ternyata vaksinnya sudah kadarluasa, sudah kadarluasa 1 minggu,
    artikel yang ditulis adalah vaksin untuk manusia yang menyatakan bahwa vaksin kadarluasa yang tidak sengaja disuntikkan tidak berbahaya dan hanya perlu melakukan vaksin ulang, apakah artikel tersebut juga berlaku untuk vaksin pada hewan?
    karena saat saya tanyakan pada dokter hewan yang memberikan vaksin pada anjing saya, ia terlihat bingung dan tidak tahu harus berbuat apa.
    terimakasih
    saya sangat mengharapkan balasannya.
    Warm regards,
Jawab:  
Saya bukan dokter hewan 🙂
Tapi saya akan coba menjawab pertanyaan anda dengan logika dokter manusia dan juga prinsip tatalaksana vaksin untuk manusia.
Seperti anda ketahui, vaksin (manusia ataupun hewan) yang penting adalah suhu / temperature selama, dan juga cara transportasi dan penyimpanan hingga saat vaksin itu dipergunakan. Ini yang disebut “rantai dingin”atau “cold chain” dalam artikel diwebsite www.selukbelukvaksin.com
Jadi logisnya, perlakuakn vaksin manusia dan hewan itu seharusnya sama. Termasuk rantai dingin, masa expirasi dll.
Dari kasus anda, vaksin baru expired 1 minggu, seharusnya tidak menjadi masalah, asal saja cara penyimpanan vaksin ini sesuai dengan persyaratan yang saya sebutkan di  http://selukbelukvaksin.com/sistim-rantai-dingin-vaksin-atau-cold-chain-vaccines-siapa-perlu/
Bila anda masih ragu, tunggu beberapa minggu lagi, lalu berikan ulangan vaksin jenis yang sama, tapi kali ini, anda harus yakin bahwa vaksin TIDAK EXPIRED !
Demikian keterangan saya, semoga menjawab keragu2an anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
3. Pertanyaan Bagaimana Efeknya Bila Kelebihan Dosis Vaksin Yang Sama ?  
  • Satu pertanyaan lagi yg br terpikirkan oleh saya dok. dlm artikel dokter yg saya baca mengatakan “efektifitas atau keampuhan vaksin yg kawarluasa akan semakin lemah dan bahkan menghilang untuk mencegah penyakit”, seandainya ternyata vaksin yg sudah expired itu masih berfungsi dgn baik, kemudian setelah 2/3 minggu saya suntikkan vaksin lagi. Sehingga dosis vaksinnya double dok. Apakah itu tidak berbahaya??  Atau ada efek sampingnya? Jika tidak berbahaya saya berencana 2/3 minggu kedepan akan membrikan vaksin ulang. Anjing saya jenisnya mini pomeranian, biasanya disebut mini pom dokter. 🙂 Warm regards
Jawab:  
Potensi vaksin apapun tergantung pada banyak faktor, salah satu yang terpenting adalah suhu penyimpanan vaksin (cold chain/ rantai dingin) vaksin, juga masa kadaluarsa vaksin.

Seperti yang anda baca di website  http://selukbelukvaksin.com/sistim-rantai-dingin-vaksin-atau-cold-chain-vaccines-siapa-perlu/, maka semakin lama masa kadaluarsa vaksin ini terlewatkan, maka potensi vaksin tersebut semakin rendah menurun sampai hilang daya proteksinya.
Daya proteksi vaksin berbanding terbalik dengan waktu atau masa penyimpanan vaksin, meskipun rantai dingin tetap terjaga baik.
Untuk pertanyaan anda, kalau kita mengulang vaksinasi, sedangkan ternyata vaksin yang kita curiga potensinya sudah menurun itu ternyata masih baik atau cukup kuat, lalu efek apa yang terjadi ?
Jawabnya adalah tidak ada efek apa2, tidak akan terjadi bahwa efek potensi vaksin akan menjadi lebih besar, seperti hitungan matematik 1 + 1 = 2 begitu.
Hanya terjadi kemubaziran biaya dan kemungkinan akan terjadi efek samping vaksin atau KIPI untuk mereka yang sensitif saja.
Kalau vaksin baru terlewatkan 1 minggu dari masa expired, rasanya tidak perlu diulang, apalagi bila rantai dingin dan cara penyimpanan vaksin tersebut sudah sesuai dengan syarat2 penyimpanan vaksin (vaksin manusia juga vaksin untuk hewan piaraan/pet).
Tapi pilihan ditangan anda.
Semoga cukup jelas semua keterangan ini.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
4. Pertanyaan Terlewat Jadwal Imunisasi Vaksin Hepatitis B, Apakah Boleh Dipertukarkan Pemakaian Vaksin Hepatitis B Dengan Pabrik Pembuat Yang Berbeda ?  
  • Selamat siang dong,saya mo tanya saya sudah vaksin hepatitis b, untuk vaksin yg ke 2 saya kelewatan hmpir 2 mggu krna saya krja di prtmbgan dan akses ke kota mmbutuhkan waktu… apa dampaknya bila jarak vaksinnya segitu dok trus apakah boleh ganti merk untuk vaksin selanjutnya . Merk vaksin yg saya gunakan adalah engerix B…mohon advicenya dok
Jawab:  
Seperti yang anda ketahui bahwa jadwal imunisasi Vaksin Hepatitis B adalah dosis ke 1 di 0 bulan, dosis ke 2 adalah 1 bulan setelah dosis pertama dan yang terakhir adalah dosis ke3 pada waktu 6 bulan setelah dosis yang pertama.
Detail jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B untuk Orang Dewasa bisa anda baca dan simak di  http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-dewasa-2013/
Dalam kasus anda yang baru terlambat 2 minggu dari jadwal tidak akan menjadi masalah.
Untuk jenis vaksin Hepatitis B, kita boleh menukarkan antara satu brand vaksin hepatitis B dengan brand vaksin hepatitis B yang lain, dengan jadwal imunisasi yang tetap sama.
Pertukaran jenis vaksin hepatitis B ini baru kita lakukan bila  terjadi kekosongan persediaan jenis vaksin hepatitis B yang telah kita pakai sebelumnya.
Demikian keterangan  untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
5. Pertanyaan Apakah Bahaya Karena Kelebihan Dosis Vaksin Hepatitis B Untuk Bayi Baru Lahir    
  • Dok saya ingin bertanya, apabila vaksin hb yg baru lahir di suntikan 2x atau dosis dobel ke bayi baru lahir dalam jangka waktu kurang dri 12 jam, apa bahaya yg ditimbulkan? Terimkasih dok
Jawab:   
Yang anda maksudkan vaksin hb itu vaksin Hepatitis B bukan ?
Dosis vaksin Hepatitis B untuk bayi dan anak kecil adalah separuh dari dosis orang dewasa.
Jadwal imunisasi adalah: Dosis pertama saat lahir, dosis kedua saat bayi telah mencapai usia 1 bulan dan dosis yang terakhir saat bayi telah berusia 6 bulan.
Detail jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B untuk bayi, bisa anda baca dan simak dihttp://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-bayi-hingga-anak-remaja-usia-18-tahun-versi-us-cdc/
Untuk kasus anda, bahwa dosis pertama vaksin Hepatitis B telah diberikan 2 kali. Hal ini tidak menyebabkan yang berbahaya bagi bayi, hanya saja mubazir biaya dan kecerobohan yang seharusnya tidak boleh terjadi.
Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
6. Pertanyaan Kelengkapan Vaksin Hepatitis B Bayi, Apa Perlu Ditambah Lagi Dosisnya ?
  • Sore dok,mau tanya anak saya baru ber umur 6bln tgl 26 des ini,dan dibimun di rs swasta,anak saya di imunisasi hep B 1 pada saat lair,pada tgl 6 agustus imun BCG hep B 2 dan polio 1,pada tgl 12 sep imun DPT 1,HIB DAN POLIO 2 untuk imun dptnya saya pilih yg pentabio,tgl 15 okt pentabio 2 dan tgl 16 nov pentabio 3,pada waktu imun trakhir pentabio ada jadwal priksa dan pd busia 6 bln jadwal imun hep B 3,tp setlah priksa dokter td jadwalnya berubah pd usia 6bln kata dokter ga perlu imun hep B nya,karna imun pentabio sudah ada hep b nya,dijadwal kan langsung umur 9 bln untuk campak?itu gimana dok apa masih perlu untuk imun hep B 3nya waktu usia 6 blnnya? Apa sudah ckp untuk imun hep B? saya ragu ragu dok,dulu waktu anak saya yg pertama juga ada imun hep B 3 waktu usia 6bln,apa untuk imun pentabio sudah cukup? Untuk memenuhi vaksin hep B nya? Thanks
Jawab:  
Dari paparan anda tentang jadwal dan jenis vaksin yang telah diberikan untuk bayi anda hingga saat ini berusia 6 bulan.

Telah  saya runutkan bahwa bayi anda telah mendapatkan vaksin2 jenis sebagai berikt :
– vaksin Hepatitis B 1, HepB 2 (July dan Agustus)
– Sat September, vaksin Pentabio 1 yang berisi DTaP- Hib – Hep B (yang ke 3 untuk bayi anda)
–  Saat Oktober, vaksin Pentabio 2 yang isinya DTaP – Hib dan Hep B (ini yang ke4 kali vaksin Hepatitis B untuk bayi anda)
– Saat November, vaksin Pentabio 3 (vaksin Hepatitis B ke 5 kali untuk bayi anda)
Jadi sebenarnya pada usia 6 bulan, bayi anda telah menerima vksin Hepatitis B lebih dari 3 kali yang dianjurkan, sehingga sudah tidak perlu ditambahkan lagi sat usia 6 bulan.
Yang perlu anda perhatikan sekarang adalah vaksin Polio nya, karena hingga berusia 6 buan, baru mendapatkan 1 x vaksin polio.
Detail jenis dan jadwal vaksin untuk bayi baru lahir hingga anak remaja berusia 18 tahun, bisa anda baca dan simak di website ini http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/
Semoga ini sudah menjawab pertanyaan anda dan menghilangkan keraguan anda tentang imunisasi vaksin Hepatitis B ini.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
7. Pertanyaan Kalau Imunisasi Vaksin Hepatitis B Terlambat Dari Jadwal Anjuran, Apa Yang Harus Dilakukan ? 
  • Sy mau tanya dok, sy sdh tes Hbsag dan hasilnya negatif, kemudian sy vaksin hepatitis..Untuk vaksin yg pertama sdh diberikan, tp krn sy kerja di pedalaman sehingga susah untuk mendapatkan vaksin hepatitis dewasa, untuk pemberian vaksin yg kedua terlambat 6 bulan..apakah vaksin yg kedua tidak apa-apa kalau diberikan? trmksh
Jawab:   
Memang jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B adalah 0, 1 dan 6 bulan kemudian, sekarang anda sudah mendapatkan dosis yang pertama, yang seharusnya diberikan dosis kedua pada 1 bulan kemudian.
Tetapi karena kesulitan mendapatkan dosis berikutnya, maka ada kemungkinan pemberian dosis kedua ini akan terlambat.
Apakah efek jeleknya ?
Jawabnya adalah anda tetap lanjutkan dosis kedua ini dan usahakan juga bisa mendapatkan dosis ketiga yang terakhir.
Masalah jadwal 0 bulan (dosis pertama) , 1 bulan (dosis kedua) dan 6 bulan (dosis ketiga yang terakhir) itu tidak menjadi masalah yang penting sekali.
Begitu ada kesempatan, segera lanjutkan memberikan  dosis vaksin yang tertinggal, sehingga seluruh dosis yang dianjurkan bisa dipenuhi.
Tidak perlu mengulang seluruh dosis vaksin dari awal lagi.
Untuk jenis vaksin Hepatitis B ini, bila tidak tersedia vaksin yang persis sama dengan jenis yang telah kita pakai sebelumnya, maka  vaksin hepatitis B jenis yang lain juga bisa dipergunakan, dengan efektifitas yang sama. Jadi tidak perlu menunggu atau menunda jadwal karena merek vaksin Hepatitis B yang berbeda dengan merek sebelumnya.
Demikian keterangan untuk pertanyaan anda.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2015