Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – April 2015

Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – April 2015

Seperti halaman Tanya Jawab Vaksin dan Vaksinasi sebelumnya yang terdapat dalam website ini, karena setiap bulan pertanyaan semakin banyak, maka untuk memudahkan Pembaca mencari apa yang diinginkan, maka mulai sekarang, semua pertanyaan dan jawaban yang ada dalam satu bulan akan dirangkum dalam bulan yang bersangkutan, sesuai dengan topik vaksin yang ditanyakan.

Semoga dengan cara demikian, akan memudahkan Para Pembaca mencari dan membaca pertanyaan dan jawaban yang di-inginkan.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan (leokurniawandr@gmail.com)

Catatan: Agar supaya pertanyaan Anda tentang vaksin dan masalahnya bisa terjawab dengan tuntas dan jelas,   kami  sarankan Anda mengirimkan pertanyaan dengan email yang ditujukan ke alamat email kami diatas

Imunisasi dan Hal Terkait  Google Free Image

Imunisasi dan Hal Terkait
Google Free Image

——————————————————————————————————————————

Pertanyaan Jenis Imunisasi Dasar Apa Saja Yang Harus Di Ulang (booster) ?

  • Selamat pagi dok’
    Saya mau konsultasi mengenai putri saya, 3tahun 5bulan, 16,5kg
    Sebelum usia 9bln kebawah sdh diimunisasi dasar lengkap hingga yang terakhir campak pada usia 9bulan
    (DPT:tripacell)
    Hanya dari awal memang blm masuk vaksin Hib sama sekali, sementara hingga usianya segini ananda sdh 3kali mengidap pneumonia ringan
    Pertanyaan saya:
    Apa saja vaksin yg slnjtnya disarankan beserta urutan pemberiannya?
    Apakah Hib perlu disusulkan jg pemberiannya?mengingat usia ananda sdh melampaui anjuran pemberian vaksin tsb(dibawah 3th)
    Bgmn mengetahui kondisi ananda yg siap menerima vaksin(sehat) mengingat dikhawatirkn pemberiannya berbarengan didlm masa inkubasi suatu penyakit?

Trimaksh byk sebelumnya&sesudahnya untuk dr.leo 🙂

Cat:
Imunisasi dasar lengkap yg saya maksud yg dianjurkan pemerintah dok
(BCG,hepatitis,DPT,polio,campak) saja dok
Terimakasih 🙂

Jawab:

Menjawab pertanyaan anda untuk imunisasi putri anda yang berusia 3 tahun 5 bulan, yang semua jenis vaksinasi dasar program pemerintah telah lengkap diberikan, hanya saja vaksin Hib belum pernah dapat dan hingga usia saat ini telah 3 kali terserang penyakit pneumonia.
Melihat data tersebut diatas, maka bisa saya sarankan pemberian imunisasi anjuran untuk melengkapi imunisasi dasar yang telah diberikan
Imunisasi yang harus segera dipenuhi antara lain :
1. Vaksin Hib satu dosis
2. PCV untuk infeksi paru2 1 dosis
3. Vaksin MMR diberikan 2 dosis, jarak dosis ke1 dan dosis ke2 adalah 4 minggu
4. Vaksin Varicella cacar air 2 dosis, jarak interval dosis ke1 dengan dosis ke2 adalah 3 bulan
5. Vaksin Influenza 2 dosis, jarak dosis ke1 dan dosis ke2 adalah 4 minggu
Yang masih perlu diulang atau booster adalah :- vaksin DTP, yaitu dosis ke5 pada usia 5 tahun
– vaksin polio diusia 5 tahun
– vaksin campak pada usia 6 tahun
Detail jadwal bisa anda baca di:
http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/ ,
Hampir semua vaksin diatas bisa diberikan secara berbarengan atau simultan, asal jangan 2 jenis vaksin yang berbeda dicampurkan dalam satu alat suntik.
Dua jenis vaksin yang berbeda harus disuntikkan ditempat yang berbeda, misalnya di lengan kiri dan di lengan kanan
Imunisasi hanya kita lakukan pada saat bayi sehat, tidak sedang menderita sakit yang berat. Bila hanya batuk pilek yang ringan, maka imunisasi bisa kita lakukan.
Anda bisa baca di http://selukbelukvaksin.com/tips-vaksinasi-untuk-bayi-anak-dewasa-dan-orang-tua/
Detailnya bisa anda diskusikan dengan dokter vaksinator bayi anda
Semoga ini menjawab pertanyaan anda untuk vaksin yang diperlukan untuk bayi anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Pasca Infeksi TORCH dan Keguguran Kandungan
  • Sore dok,,,
    Perkenalkan nama sy permata, usia sy 36 th,,,sy baru 3bln yg lalu kehilangan bayi dlm kandungan sy,,,saat itu usia kandungan sy 7bln dan bayi sy meninggal,,kata dokter sy kena virus torch,,,seminggu setelah melahirkan jasad bayi sy,,ats rekomendasi dokter kandungan sy test lab, dan hslnya sy pernah kena virus torch namun IgM nya sudah negatif jd kata dokter ga ush treatment,,,
    Yg ingin sy tanyakan,,apakah sy harus divaksin MMR? Dan bagaimana dg suami sy, apakah hrs jg divaksin MMR?,,,
Jawab: 

Sayang sekali karena infeksi TORCH ini akibatnya anda kehilangan bayi yang sedang dikandung.
Sesuai dengan kapan terjadinya infeksi dan akibat apa yang akan terjadi pada calon janin kita, maka kehilangan ini mungkin merupakan pilihan lebih baik untuk anda dan janin tersebut. DEtail baca di :
Sebaiknya setiap calon ibu diperiksa dahulu kondisi kesehatannya, terutama terhadap penyakit2 infeksi pada masa kehamilan yang mempunyai dampak negatif terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan ibu, seperti TORCH dan penyakit infeksi lainnya.
Dari email anda, bahwa IgM telah negatif, yang artinya anda telah sembuh dari sakit ini. Dan biasanya dalam tubuh anda juga akan terbetuk IgG yang akan bertahan lama atau bahkan seumur hidup, sehingga anda akan tetap kebal terhadap infeksi penyakit ini. Detail bisa anda baca di :
Jadi sebetulnya anda sudah tidak perlu diberikan vaksinasi Rubella lagi, tapi bila ingin aman dan yakin saja, tidak ada salahnya anda diberikan imunisasi MMR lagi sebelum rencana kehamilan yang akan datang.
Ingat bahwa minimal 1 bulan setelah imunisasi MMR, anda baru boleh hamil dan mengandung. Detail bisa baca di :
Imunisasi MMR untuk suami juga bisa diberikan (2 dosis dengaan interval 28 hari antara dosis ke1 dengan dosis ke2.
Demikian keterangan saya dan semoga bermanfaat.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
Pertanyaan Jarak Waktu Aman Imunisasi MMR Dan Kehamilan
  • Selamat malam dokter,
  • Maaf mengganggu, saya ingin bertanya.
    Tgl 30 januari 2015 kemarin saya vaksin trimovax, lalu kata dokternya tidak boleh hamil dulu selama 1 bulan.
    Tp saya baru ngeh kalau sejak vaksin saya belum menstruasi lagi & kemarin saya test pack hasilnya positif.
    Kalau ternyata belum 1 bulan stlh vaksin tp saya sudah hamil bgmn yaa dok?
    Apakah akan bermasalah ke janinnya?
    Mohon infonya ya dokter.
    Terima kasih.. Best regards,
Jawab: 
Memang ada semacam ketentuan bahwa untuk wanita yang mendapatkan imunisasi MMR maka harus diberikan selang waktu interval minimal 1 bulan baru boleh menjadi hamil dan mengandung. Detail baca di :
Hanya saja dalam kasus anda, bahwa anda telah mendapatkan imunisasi MMR Trimovax ini 30 January, lalu test kehamilan bulan 24 Maret 2015 (?) ternyata positif hamil. Apakah anda tahu kehamilan ini sudah berlangsung berapa lama ? Apakah anda bisa minta bantuan dokter kandungan untuk membantu anda menaksirkan usia kandungan anda ?
Bila bisa ditentukan usia kandungan saat ini, maka kita bisa menghitung mundur kapan kira2nya konsepsi dan kehamilan itu terjadi.
Tapi dugaan saya dari kronologis yang anda sampaikan, adalah bahwa kehamilan ini baru terjadi > 1 bulan sejak imunisasi MMR. Karena jarak 30 January – 24 Maret 2015, saat anda melakukan  test kehamilan, itu sudah lebih dari 4 minggu.
Dari pengalaman saya sebelumnya, juga ada beberapa kasus kejadian yang mirip2 dengan anda, dan kehamilannya dilanjutkan hingga bayi dilahirkan, insyaallah keadaan bayi semuanya normal.
Coba anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda tentang hal ini, dan juga minta dokter melaporkan kejadian ini kepada pihak pabrik pembuat vaksin Trimovax ini. Karena kasus ini harus dicatat dan dilaporkan kepada pihak pabrik pembuat vaksin untuk tujuan dokumentasi dan akumulasi data keamanan vaksin Trimovax untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan.
Semoga ini menjawab pertanyaan anda. Bila ada yang masih diragukan, bisa hubungi saya kembali.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
  •  Terima kasih dokter atas penjelasannya.
  • Hari senin 6 april kemarin saya cek ke dokter kandungan terdekat dari rumah & hasil usg nya terlihat umur janinnya 7 minggu 4 hari.
    Kalau saya hitung mundur berarti saya hamilnya sekitar 2 minggu setelah saya vaksin, jadi belum sampai 1 bulan.
    Saya jg menceritakan kekhawatiran saya ini kpd dokter kandungannya, tp katanya yang penting sekarang janinnya ada di dalam rahim, sehat, & hidup.
    Begitu dokter.
    Bagaimana menurut Dr. Leo?
    Terima kasih sebelumnya yaa dok..
Jawab:

Thank you untuk follow up data kehamilan anda ini.

Memang menurut brochure dan informasi tentang vaksin MMR ini, batas ppaling cepat kehamilan pasca imunisasi vaksin MMR adalah 1 bulan atau 4 minggu.

Memang hingga saat ini belum banyak data klinik yang terkumpul tentang hasil kehamilan setelah pasien wanita calon ibu yang secara tidak sengaja diberikan imunisasi vaksin MMR tapi ternyata telah hamil sebelumnya.

Tetapi data ini terkumpul setiap hari dari seluruh dunia, yang mungkin suatu saat nanti, para ahli akan mengatakan bahwa imunsasi vaksin MMR ini berbahaya atau TIDAK BERBAHAYA bagi ibu yang akan menjadi hamil, sebelum lewat interval waktu 4 minggu.

Saya rasa yang penting sekarang, adalah anda harus kontrol tumbuh kembang janin anda bersama dokter kandungan, dan semoga semua berkembang secara normal dan baik hingga akhir kehamilan.

Saya mempunya pengalaman yang hampir sama dengan kejadian anda, dan hasil kehamilannya adalah bayi lahir dengan normal dan sehat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Bayi Sejak Lahir Belum Pernah  Diberikan Imunisasi  
  • Dok..
    Anak saya skrg 2th7bln, sejak lahir Blum pernah imunisasi apapun. Di usia 1th7bln kena pneumonia dan saat 2th3bln pernah pertussis.
    Jika bisa mulai imunisasi saat ini, pertanyaan saya:
    1. imunisasi apa saja yg dpt diberikan?
    2.kapan waktu pemberian imunisasi2 tsb?

             Terima Kasih, ditunggu jawabannya…

Jawab: 

Pada saat anak sudah berusia 2 tahun 7 bulan, seharusnya imunisasi dasar yang dianjurkan sudah terpenuhi. Tetapi karena ini kasus imunisasi yang tertinggal sehingga hanya sisa beberapa jenis imunisasi pokok (yang ditebalkan nama vaksinnya) yang harus segera dilengkapi untuk mencegah anak terinfeksi dan menjadi sakit.
Imunisasi yang harus segera dipenuhi antara lain :
1. Vaksin Hib satu dosis
2. PCV untuk infeksi paru2 1 dosis
3. Hepatitis B diberikan 3 dosis lengkap pada bulan 0, bulan ke1 dan bulan ke 6 dari waktu dosis ke1
4. Vaksin MMR diberikan 2 dosis, jarak dosis ke1 dan dosis ke2 adalah 4 minggu
5. Vaksinasi polio IPV 3 dosis, jarak interval antara dosis ke1, dosis ke2 dan dosis ke3 adalah 4 minggu
6.vaksin Varicella cacar air 2 dosis, jarak interval dosis ke1 dengan dosis ke2 adalah 3 bulan
7. Vaksin Influenza 2 dosis, jarak dosis ke1 dan dosis ke2 adalah 4 minggu
8. DTP dosis ke 4 (sudah tertinggal 3 dosis awal) bisa diberikan sekarang ini, dan dosis terakhir yang ke5 waktu bayi umur 5 tahun sebelum masuk sekolah, detail lihat di

Detail jadwal bisa anda baca di:
Semoga ini menjawab pertanyaan anda untuk vaksin yang diperlukan untuk bayi anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
Pertanyaan Vaksin Pentabio Mulai Usia Berapa Diberikan ?
  •  dr. leo sy tri 26 th, usia kapan vaksin pentabio di berikan?
Jawab:
Vaksin Pentabio adalah vaksin DTP – HB – Hib, vaksin jenis kombinasi yang khusus untuk bayi mulai berusia 2 bulan hingga anak usia 6 tahun. Bukan vaksin untuk orang remaja dan dewasa.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan
Pertanyaan Apa Itu Vaksin Pentabio dan Bagaimana Jadwal Imunisasi Vaksin Penatbio ? 
  • iya dokter saya punya anak usia 17 bln, 2 hari yg lalu di sosialisasikan di posyandu bahwa pentabio vaksin di berikan saat usia 18 bln
    saya mau tanya pentabio kan kombinasi vaksin, yg saya tau usia 18 bln diberikn dpt IV.apakh ada perubhn pemberian vaksin tsb dokter.?
Jawab:
Vaksin Pentabio itu adalah vaksin pentavalent (satu suntikan untuk 5 jenis penyakit infeksi) bikinan pabrik vaksin PT Bio Farma Bandung.

Kandungan vaksin Pentabio adalah DTaP – Hib – HB .

Vaksin Pentabio mulai diberikan pada bayi sejak berusia > 6 minggu. Dan diberikan 3 kali dosis dengan interval waktu antara 2 dosis sisa itu selama minimal 4 minggu.

Detail bisa anda baca di :

http://www.biofarma.co.id/?dt_portfolio=pentabio-vaksin-dtp-hb-hib

Jadi kemungkinan petugas Posyandu itu memberikan informasi yang salah tentang vaksin Pentabio dari PT. Bio Farma Bandung ini.

Anda bisa kembali ke petugas Posyandu tersebut dengan menunjukkan bukti website tersebut diatas.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

http://leokurniawan.blogspot.com

http://sehatcaraalamiah.blogspot.com

Pertanyaan Vaksin Kombinasi Infanrix Hexa Terdiri Dari Vaksin Apa Saja ? Apa Kelebihan Vaksin ini Daripada Vaksin Program Pemerintah ?
  • dokter mau tanya . anak saya sekrang berumur 9 bulan, sejak umur 1 bulan sampai saat ini mengikuti vaksin di dokter spesialis anak. mendapat kan vaksin infarik hexa 6 dan prevenar 13 saja, kandungan vaksin tersebut semuanya apakah sudah termasuk imunisasi dasar ?? dan apa kelebihan dari vaksin tersebut  dibanding vaksin biasa yang subsidi dari pemerintah?? terima kasih
Jawab:
Vaksin Infanrix hexa itu terdiri dari kombinasi vaksin2 : DTaP – Hib – IPV – HB

Jadi semua vaksinasi dasar yang dianjurkan sudah tercakup dalam vaksin kombinasi Infanrix Hexa ini.

Kelebihannya adalah karena vaksin ini dalam bentuk kombinasi, yang telah mengandung 6 jenis vaksin dalam satu alalt suntik, sehingga ini tentu akan banyak menghemat waktu dan juga biaya bila dibandingkan vaksin itu diberikan satu persatu.

Dan mengurangi jumlah suntikkan bagi bayi. Vaksin kombinasi ini adalah praktis, ekonomis dan menghemat waktu pasien dan dokter.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Dalam Satu Serie Imunisasi, Apakah Kita Boleh Menukar Jenis dan Juga Pembuat Vaksin Yang Berbeda (Vaccine Interchangeable) ?
  • MAu tanya ne dok, kalau imunisasi beda dokter boleh tidak ya dok? Maksudnya imunisasi yg 1 ke 2 oleh dokter A. Dan ini mau imunisasi yg ke 3 oleh dokter B. Gimana menurut dokter?
 Jawab: 

Sebenarnya mengganti dokter vaksinator itu bukan masalah apa2, sepanjang vaksin yang dipergunakan dari awal hingga seri yang terakhir tetap sama dengan yang pertama kita pergunakan. Artinya vaksin itu tetap sama baik merek dagang juga pembuat vaksin tersebut. Karena ini menjamin mutu juga respons tubuh terhadap vaksin tersebut yang akan mempengaruhi efektifitas vaksin dalam tubuh.

Kecuali ada beberapa jenis vaksin yang bisa dipertukarkan antara merek atau pembuat yang satu dengan merek dan pembuat vaksin yang lain, misalnya vaksin hepatitis B, yang bisa dipertukarkan, karena telah ada penelitian yang menilai hasil klinik vaksin yang dipertukarkan jenis merek dagang dan pabrik pembuat vaksin tersebut.

Jadi usahakan selalu mempergunakan jenis vaksin yang sama, baik merek dagang juga pabrik pembuat vaksin yang sama dalam satu serie imunisasi. Bila terpaksa, karena persediaan vaksin terputus, atau kita tidak tahu sebelumnya orang ini telah mempergunakan vaksin yang jenis apa, maka kita baru bisa mempergunakan vaksin yang ada yang cocok untuk kondisi orang penerima vaksinasi tersebut.

Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Bayi Sejak Lahir Belum Pernah Diberikan Imunisasi Vaksin Hepatitis B, Sebaiknya Kapan Dimulai ?
Dok saya mau tanya anak saya skrg usia 13 bln tpi blm mndpt kn vaksin hb apah msh bsa di berikan??trmksh
Jawab:
Seharusnya vaksin Hepatitis B itu sudah mulai diberikan saat bayi baru dilahirkan, dan seluruh 3 dosis telah selesai diberikan pada waktu bayi berusia 6 bulan.

Untuk kasus bayi anda, kalau mau berikan imunisasi vaksin Hepatitis B, bisa segera dimulai sejak hari ini, jadwalnya :

dosis pertama saat hari ini, dosis ke 2 —> satu bulan dari hari ini, dan dosis ke3 adalah –> 6 bulan dari saat hari ini.

Detail bisa anda baca atau lihat di website
http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-vaksin-tertinggal-vaccines-catch-up-program-versi-us-cdc/, atau

http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-idai-untuk-anak-berusia-0-18-tahun/

Demikian jawaban untuk pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

Pertanyaan Apa Bahayanya Bayi Usia Kurang 2  Tahun diberikan Vaksin Pneumo Jenis Polisakharida (PPV) dan KIPI Setelah Mendapatkan Vaksin PPV Pneumo23
  • Trima kasih dokter leo. Sy sdh kembali konsul kedokter ybs. Diberi salep utk kaki yg bengkak sm sanmolnya dokter. Tp kakinya bengkaknya kian melebar…. Biasanya bengkak ini sampe brp lama dokter? Dan utk vaksin pneumo23 yg sdh masuk ditubuh anak saya bermasalah kah dokter krn tdk sesuai indikasi.. Trimakasih dokter
Jawab: 
KIPI lokal ini biasanya akan berhenti dan membaik setelah selang waktu satu atau beberapa hari kemudian setelah imunisasi ini.

Untuk vaksin Pneumo23 (jenis vaksin PPV) yang telah diberikan pada bayi anda yang masih berusia < 2 tahun, tidak akan terjadi hal yang membahayakan.

Hanya saja karena vaksin Pneumo 23 itu memang diindikasikan khusus untuk bayi > 2 tahun, sehingga dikuatirkan efektiftas vaksin yang tidak maksimal saja untuk bayi berusia < 2 tahun.

Tapi mengingat ini juga pengulangan vaksin pneumo yang dosis ke4 (sebelumnya bayi anda sudah mendapatkan 3 dosis vaksin PCV13), maka saya rasa soal efektifitas sudah memadai, meskipun dosis terakhir yang diberikan bukan PCV13 tetapi vaksin Pneumo23 ini (jenis vaksin PPV).

Mengapa ada pembedaan indikasi antara 2 jenis vaksin pneumonia ini (antara jenis vaksin PCV dan jenis PPV) ?

Ini tidak lain karena reaksi sistim imunologi bayi berusia dibawah 2 tahun terhadap jenis vaksin PPV adalah kurang sempurna, akibatnya efektifitas vaksin akan menjadi lebih rendah dari yang diharapkan, detail alasan ilmiahnya bisa anda baca detailnya di website ini :http://selukbelukvaksin.com/sejarah-vaksin-penyakit-pneumonia-jenis-pneumococcal-conjugate-vaccine-pcv/

Demikian keterangan saya, dan semoga menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com

 

 

 

  •  Selamat siang Dr. Leo….  Dokter anak saya usia 14 bulan. Kmrn baru imunisasi pneumo23 yg ke 4 ( sblmnya anak saya imunisasi pcv 13 sudah 3x) . krn sy pindah ke kota lain. Dr anak dikota ini tdk menyiapkan vaksin pcv 13 tsb. Yg ada pneumo23. Sblmnya sdh sy konsultasikan kpd dr anak ybs bahwa anak sy biasa pake pcv 13. Tp dokter tsb bersikeras bahwa vaksin ini sama saja dgn pcv 13 cuma beda pabrik dan harganya jauh lebih murah. Stelah imunisasi. Malamnya bekas suntikan imunisasi dikaki anak saya jadi bengkak merah. Anak sy kesakitan menangis tidak bs tidur  dan keesokan harinya badannya panas…. Sy balik lg kedokter . dokter menyuruh cek daeah dan ditemukan reaksi alergi…….dan leucocyte nya 7800. Yg ingin sy tanyakan berbahayakah ini buat kesehatan anak saya dokter. Krn sy browsing pneumo23 efektif utk anak usia 2th keatas sdgkan usia anak sy 14 bulan. Imunisasi pcv sblmnya anak sy tidak prnah panas dan bengkak kakinya…..bgmna cara mengatasi bengkak bekas suntikan tsb. Dan biasa brp lama hilang bengkak tsb ? Trims dokter leo
Jawab:

Vaksin Pneumo23 tidak sama dengan  vaksin PCV13, karena perbedaan kandungan jenis serotipe vaksin antara Pneumo23 yang terdiri dari 23 jenis serotipe, dan PCV13 hanya terdiri 13 jenis serotipe saja. Detail komposisi vaksin jenis PPV bisa anda baca di website ini :

Dan sesuai indikasi pemakaiannya, bahwa vaksin PCV13 untuk anak dari usia 2 bulan hingga remaja. Sedangkan Pneumo23 dari anak usia 2 tahun hingga orang dewasa dan berusia lanjut.

Kejadian ini mugkin yang kita golonglan sebagai KIPI Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Kejadian yang mbak gambarkan itu adalah kejadian reaksi lokal setempat. Biasanya akan berhenti dan sembuh sendiri setelah lebih dari 24 jam. Untuk meringankan rasa nyeri dan rasa panas itu, bisa kita berikan kompres dingin saja, tapi sekali sekali jangan diurut atau ditekan tekan.

Atau kembali ke dokter vaksinator untuk berkonsultasi dan mendapatkan perawatan seperlunya.

Semoga ini menjawab pertanyaan anda.

Salam,

Dr. Leo Kurniawan

www.selukbelukvaksin.com 

 

 

 Pertanyaan Jadwal Imunisasi Vaksin Tetanus Untuk Wanita Hamil

 

  • Selamat malam dok.Dok saya nita sedang hamil 7 bln anak pertama mau tanya seputar imunisasi TT. Kalo TT1 Ke TT2 jarak minimal 4 minggu kalo jarak maksimal.na berapa ya dok??

 

Jawab:

Untuk jadwal imunisasi dengan jenis vaksin apapun, termasuk dengan Toksoid Tetanus (TT vaksin), minimum interval memang ada untuk memberi kesempatan bagi sistim imunologi tubuh memberi reaksi optimal terhadap rangsangan antigen yang terkandung dalam satu vaksin.Untuk maksimum interval vaksin TT adalah 8 minggu, hanya sebaikya tidak terlalu lama berlalu dari jadwal minimum yang dianjurkan untuk vaksin tersebut.

Apalagi usia kehamilan anda yang sudah 7 bulan, sebaiknya segera lengkapi vaksinasi TT anda sesuai jadwal anjuran, agar bisa memberikan perlindungan penuh terhadap infeksi kuman tetanus untuk bayi anda sewaktu dilahirkan nanti.

Detail jadwal bisa anda lihat di website ini:

http://selukbelukvaksin.com/jadwal-imunisasi-orang-dewasa-versi-us-cdc/

Demikian keterangan untuk pertanyaan anda.
Salam,
Dr. Leo Kurniawan

Vaccine Saves Lives !

tags: , , ,

Related For Tanya Jawab Tentang Vaksin Dan Vaksinasi – April 2015