Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2013

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2013

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

Pasien Anak dan dokternya (Google free image)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas.

_______________________________________________________________________________________________

Pertanyaan Tentang Vaksin DTaP – Hib (Infanrix – Hib)

  • Sore dok, mau tanya anak saya dulu usia 2m vaksin infanrix hib di rs, dibuku labelnya infanrix 4 hib. Skrg 4m vaksin yg kedua tp di bidan, yg di tempel infanrix 3, apakah sm dok infanrix 3 dan 4 ? Apakah isinya infanrix 3 sdh ada hib nya ? Terimakasih dok sblmnya.

Jawab:  Setahu saya, vaksin Infanrix Hib itu kandungannya adalah terdiri vaksin DTaP dan vaksin Hib saja, tidak ada yang disebut infanrix hib 3 atau infanrix hib 4.
Mungkin karena dosis lengkap pemberiannya sesuai jadwal imunisasi IDAI adalah 3 dosis yang diberikan pada waktu bayi berusia 2 bulan, 4 dan 6 bulan, maka diberi tanda pengenal dengan lebel infanrix hib 1 (dosis pertama pada usia 2 bulan), infanrix hib2 (dosis ke2 pada usia bulan ke 4) dan infanrix hib 3 (dosis ke3 pada usia 6 bulan).

Kalau disebut vaksin Infanrix Hib berarti HARUS mengandung vaksin Hib juga, kalau tidak ada vaksin Hib didalamnya, itu bukan Infanrix Hib, tetapi hanya vaksin Infanrix saja.

Saran saya, lain kali mbak tanya sejelas mungkin tentang vaksin atau obat yang akan diberikan untuk bayi atau diri kita sendiri. Misalnya nama dagangnya, kandungannya, cara pemberiannya, kemungkinan efek sampingnya, masa kadaluarsa vaksin atau obat tersebut, dll yang mbak anggap penting dan ingin mendapatkan jawaban yang memuaskan sebelum diberikan vaksin atau obat tertentu.

Hak pasien adalah mendapatkan keterangan selengkap-lengkapnya, dan setiap tenaga kesehatan, termasuk dokter, harus menjawab semua pertanyaan pasien yang barkaitan dengan kesehatan dirinya.

Salam, dan semoga menjawab pertanyaan anda.

Pertanyaan Vaksin Hepatitis B dan Imunoglobulin

  • Dok vaksin hep B imunoglobin itu apa ych apa beda dg vaksin heptitis lainnya? Jd klo seseorg dsuntik imunoglobulin maka seumur hdp bisa terhindar dr hep B begitu kah..??

Jawab: Imunoglobulin adalah zat antibody yang terbentuk didalam tubuh (beredar dalam darah) setelah seseorang terkena infeksi virus hepatitis B. Para ahli mengambil darah (serum) penderita yang telah sembuh dan memisahkan antibodynya untuk diberikan kepada orang yang terpapar dengan virus hepatitis B, sehingga orang tersebut akan menjadi kebal pada saat imunoglobulin itu disuntikkan kedalam tubuh (kekebalan yang pasif), tetapi kekebalan ini hanya bertahan sementara saja, lewat beberapa bulan kemudian titer atau jumlahnya akan menurun sampai hilang didalam tubuh, sehingga orang tersebut menjadi tidak kebal lagi.

Yang memberi kekebalan lama atau bahkan seumur hidup adalah VAKSIN hepatitis B, karena merangsang sel memory dari sistim pertahanan tubuh (kekebalan yang aktif).

Imunogobulin hanya digunakan untuk keadaan darurat saja, dan harus diberikan bersama dengan vaksin agar supaya terbentuk kekebalan yang permanen, contohnya bayi yang lahir dari ibu yang positif mengidap virus hepatitis B, maka diberikan imunoglobulin G dan vaksin hepatitis B bersamaan.

Untuk menimbulkan kekebalan yang aktif dengan vaksin, maka diperlukan waktu sekitar 10 hari hingga 2 minggu sejak vaksin pertama kali diberikan, oleh karena itu kita memberikan imunoglobulin atau antibody yang ready for use untuk keadaan yang darurat seperti bayi yang lahir dari ibu yang positif mengidap virus hepatitis B tadi.

Silahkan simak ttg vaksin hepatitis B di http://selukbelukvaksin.com/seputar-vaksin-hepatitis-b/ , dan tentang penyakit hepatitis B di http://selukbelukvaksin.com/vaksin-hepatitis-b/

Pertanyaan Tentang Masa Kadaluarsa Vaksin

  • Selamat pagi dok.ada yg ingin saya tanyakan.kemarin anak saya imunisasi influenza.waktu itu anak saya menangis sehingga waktu dokter bilang expired masih 2015 saya langsung oke.ternyata waktu tadi pagi saya buka bukunya expired dec 2013.berbahaya ga vaksin yg sudah expired?perlu diulang atau tidak vaksinnya.terima kasih

Jawab: Selamat pagi juga ibu,

Begini ibu, tentang masa expire vaksin, cara kita membaca nya adalah sebagai berikut.

Ambil contoh vaksin influenza yg diberikan ke bayi ibu, tercantum oleh pihak pembuat vaksin akan expired bulan December 2013, ini artinya vaksin tersebut BARU DI KATEGORIKAN EXPIRED SETELAH MELEWATI TANGGAL 31 DECEMBER 2013.

Kalau sekarang kan baru tanggal 11 December 2013, jadi vaksin tersebut BELUM DIGOLONGKAN VAKSIN YANG EXPIRED.

Jadi ibu tidak perlu panik dan tentu juga tidak perlu mengulang vaksinasi tersebut, vaksin tadi masih bagus dan efektif, dengan syarat bahwa selama ini vaksin tersebut telah disimpan dalam lemari es dengan suhu antara 2 – 8 derajat Celsius.

Dari pengalaman (ada literature yang back up lho) bahwa vaksin yang telah expired juga tidak berbahaya sebenarnya (dengan syarat telah memenuhi standard cara penyimpanan vaksin), hanya saja efektifitas vaksin yang telah expired ini akan berkurang, sehingga tidak optimal memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti yang kita harapkan.

Semakin lama melewati masa expired nya, maka semakin rendah daya proteksi vaksin tersebut, sehingga lama2 menjadi sama seperti plasebo saja, tidak berefek proteksi sama sekali lagi.

Saran saya, lain kali, setiap kali vaksinasi bayi, sebelum disuntik, ibu minta (hak orang tua) dokter vaksinator memperlihatkan kemasan vaksin tersebut, untuk diperiksaan oleh ibu, antara lain : apakah ini adalah vaksin yang sesuai untuk saat kunjungan vaksinasi tersebut, kapan masa expirasinya, bagaimana cara vaksin tersebut diberikan (di suntik dalam otot Intra Muskuler, atau di suntik Sub kutan), efek samping yang sering atau mungkin akan dijumpai dengan vaksin tersebut, dan lain2 hal yang mungkin ibu ingin tahu tentang vaksin tersebut.

Demikian keterangan saya tentang vaksin influenza yang ibu tanyakan.

Semoga membantu,

Vaccine Saves Lives !

tags: , , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – December 2013