Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2014

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2014

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

 Tanya Jawab Untuk Vaksin dan Masalah Vaksinasi (google Free Image)

Tanya Jawab Untuk Vaksin dan Masalah Vaksinasi (Google Free Imagee) 

—————————————————————————————————————————————————–

Pertanyaan Jadwal Vaksinasi Berbeda Antara Dokter Praktek Swasta dan PusKesMas Sehingga Kelebihan Dosis Vaksin Hepatitis B

  • Pak dok.. mau tanya, putri saya tgl 21 nov kmren genap berumur 2bln. Putri saya sudah diimunisasi di RS swasta di Jogjakarta Hep B 1 saat lahir, Hep B ll tgl 19/10/2014, BCG tgl 28/10/2014.. Kemudian seharusnya disarankan Tgl 23 nov 2014 imunisasi DPT+Hib+Polio dan Rotavirus. Dikarenakan biaya imunisasinya yg mahal, saya putuskan imunisasi dasar di Puskesmas dengan konsultasi terlebih dahulu ke dokter anak saya. Tgl 25 nov, putri saya imunisasi Pentavalen (DPT+HIB+ hepatitis b) dan polio pertama dan nanti tgl 23 Desember imunisasi pentavalen kedua..  Yang menjadi pertanyaan sy, apakah vaksin hep b tdk apa2 diberikan berlebih? Apa ada efek samping terhadap imunisasi yang diberikan berlebih thdp bayi? Apakah keputusan sy tdk apa2 imunisasi puskesmas? Tks

Jawab:

Dari kronologi singkat tentang riwayat vaksinasi putri anda, saya mencoba mendata jenis vaksinasi apa saja yang telah diberikan kepada putri mbak sejak dari awal.

Yaitu antara lain :

– Hepatitis B yang sudah 3 kali hingga November 2014 ini

– Vaksin DTP Hib Polio baru November 2014 dan dosis berikutnya December 2014 nanti

– Vaksin BCG satu kali dibulan Oktober 2014.

Sebenarnya jumlah vaksinasi untuk hepatitis B adalah 3 kali sudah cukup, dengan jadwal dari IDAI adalah pada saat bayi berusia 0 bulan atau saat lahir, kemudian usia 1 bulan dan terakhir usia 6 bulan.

Sedangkan vaksin pentavalent DTP – Hib Polio jadwal dari IDAI adalah 2, 4 dan 6 bulan kemudian.

Menurut dugaan saya, bahwa bayi mbak saat ini diberikan vaksin pentavalent jenis Pentabio yang berbeda sedikit komposisi vaksinnya dengan vaksin Pentavalent yang dipergunakan sebelumnya, isi vaksin Pentabio adalah DTP Hib dan Hep B. Sedangkan vaksin Pentavalent sebelumnya terdiri dari DTP Hib dan Polio, tanpa ada vaksin Hep B nya.
Sehingga kelihatanya jumlah vaksin Hepatitis B akan diberikan lebih dari jumlah yang dianjurkan oleh jadwal imunisasi. (http://selukbelukvaksin.com/tanya-jawab-tentang-vaksin-dan-vaksinasi-november-2014/)

Jadwal vaksinasi Hepatitis B ini berbeda antara jadwal dari IDAI dengan jadwal pemerintah atau PuskesMas, tapi ini sebenarnya juga tidak menjadi masalah apalagi berbahaya bagi bayi kita, karena jadwal manapun yang kita ambil, sudah melalui uji klinik yang panjang dan sangat teliti. Sehingga faktor keamanan dan efektifitas vaksin yang dipakai dalam jadwal2 ini sudah teruji dan dapat kita percaya sepenuhnya.

Untuk kasus bayi mbak, kalau memang mbak sudah mengambil keputusan bahwa vaksinasi mau diteruskan di PusKesMas mengingat biaya yang lebih terjangkau (sekarang vaksinasi dibiayai oleh BPJS atau tidak ya ?), maka lakukanlah disana dengan mantab, karena tidak ada perbedaan apapun antara vaksinasi yang mbak berikan di dokter praktek swasta atau yang kita dapatkan di PusKesMas. Juga sama amannya.

Demikian keterangan saya dan semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Referensi Jadwal Imunisasi Vaksin Hepatitis B Untuk Bayi Premature / Preterm

  • sore dok, dok maaf saya salah satu pembaca blog dokter dan kebetulan saya membaca artikel tentang vaksinasi bagi bayi prematur, sekarang saya mau minta referensi dari artikel yang dokter buat tersebut. trimakasih dok

Jawab:

Ini adalah salah satu referensi yang dipergunakan http://vec.chop.edu/service/parents-possessing-accessing-communicating-knowledge-about-vaccines/age-groups-and-vaccines/special-considerations-for-preterm-infants.html
Semoga menjawab pertanyaan Anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
www.selukbelukvaksin.com
http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

Setelah Vaksinasi Hepatitis B, Kapan Waktu Tepat Untuk Mengukur Titer Antibody Terhadap Virus Hepatitis B ?

  • Sore dok,
    Untuk vaksinasi hepatitis b dewasa, saya yg masih menyusui sudah melakukan 3 kali suntik dg rincian 2 x dilakukan tepat sesuai jadwal di kartu vaksin, sedang suntik yg ketiga mundur 1 bulan dari jadwal yg tertera di kartu….hari ini 31 des 2015 baru bisa saya lakukan vaksin yg ketiga sekaligus dicek titernya dok..

    Berikut hasil titer saya jeblok

    HASIL LAB : 1412310182 Anti HBs:37.63
    LAB. RSPR
    Selanjutnya bagaimana dok? Terakhir saya vaksin hepatitis b hari ini 31 des 2015.
    Mohon balasan emailnya.

    Terimakasih.

Jawab:

Kalau melihat paparan khronologis jadwal imunisasi vaksin Hepatitis B ibu, terlihat cukup teratur, ibu telah mendapatkan 3 dosis lengkap vaksinasi Hepatitis B ini, meskipun dosis yang terakhir atau dosis yang ke3 sedikit molor satu bulan dari jadwal yang dianjurkan.

Begitu selesai terima dosis ke 3, ibu langsung memeriksa titer antibody dalam darah, yang hasilnya Anti HBs 37.63 (unitnya tidak disebutkan).

Titer antibody yang minimal untuk membuat seseorang menjadi kebal terhadap infeksi virus Hepatitis B adalah 10 mIU / mL, saya ambil asumsi unit yang dipakai adalah sama dengan yang saya sebutkan ini, yakni mIU/mL, maka titer antibody ibu sampai saat penyuntikan dosis ke3 ini adalah sudah melampaui titer minimal yang diperlukan.

Apalagi bila ibu memeriksa titer ini setelah beberapa hari pasca vaksinasi atau bahkan menunggu hingga 4 minggu kemudian, saya yakin titernya akan jauh melampaui angka yang ibu sebutkan diatas.

Titer antibody dalam darah tidak bisa diperiksa segera setelah vaksinasi, karena tubuh memerlukan waktu jedah untuk membuat antibody ini.
Kita baru memeriksa titer antibody minimal 4 minggu kemudian setelah vaksinasi, ini untuk orang yang pertama kali mendapatkan vaksin yang baru, jenis vaksin yang belum pernah dia terima sebelumnya.

Dan kita perlu tunggu beberapa hari kemudian pasca vaksinasi untuk memeriksa titer antibody vaksin, ini berlaku untuk mereka yang mengulang vaksinasi yang sama, seperti kasus ibu sendiri.

Saat ini saya rasa tidak ada lagi yang perlu ibu lakukan tentang vaksinasi hepatitis B ini. Karena tidak ada dosis booster (penguat) untuk vaksinasi hepatitis B. Cukup 3 dosis vaksinasi dan efeknya bertahan untuk seumur hidup.

Semoga ini menjawab pertanyaan Ibu.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

Pertanyaan Kelebihan Dosis Vaksin Polio, Apakah Berbahaya ?

  • malam dok , saya mau tanya anak saya umur 4 bulan ternyata divaksin folio 2 kali dok, yang pertama vaksin pediacell kemudian keesokan harinya divaksin polio oral. bagaimana ya dok? tidak masalah kah dr. Leo, saya jadi takut. mohon pencerahannya dok. trims

Jawab:

Selamat sore ibu,
Ibu tidak perlu kuatir atau takut tentang kejadian ini, memang dalam hal vaksinasi kita seharusnya mengikuti jadwal dan jenis vaksin yang diberikan untuk bayi kita. Namun dalam kenyataannya, bisa terjadi bahwa vaksin yang sama telah diberikan lebih dari jumlah yang seharusnya.
Satu hal yg melegakan adalah untuk vaksinasi kita tidak mengenal adanya over dosis seperti halnya dengan obat2an yg kita kenal.
Sehingga ibu tidak perlu kuatir atau takut akan kejadian ini.
Hanya saja lain kali perlu diingat dan dicatat tentang jenis vaksin yang telah diberikan dan kapan lagi vsksin yang sama akan diulang kembali, sehjngga dapat menghindari kejadian seperti ini terulang.
Karena meskipun tidak ada cerita over dosis, tetap saja setiap vaksinasi ada resiko terjadinya efek samping yg tidak kita harapkan atau kita duga sebelumnya.
Demikian penjelasan saya untuk kasus bayi ibu.
Semoga ini menjawab pertanyaan ibu.
Salam,
Dr. Leo kurniawan
www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Tentang Efektifitas Vaksin Hepatitis B Dari PT. Bio Farma

  • dok saya mau tanya, anak saya lahir tgl 14 mei 2014 trus lgsg dapat
    imunisasi Hep B0, hep B2 pd tgl 15 juli 2014 bareng sama imun infanrix
    jd dsuntik 2 x. DPT yg kedua pake pediacel tgl 8 okt 2014( telat krn
    infanrix lg kosong) trus hep B3 tgl 21 okt 2014 pake biofarma. pas
    saya posyandu, nakesnya bilang kalau hep B nya kok knp ambil di rmh
    sakit yg biofarma itu kan khusus bayi baru lahir saja, jadinya kurang
    efektif. bener demikian ka dokter? saya jd worry lho dok… trus hep B
    sudah cukup atau msh kurang 1x lagi? kok hep B di KMS yg dari posyandu
    sebanyak 4x sedang di DSA  cm 3x, apa bedanya dok? .mohon
    penjelasannya dok dan terimakasih atas penjelasannya

Jawab:

Menjawab pertanyaan dan kekuatiran anda tentang efektifitas vaksin hepatitis B dari PT. Bio Farma dan berapa kali jumlah imunisasi hepatitis B yang dibilang cukup ?

Pertama saya ingin menekankan bahwa jadwal dan jumlah imunisasi untuk vaksinasi Hepatitis B adalah 3 kali saja sudah cukup, jadwalnya yang ideal dan tepat sesuai anjuran para ahli (IDAI dan US-CDC) adalah sebagai berikut :

1. Dosis Pertama vaksin Hepatitis B kita segera berikan pada saat bayi baru lahir atau baru berusia 0 bulan.

2. Dosis yang Kedua kita berikan setelah selang satu bulan dari dosis yang pertama. Atau tepat bayi telah berusia 1 bulan.

3. Dosis yang Ketiga atau yang terakhir, kita berikan selang waktu 6 bulan kemudian dari dosis yang pertama. Atau bayi telah mencapai usia 6 bulan.

Kalau sudah lengkap ke 3 dosis ini dengan jadwal yang tidak berbeda jauh dari yang dianjurkan para ahli, maka untuk bayi yang normal dan sehat, vaksinasi ini telah memberikan perlindungan yang memadai untuk seumur hidup.

Vaksin Hepatitis B produksi PT. Bio Farma juga vaksin hepatitis B dari produsen yang lain adalah sama efektifnya, baik untuk bayi juga untuk orang dewasa, karena telah menjalani proses uji klinik yang panjang dan sangat rumit. Sehingga kita tidak perlu kuatir apakah vaksin ini akan efektif atau tidak.

Yang berbeda antara vaksin hepatitis B untuk orang dewasa dan bayi adalah jumlah cairan vaksin hepatitis B yang akan kita suntikkan. Misalnya vaksin Hepatitis B untuk orang dewasa, kita menyuntikkan sejumlah 1 ml sekali suntik, sedangkan untuk bayi dan anak anak kita berikan sejumlah 0.5 ml sekali suntik.

Jumlah yang disuntikkan ini adalah sesuai dengan aturan pakai vaksin hepatitis B ini dari pabrik pembuat vaksin tersebut.

Keterangan mendetail tentang vaksin Hepatitis B dan Penyakit Heaptitis B bisa anda baca di :
http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/

Demikian penjelasan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Hubungan Vaksinasi Dengan Kesuburan Wanita
  • Siang dr. Saya mau tanya, saya menikah bln Agustus 2014. Pada bln Mei 2014 sy melakukan vaksin TT, sbg salah satu persyaratan administrasi utk menikah. Kemudian di bln Juni dan Juli 2014, saya jg melakukan vaksin HPV.Sejak menikah hingga saat ini saya belum ada tanda-tanda kehamilan. Yang ingin saya tanyakan, apakah kedua jenis vaksin yg saya lakukan sblm menikah tsb mempengaruhi sy utk sulit hamil? Bln Des 2014 ini jadwal sy utk melakukan vaksin HPV yg -3 (terakhir) saya khawatir akan berpengaruh thdp program kehamilan yg saat ini sedang sy lakukan. Bagaiman saran dokter utk lebih baiknya. Terima Kasih.
Jawab:
Program imunisasi yang anda lakukan sudah benar, seperti imunisasi TT adalah untuk mencegah infeksi penyakit tetanus, yang akibatnya fatal untuk bayi yang baru lahir dan juga untuk ibu hamil tersebut. Jenis vaksin yang diperlukan oleh wanita hamil bisa anda baca di:  http://selukbelukvaksin.com/vaksin-untuk-wanita-hamil-vaccines-for-pregnant-woman/

Dan vaksinasi HPV adalah bertujuan untuk menghindari dan mencegah infeksi oleh virus Human Papilloma Virus yang diketahui sebagai penyebab penyakit kanker leher rahim wanita. Silahkan anda membaca di  http://selukbelukvaksin.com/vaksin-human-papilloma-virus/

Kedua jenis vaksin yang anda peroleh sebagai persiapan pernikahan anda, tidak pernah ditemukan adanya efek samping penyebab gangguan kesuburan wanita. Karena seandainya benar, maka sudah pasti akan ada tindakan yang sesuai dari badan kesehatan pemerintah seperti DepKes juga badan kesehatan dunia seperti WHO untuk melarang pemakaian vaksin demikian.

Saya hanya kuatir berita ataupun publikasi yang beredar adalah tidak benar dan tidak berdasar ilmiah, disebar luaskan bukan dari badan kesehatan resmi pemerintah dan atau badan kesehatan dunai yang kompeten, dengan tujuan dan maksud yang tidak kita ketahui.Ingat saja tentang issue vaksin tertentu dengan kejadian bayi yang mengalami autisme, yang disebarkan oleh orang dan badan yang tidak bertanggung jawab, yang ternyata setelah diselidiki para ahli dengan teliti dan panjang lebar, terbukti memang tidak berdasar dan tidak benar sama sekali, namun akibat heboh yang ditimbulkan berita bohong ini adalah korban sekian juta bayi yang telah menderita sakit dan menjadi cacat fisik maupun mental, akibat penyakit infeksi masa bayi yang sebenarnya bisa kita cegah dengan vaksin yang ternyata memang aman untuk kita pergunakan.
Saya anjurkan seandainya anda masih ragu, bicaralah dengan dokter yang anda percaya dan pikirkan dengan seksama, segala konsekuensi dan untung ruginya, bagi diri anda dan janin anda, bila tidak menerima vaksinasi.
Sekian dan semoga ini cukup jelas untuk menjawab pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
Pertanyaan Tentang Vaksin TT (Tetanus Toksoid) dan Luka Tusuk Paku
  • Slamat malam, sy mau tanya.. Kmarin malam sy tertusuk paku, . . Bln januari  thn ini sy pernah suntik t.t. Apakah skrg harus suntik lagi? Trimakasih
Jawab:
Tidak perlu lagi. Bersihkan lukanya jangan sampai infeksi dan kalau perlu periksakan luka ke dokter
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , , , , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2014