Apa Artinya Hasil Test Laboratorium Tentang Penyakit Hepatitis B ?

Apa Artinya Hasil Test Darah Tentang Penyakit Hepatitis B?

 

Apakah kita mengerti apa  arti istilah dan singkatan ilmiah yang tercantum dalam hasil pemeriksaan darah laboratorium untuk mendeteksi adanya infeksi virus penyakit hepatitis B ?

Dibawah ini dibuatkan daftar dan arti tentang singkatan yang sering kita jumpai dalam lembaran pemeriksaan darah untuk deteksi penyakit hepatitis B ini.

Table 1: Istilah Laboratorium Hepatitis B Dan Maknanya
HBsAg: Hepatitis B antigen permukaan, adalah pertanda bahwa orang ini telah terinfeksi. Adanya antigen ini menandakan adanya infeksi akut maupun infeksi yang khronik dari virus HBV
anti-HBs: Antibody terhadap antigen permukaan virus hepatitis B berarti orang tersebut memiliki kekebalan terhadap infeksi HBV, atau bisa juga reaksi imunologis terhadap vaksinasi hepatitis B , atau sebagai reaksi terhadap pemberian antibody hepatitis B (imunisasi pasif). (Zat ini juga dikenal sebagai HBsAb, tapi singkatan ini sebaiknya dihindarkan, karena sering dirancuhkan dengan singkatan HBsAg.)
anti-HBc (total): Antibody terhadap virus hepatitis B core antigen adalah penanda yang tidak khas untuk infeksi virus HBV baik yang akut, khronik ataau sedang dalam proses penyembuhan. Juga bukan penanda kekebalan karena imunisasi. Bisa digunakan untuk mengetahui adanya infeksi virus HBV sebelum diberikan vaksinasi.  (Zat i ni juga dikenal dengan nama  HBcAb, tetapi singkatan ini juga sebaiknya dihindari karena sering dirancuhkan dengan singkatan yang lain.)
IgM anti-HBc: IgM antibody adalah subclass dari anti-HBc. Bila ini positif berarti telah terjadi infeksi oleh virus HBV (<6 mos). Ditemukannya zat ini petanda terjadi infeksi akut HBV.
HBeAg: Hepatitis B “e” antigen adalah petanda hebatnya proses infeksi HBV, dan ini berhubungan dengan tingginya tingkat replikasi virus HBV dalam tubuh penderita (virus HBV yang aktif dan ganas).  Ini terutama digunakn untuk menentukan tindakan klinik yang tepat untuk penderita infeksi HBV khronik.
Anti-HBe: Antibody terhadap hepatitis B “e” antigen bisa ditemukan pada orang yang kebal atau yang telah terinfeksi. Pada orang dengan infeksi khronik HBV menandakan titer virus yang rendah dan tingkat keganasan yang rendah.
HBV-DNA: HBV Deoxyribonucleic acid adalah penanda replikasi virus HBV. Ia berkaitan dengan tingkat penularan.  Penanda ini dipakai untuk mengevaluasi dan memonitor hasil pengobatan pada penderita infeksi khronik HBV.
tags: , , , , , , ,

Related For Apa Artinya Hasil Test Laboratorium Tentang Penyakit Hepatitis B ?